Beranda > internet, tips > Mengatasi Tidak Bisanya Download Video di Youtube

Mengatasi Tidak Bisanya Download Video di Youtube

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau akhir-akhir ini video di youtube tidak bisa di download. Baik itu memakai keepvid.com, savevid.com, kickyoutube.com, IDM, atau trik okyoutube.com pun sudah tidak mempan lagi. Rupanya youtube makin protektif saja.

Tapi jangan khawatir banyak jalan menuju Roma. Terpaksa saya ublek-ublek itu yang namanya dunia maya demi mencari ilmu bagaimana mendownload video favorit di Youtube. Dan karena atas berkat Rahmat Allah yang maha kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan yang luhur, akhirnya dapoat juga triknya.

Trik ini ditulis oleh Iwan Rahmawan di situs http://klikbelajar.com. Di sana Iwan menjelaskan bahwa pada sat kita menonton video pasti kita melakukan proses buffering dulu. Setelah buffer lancar kita bisa menonton video itu berulang-ulang tanpa proses loading lagi.

Kenapa demikian..? Pada saat video itu kita tonton komputer secara otomatis menyimpannya pada suatu tempat yang disebut chace memory. Atau dengan kata lain sebenarnya saat proses buffering video itu hingga selesai sama artinya kita telah mendownload file dari video itu.

Sekarang yang menjadi pertanyaannya chace itu apa? Dan dimana dia berada. Berikutnya akan coba saya sunting gambar dari tulisan Iwan agar lebih mudah mencobanya…. OK.

Pertama

Buka TAB baru di mozzilla firefox kamu, trus ketikkan :
about:cache

aboutcache

Kedua

Copy alamat Cache Directory dari bagian Disk Cache Device

cache directory

Buka My Computer dan pastekan alamatnya disana.

Ketiga

Akan terbuka daftar nama-nama file yang aneh beserta ukuran dan tanggal-nya
Urutkan berdasarkan Size (Ukuran) cari yang namanya BUKAN _Cache001_ atau yang ada tulisan CACHE-nya. Melainkan cari yang namanya aneh seperti 0304058937FA7

Cari yang ukuran datanya paling besar, seperti contoh berikut :

cache

File bernama 49995AF2d01 (di komputer kamu bisa beda lagi namanya) 99% merupakan file video yang kita baru saja tonton dari youtube. Kenapa ?? Karena ukurannya yang besar (4,119KB = 4MB lebih), file yang A7C4CE0Cd01 kemungkinan besar juga merupakan file video. atau file suara karena ukurannya yang besar.

Keempat

Pindahkan file tersebut ke direktori lain (misalnya : Desktop) lalu tambahkan ekstensi .flv dibelakangnya.
Contoh :  49995AF2d01 menjadi 49995AF2d01.FLV

Terakhir

Buka dengan FLV player seperti Media Player Classic atau KMP Player.

SELESAI !!

NB : Saya sudah coba sendiri cara ini. Memang ada kelemahannya karena kita harus menunggu lama pada saat proses Buffering. Apalagi kebagian di koneksi yang lemoooooooot banget… wassalam dah.

Namun cara ini sudah cukup membantu di saat Youtube sedang pelit-pelitnya seperti saat ini.

BTW saya kasih saran agar buffering video youtube lebih cepat (sampai 3 kali lipat) lebih baik anda men-download software berikut :

ByWiFi Video accelerator

About these ads
Kategori:internet, tips Tag:, ,
  1. tina
    April 5, 2010 pukul 3:34 am | #1

    saya coba ta[pi blm berhasil, utk step no.2 agak tdk jelas, chache directory dicopy di my computer (uni bikin file baru?) trus daftar nama file beserta ukuran dan taggalnya ada dimana? kok gak terbuka?
    mhn binfonya-ya..trims.

  2. April 16, 2012 pukul 3:59 am | #2

    wahh berhasil bro….tapi untuk firefox update seri 11 bentuk cache nya nda gitu lagi bro…gimana tuh solusinya?dia dipecah per folder kayaknya…..ditunggu yah solusi nya bro…:)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.681 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: