Beranda > religi, roman > BUMI CINTA karya Habiburrahman Elshirazy

BUMI CINTA karya Habiburrahman Elshirazy

Sinopsis Umum

Apa jadinya, jika seorang santri salaf bernama Muhammad Ayyas, hidup d negeri paling menjunjung tinggi SEX bebas dan pornografi, yaitu Rusia ???
Akankah iman dan kehormatannya dipertaruhkan demi memenuhi hasrat duniawi nonik-nonik Moscow, yang kecantikannya tiada tara ?

Setelah berselancar dila dan mampir ke sarang Mbah Google kebetulan saya mendapatkan resensi cerita yang cukup lengkap. Resensi ini dibuat oleh IMAN SULAIMAN di Blognya http://imanmenulis.blogspot.com :

Dan novel yang ditunggu-tunggu para penggemar karya Habiburrahman El Shirazy atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kang Abik ini pun terbit juga. Novel yang bertajuk Bumi Cinta ini masih merupakan novel dengan kisah romansa relijius yang tetap mengusung predikat sebagai novel pembangun jiwa, sebagaimana novel-novel Kang Abik sebelumnya yaitu Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih (KCB). Bahkan baik Ayat-Ayat Cinta dan KCB keduanya telah dilayarlebarkan. Namun tidak seperti novel sebelumnya yang bersetting di Mesir, kali ini Kang Abik mencoba mengeksplorasi keindahan bumi Rusia, khususnya kota Moskow.CERITADan tersebutkah seorang pemuda Indonesia bernama Muhammad Ayyas, seorang mahasiswa pasca sarjana di Delhi, India yang juga seorang santri. Muhammad Ayyas yang sebelumnya kuliah di Madinah ini berniat ingin mengerjakan tugas penelitian dari Dosen pembimbingnya yaitu mengenai Kehidupan Umat Islam di Rusia pada masa pemerintahan Stallin.Tibalah ia di Rusia dengan disambut oleh teman lamanya David. David inilah yang mencarikan apartemen tempat tinggal untuk Ayyas. Dengan alasan keterbatasan budget yang dimiliki Ayyas dan lokasi apartemen yang strategis ternyata David hanya bisa mendapatkan sebuah apartemen yang berbagi dengan orang lain. Parahnya teman seapartemennya itu adalah dua orang wanita Rusia yang jelita. Serangkaian masalah bagi Ayyas pun bermula dari sini.

Yelena seorang pelacur kelas atas dan Linor seorang pemain biola yang akhirnya diketahui sebagai agen rahasia Mossad adalah 2 wanita yang menjadi teman seapartemen Ayyas. Apartemen yang memiliki 3 kamar ini mengharuskan Ayyas harus selalu berinteraksi dengan keduanya di ruang tamu, dapur, dan ruang keluarga. Sungguh ini merupakan godaan keimanan yang dahsyat bagi Ayyas yang mencoba menjaga kesucian dirinya sebagai muslim.

Godaan bagi Ayyas tidak hanya sampai di situ, dosen pembimbing yang dirujuk oleh dosennya di Delhi tidak bisa melakukan bimbingan ke Ayyas karena sesuatu hal, dia menyerahkan tugas bimbingan ini kepada asistennya. Dan ternyata sang asisten adalah seorang gadis muda jelita bernama Anastasia, seorang penganut kristen ortodoks yang sangat taat.

Interaksi yang intens sang asisten dengan Ayyas menimbulkan rasa simpati yang lebih di hati Anastasia kepada Ayyas. Ketertarikan itu pun kian hari kian menguat. Di lain pihak Yelena tengah dilanda konflik dengan sang mucikari dan Linor sang agen Mossad tengah menyiapkan rencana jahat kepada Ayyas, yaitu menyiapkan rekayasa fitnah sebuah pengeboman yang diarahkan agar Ayyas sebagai pelakunya.

Tiga wanita inilah yang mendominasi jalannya kisah dalam Bumi Cinta. Tidak ada konflik yang sedemikian hebat dalam kisah ini sebagaimana kita temui pada sosok Fahri yang sempat masuk penjara di Mesir, atau tokoh Furqon yang sempat terkena virus HIV. Di sini tokoh Ayyas hanya “nyaris” dipenjara karena difitnah melakukan pengeboman di Hotel Metropole oleh Linor.

Kisah ini juga dilengkapi dengan peristiwa pembantaian Zionis terhadap muslim Palestina di Sabra dan Sathila. Nuansa romansa memang terasa sangat kental di sini. Tiap halaman akan kita jumpai gejolak perasaan Ayyas atas wanita-wanita jelita yang dijumpainya.

KEKURANGAN

Lagi-lagi Kang Abik menampilkan tokoh yang terlalu sempurna di sini. Muhammad Ayyas memang dikisahkan tidak tampan dan juga tidak jelek, namun ia sangatlah cerdas, saleh, tawadhu, memiliki kepekaan sosial yang luar biasa, sangat romantis dan sifat-sifat baik lainnya. Bahkan berkali-kali Ayyas digambarkan menangis akan hal-hal yang ia anggap merupakan dosa atau mendekati dosa.

Banyak terdapat dialog-dialog yang sangat panjang yang jika kita bayangkan dalam dunia nyata ini akan sangat tidak realistis. Kang Abik dalam hal ini kurang halus dalam menyusupkan nilai-nilai dakwah. Tidak seperti dalam Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, dialog-dialog bermuatan dakwah dalam novel ini ada kesan menggurui dan terlalu berpanjang-panjang.

Plot cerita terasa sangat datar. Ketika peristiwa pengeboman terjadi saya berharap ini menjadi klimaks cerita tentang kedzaliman yang harus dihadapi Ayyas, namun sayang ini sekali ini tidak kita jumpai. Tokoh Ayyas di sini tidak menghadapi konflik yang berarti alias bahagia-bahagia saja sepanjang cerita.

Mengapa yang terpikat kepada Ayyas seluruhnya merupakan wanita-wanita cantik? walau pun dengan ragam latar belakang yang berbeda tetap ini merupakan gangguan buat saya pribadi ketika membacanya.

KELEBIHAN

Sebagaimana novel sebelumnya, Bumi Cinta sarat degan muatan dakwah. Kisah romansa berbalut nilai dakwah ini disajikan dengan apik dan asyik untuk dinikmati. kang Abik juga menyelipkan kisah Sabra dan Sathila yang merupakan kisah pembantaian Zionis atas muslim Palestina.

Kang Abik menggambarkan kota Moskow dengan amat sangat detail, dari lokasi-lokasi strategis, gedung-gedung bersejarah, makanan khas Rusia, metro yang merupakan kebanggaan masyarakat Moskow, gaya hidup masyarakat di sana serta hal lainnya. Semua digambarkan dengan sangat jelas dan detail. Kutipan-kutipan bahasa Rusia juga benar-benar mampu menghanyutkan pembaca seakan benar-benar berada di negeri Rusia.

Akhir kisah yang menggantung, yaitu ketika Linor ditembak oleh agen Mossad setelah ia berhijrah ke Islam. Hingga halaman terakhir tidak diketahui apakah Linor ini akan mati atau selamat. Terus terang ini sangat membuat penasaran.

KESIMPULANBumi Cinta sebagaimana novel Kang Abik sebelumnya memang menawarkan sebuah kisah romansa yang sangat indah dengan tetap dibalut nilai-nilai Islami. Novel ini mampu membangunkan jiwa-jiwa terlelap akan kelalaian mensyukuri nikmat Tuhan. Sangat layak dibaca dan dikoleksi :)Sumber :http://imanmenulis.blogspot.com/2010/03/review-novel-bumi-cinta-karya.html

Penulis :

IMAN SULAIMAN

About these ads
Kategori:religi, roman Tag:,
  1. fajar andika
    Maret 5, 2010 pukul 2:20 pm

    pengiN Beli Tapi HarGAnYA MAhaL. . .

    • Alfan F
      Maret 6, 2010 pukul 3:09 am

      iya kang saya juga nunggu pinjeman he he he he he

      • fajar andika
        Juli 31, 2010 pukul 4:43 am

        Wkwkwkwk Aku Juga Nunggu, Tapi Tetangga gak ada yang Beli juga, Apa Kurang Sosialisasi yahhh, klo Novel kang Abik itu bagus – bagus, Ckckckckck

    • NaNi Safitri
      November 12, 2011 pukul 3:39 am

      y0o nabung dlu mas ..
      nyisain uang ja”n tyap hri ..
      hehehhehehe

  2. Maret 8, 2010 pukul 1:20 pm

    di gtamed ada gak ya??

    • Alfan F
      Maret 8, 2010 pukul 3:50 pm

      Saya belum ngecek mas…

  3. jehaad
    Maret 9, 2010 pukul 5:14 am

    ini nove wajib dibeli. dibandingkan novel lain dgn ketebalan halaman yg sama jauh lebih murah. materi ttg menjaga iman dan tauhid jug sejarah dlm novel ini bagus sekali

    • Alfan F
      Maret 9, 2010 pukul 12:22 pm

      saya baru bisa beli bulan depan, bulan ini harus bayar kuliah, SE, sama pajek motor T_T.

  4. jehaad
    Maret 9, 2010 pukul 5:16 am

    O ya kayaknya tgl 13 nanti Kang Abik akan ada di islamic book fair di senayan, sore jam 4. biasanya ada diskon khusus

  5. jehaad
    Maret 9, 2010 pukul 5:18 am

    satu lagi kisah romannya dlm novel ini oke banget T O P

    • Alfan F
      Maret 9, 2010 pukul 12:22 pm

      Nanti bagi-bagi ceritanya ya!!!!

  6. abdillah
    Maret 11, 2010 pukul 11:06 am

    assalamualikum

    aku selalu menantikan karya kang abik, aku yakin terlepas dari kelemahan2 yang ada pada bumi cinta, novel ini sangat bagus menjadi bahan renungan generasi muda muslim. bayangkan ayyash tinggal seapartemen dengan 2 gadis cantik. apa jadinya jika itu dialami oleh pemuda2 kurang iman seperti kita. setidaknya, novel ini mengingatkanku pada sahabat generasi selanjutnya yang menjaga kesucian diri dihadapan wanita yang sudah melepas seluruh pakaiannya, tapi dengan keimanan yang tinggi pemuda tersebut selamat dari bisikan zina, ya, pemuda itu bernama abu bakar almisky, ditambah contoh real nabi yusuf, membuat novel ini terasa real dan tidak mengada-ada. satu lagi, novel ini wajib dibaca oleh mereka yang suke…….( sensor) biar faham betapa pentingnya menjaga kehormatan dan kesucian diri. syukran

  7. Maret 11, 2010 pukul 12:43 pm

    alhamdulilah saya dah beli dan baru selesai baca tadi pagi,.,.,Subhanallah isinya menarik,.hampir sama seperti Ayat2 cinta.,.,ayyas diFitnah jadi teroris,..,N endingnya dia dilamar Linor(sofia),.tapi belum sempat diterima lamaranya malah wanita itu ditembak mati,..,,.N Ayyas sangat menyesal,..,,.hohoho.,,.saya beli harganya 44 ribu pas kemaren ada SOLO ISLAMIC BOOK FAIR

    • Alfan F
      Maret 11, 2010 pukul 5:49 pm

      bang tolong posting sinopsis besarnya donk!!! (ngarep banget)

  8. ZouZon
    Maret 14, 2010 pukul 9:41 am

    bagi yang gemar membaca novel, khsusnya yang berbau religi…..WAJIB BELI.hehe
    Novelnya membuat para pembaca berkutat dengan hatinya sendiri….Teruntuk bagi mereka yang haus mahhabbah….

  9. Yon Gunawan
    Maret 15, 2010 pukul 3:26 pm

    Bumi Cinta sudah jadi fenomenal baru. Ini buku paling laris selama Islamic Book Fair di Senayan kemarin. Anak gaul muslim memang harus beli dan baca. Membentengi iman di tengah zaman edan kayak sekarang ini emang perlu.

  10. Nieza
    Maret 19, 2010 pukul 2:23 pm

    Duh… jd penasaran banget nih pengen baca,,,,
    aq yakin isinya gak kalah bagus dg novel2 kag abik sebelumnya…
    kapan ya aq bs punya bukunya….?? cepetan di perluas donk pemasarannya sampai ke Malang,,, OK? antadziruh…

    • Alfan F
      Maret 21, 2010 pukul 9:11 am

      Tapi saya kok lebih sreg dengan KCB ya???

  11. yudha
    April 16, 2010 pukul 11:05 am

    mmm karya yang sangat saya tunggu kang abik adalah penulis yang hebat yang di punya oleh indonesia,semua karyanya sangat bagus…

  12. syall
    April 23, 2010 pukul 1:17 pm

    hmmm,,,menarik sich!!! tapi bagi sya buku ini CACAT ENDING
    terlihat di ending nya sang penulis tidak memberitahukan bagaimana nasib ANASTASSIA PALLAZO,padahal dia merupakan tokoh penting dari novel ini.,,, apa da sequelnya??? saya harap begitu,,karena anastasia adalh inspirasi wanita untuk suskses mengejar impian dalam di usia muda,, dia wanita bergelar doktor YANG sangat perfeksionis dan berpegang teguh pada agama yg dianutnya,,walaupun ayyas sang pemeran utama , telah menjelaskan bagaimana islam itu,,bagiku agama ku dan bagimu agamamu(ayyas said).dibalik semua itu buku ini memberikan pencerahan bagi kita mengenai keberadaan Tuhan di masa modern sekarang ini,,buku yang cerdas bagi mereka yang sehat. terimakasih

  13. April 29, 2010 pukul 10:17 am

    lw downloag di mana?

  14. mar
    Mei 7, 2010 pukul 8:16 pm

    pokonya sy suka dengan karya-karya nya A Abik,apa lagi yang berjudul KALAMMULLAH & AYAT-AYAT CINTA……..
    Klo yang ini mah belum baca,he………..

  15. shan2
    Mei 21, 2010 pukul 2:30 pm

    …seperti nyata merasakan musim salju di rusia…..,terharu dengan keteguhan iman Ayyas, salut dengan kepintaran dan kesederhanaanya…..,kang abik..emang sangat mahir membuat pembaca jatuh cinta dengan tokoh2 utamanya…seperti ayyas….

  16. fataty maulidiyah
    Mei 24, 2010 pukul 5:37 am

    sudah baca 2 bulan yang lalu….sejak baca itu terobsesi pengin tahu rasanya hidup di negeri bermusim empat…truzz..lagi nulis review bukunya…punyaknya iman sulaiman sudah baguz banget..tapi saya lagi buat dengan sudut pandang yg l;ain,tentunya…keburu laptop ilang jadi agak terhambat…yah buat aku baca sendiri ajah…dishare ntar ajah kalo dah selesai..hi,hi..keburu basi..ah novelnya kang abik, mana ada yang basi…

  17. ciidhe
    Mei 31, 2010 pukul 4:13 am

    masyallah kreeen bgd novelnya
    bnyak pljran seru
    bagusss
    kira2 kpn lyar lebarnya

  18. Nurhilal
    Juni 8, 2010 pukul 7:59 am

    Subhanallah,sebuah novel yang sangat bagus,banyak pelajaran yang dapat diambil.

  19. syifa habibah
    Juni 9, 2010 pukul 4:13 am

    asw… afwan. ana akui semua karya kang abik nih bagus2 smw. akan tetapi kenapa harus selalu menampilkan sosok orang luar. anak kiayi, nyantri di kairo, para gadis yg mmpunyai faras sprti bidadari. bknkah msh bnyak kisah nyata para akhwt yg bs diangkat

    • Alfan F
      Juni 9, 2010 pukul 5:52 am

      Coba baca yang Mihrab Cinta, itu kisahnya indonesia banget….

  20. Juni 24, 2010 pukul 6:26 am

    saya masih penasaran tentang akhir dari ceritanya..bagai mana nasib dari sofia/linr dan ayys selanjut nya?
    apakah sofia selamat setelah di tembak?
    apa mereka berhasil sampai di rumah sakit?
    apakah akhirnya ayyas dan sofia menikah?
    bgaimana kelanjutan kehidupan mereka?
    masih membwad saya sangat penasaran

  21. Widy Imnida
    Juli 11, 2010 pukul 5:44 am

    Sayangnya ending nya gantung…saya pikir si ayyas bakalan sama doktor anastasia..eh ternyata malah sama Linor alias sofhia..
    Cerita nya masih bikin penasaran!!! Apa ada kelanjutannya alias Bumi Cinta 2???

  22. Mayang Al islamic
    Juli 11, 2010 pukul 9:40 am

    Ceritanya bagus kok….
    Serasa ada di Rusia dan Palestina saat membaca novelnya…..
    Sangat menyentuh..
    banyak pelajaran yg dapat dipetik di dalamnya….

    Jazakumullah khair…..

  23. Juli 21, 2010 pukul 5:44 pm

    gua cka bgt ma karya habiburrahman

  24. Juli 21, 2010 pukul 5:45 pm

    ku sangat suka bamget ama semua karya kg abik terutama bumi cinta

  25. Apingvin
    Juli 30, 2010 pukul 12:15 pm

    Alhamdulillah akhirnya saya selesai baca Novelna…
    Tapi???? saya masih penasaran??
    Bagaimanakah nasib Sofia… apakah dia berhasil diselamatkan atau tidak????
    Ayyas juga mendoakan semoga Sofia dapat selamat ( dan menikah dengannya )
    Lalu bagaimana dengan Doktor Anastasia… setelah peristiwa pemboman hotel di Rusia, ia tidak pernah dimunculkan dan tidak tahu bagaimana kisah selanjutnya ( jujur saya lebih senang liat Ayyas dan Doktor Anastasia dapat hidup bersama dalam Islam
    saya minta maaf klo commentna kebanyakan…..
    Walaupun begitu saya tetap suka Novel Bumi Cinta…. dan tentunya menyukai karya”
    Kang Abik yang lainnya terutama KCB hehehehe…

    Sukses terus Kang Abik…….

  26. Azi Aruan
    Agustus 1, 2010 pukul 9:16 am

    aQ pNgen beLi n0veL_y tP ndag pNy cKup uank…
    geMana d0wnk???

  27. lina
    Agustus 3, 2010 pukul 5:46 am

    kereenn bgt buku na ..
    gag bosen bacanya niie ..

  28. ekha
    Agustus 6, 2010 pukul 2:48 pm

    asslmkum,,
    jd pgn baca bgd ne,,,,,,,,,,,
    tp mslhnya aq g lg di indo,,,,,,,,tp te2p pgn bs beli novel ini,,,,,,,,
    gmn y caranya????????? bs g y aq beli online gitu???????? pliz ,,,

  29. syamsul
    Agustus 14, 2010 pukul 6:18 am

    Tolong kang abik lanjutan ceritanya,dgn siapa ayyash menikah.kalau bisa dgn anastasia sbg istri kedua dan sofia sbg istri pertama.

    • Alfan F
      Agustus 25, 2010 pukul 7:21 am

      busyet dah…. minta dua???

  30. Agustus 24, 2010 pukul 3:33 pm

    aku ditugasi nyari sinopsis novel . alhamdulillah ada yg bkin sinopsisnya . jdnya terbantu . makasih byk yaa .

    • Alfan F
      Agustus 25, 2010 pukul 7:16 am

      yang bikin sinopsisnya bukan saya… tapi sudah saya link di tulisan ini. Silahkan berkunjung ke pembuatnya

  31. Agustus 26, 2010 pukul 6:52 am

    ceritax bgus….bgtu bnxk makna yg dpat di ambil d bku ini…

  32. uq
    Agustus 27, 2010 pukul 3:47 am

    karya kang Abik bagus , sangat detail, tapi sayang ada beberapa detail yang hilang / kurang ,misal :1) pada bab 4 hal 63 disitu ada Linor ,masa yalena & Ayyas ngloyor pergi tanpa basa basi berpamitan ,atau apalah, jadi linor tidak jelas kelanjutan ceritanya .2) mengganti karpet yang kena darah,ada persediaan karpet lagi (rasanya berlebihan deh).3)Walah….yang paling parah cerita DR Anastasia hilang begitu saja. . maaf ,menurut pemahaman saya ketika membaca novel ini , hal ini yang membuat saya kurang puas dengan karya kang Abik kali ini.tapi yang sebelumnya ….keren

  33. zies riekie
    September 3, 2010 pukul 8:36 am

    cerita sangat bagus sekali…di awal2 memang banyak cerita yang bisa menggangu iman seorang santri itu…..namun cerita akhirnya sangat mengharuakan…..dengan ditembaknya seorang perempuan yang bernama sovia yang dulunya dia adlh linor seorang perempuan atheisme yg sangat membenci islam.

  34. alle
    September 14, 2010 pukul 8:40 am

    aku blom bace lagi,but aku nak bace,but aku blom beli lagi,but aku janji nak beli…

  35. Gie
    September 18, 2010 pukul 11:23 pm

    Di gramed dah ada kog

  36. rifa
    Oktober 12, 2010 pukul 1:08 pm

    Semoga kang abik diberi usia yang panjang agar dapat selalu melakukan dakwahnya lewat berbagai novel yang beliau karang…..
    taqobbalallohu minna wa minkum.
    Amin.

  37. al hafis
    Oktober 12, 2010 pukul 6:25 pm

    koq blom nyampe ke Bawean ya..?

  38. November 14, 2010 pukul 5:26 am

    Hebat,….dan sangat mensupport jiwa.Igin segera lanjutan section yg kedua,..ditunggu,..

  39. Novi
    November 24, 2010 pukul 4:37 pm

    Bagus Novelnya.. Jadi pengen ke Rusia, pengen ke MGU, Pengen ke lapangan merah, pengen naik metro…;)

  40. taufiq
    Desember 3, 2010 pukul 7:51 am

    kang, koq critanya nanggung yah..??
    ayyas jagi kawin gak ama linor..??

  41. Melinda
    Desember 18, 2010 pukul 5:19 pm

    Saya dapet pinjeman novel bumi cinta masih kurang lebih seratus halaman lagi novel itu tertinggal di kampus dan saya belum menemukan padahal isinya sangat luar biasa, bisa memberikan kita banyak pelajaran mengenai hidup ini.

  42. Februari 8, 2011 pukul 2:30 am

    sinopsisnya bagus,jadi pengen beli kang…

  43. siti suhani
    Maret 15, 2011 pukul 4:15 am

    belum bisa di download ya……
    tunggu aja deh sampai bisa he,he,he

  44. hapsa
    April 8, 2011 pukul 8:59 am

    maaf yh sBelumnya,tp saya lebih srek dgn AAC dh,karena karakter tokoh,alur cerita,dan latar tempat yg d ceritakn begitu detail.tp kalau masalah film, aq lebih suka KCB (?)

  45. Mei 14, 2011 pukul 11:51 am

    novel ini merupakan cerita yang menarik
    ditunggu novel-novel berikutnya……..

  46. sukmarani.pati
    September 11, 2011 pukul 4:06 am

    saya suka dengan karya2 kang abik,terutama novel AYAT-AYAT CINTA.
    Itu novel pertama yg saya sukai dan membuat saya menyukai tentang novel

  47. windy
    Oktober 6, 2011 pukul 3:08 pm

    sedih novelnya,, tentang kekuatan iman ayyas,, ayyas lelaki yang hebat, taat
    maksih novelnya bnyak memberi pelajaran untuk hidup aku.

  48. nhu_chienxt
    Oktober 9, 2011 pukul 2:45 am

    Kapan yach bvikin film nya,,, pngen liat kyak gmana filmnya….. ditunggu ya filmnya….

  49. Oktober 14, 2011 pukul 3:22 am

    sebuah karya yg mengagumkan,
    aq mo tanya kang,kenapa novelny ngak di rampungin aj?bikin penasaran..
    brsama siapa m ayyas menikah,dan hidup bahagia?…..

  50. Oktober 15, 2011 pukul 4:38 am

    thanks reviewnya…novel bumi cinta memang mengharukan.
    http://kafebuku.com/bumi-cinta/

  51. lyass
    Oktober 17, 2011 pukul 2:11 pm

    i admire u habiburrahman el shyrazy

  52. November 11, 2011 pukul 4:59 am

    sebuah karya yg luar biasa
    tapi akirnya nanggung, bkin pnsaran,

  53. NaNi
    November 12, 2011 pukul 3:36 am

    crtanya bagus bngt n menarik …
    q tnggu filmnya yah …
    cpetan dh g than ..
    hehehehehehehe

  54. hilda ningsih
    Desember 13, 2011 pukul 7:02 pm

    yeeeeeee……. aq dach beli novel ini… seru bnget critanya

  55. istianatul m.
    Desember 17, 2011 pukul 1:16 pm

    kang abik novelnya luar biasa…………….
    novelnya dapat bermanfaat bagi semua,,
    pdhl kan bysanya novel” banyak bahayanya????????????????
    q ngefans banget deh 5 kang abik.
    gmn sich crx????????????

  56. suzan
    Januari 9, 2012 pukul 5:01 am

    Akhirnya gmn kang abik … Penasaran nich

  57. Februari 12, 2012 pukul 9:20 am

    assalamualaikum,,,
    saya telah membaca novel bumi cinta,,,
    cerita nya bagus banget…
    tapi sagat membuat penasaran_

    kang abik mohon d rilis cepat kelanjutan nya…
    pnasaran nech…

    Linor nya menggal atau masih hidup…

  58. puri
    Maret 22, 2012 pukul 4:59 am

    aduuh pengen banget baca novel bumi cinta…

  59. Maret 25, 2012 pukul 3:20 am

    endingnya menggantung,,,tapi ceritanya TOP

  60. April 18, 2012 pukul 7:48 am

    apik men yakiiiin,,,,,pe” bsa menangis

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.705 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: