Beranda > fenomena, nostalgia, televisi, Zona 90 > Legenda Ular Putih (White Snake Legend)

Legenda Ular Putih (White Snake Legend)

Suamiku…… Istriku….. ya ya ya pasti kita bagi penghuni era 90-an kenal betul dengan istilah itu. “Suamiku… Istriku….” Ini merupakan kata-kata yang dipoulerkan oleh film Legenda Ular Putih. Tayang tiap selasa malam pukul 19.30. Legenda Ular Putih sendiri merupakan film kedua paling fenomenal setelah KBH. Maklum lah jaman segitu serial ini termasuk serial kungfu pertama yang menggunakan efek yang masuk di Indonesia.

Hampir sama dengan KBH, penonton Legenda Ular Putih juga harus rela berbondong-bondong ke kampung sebelah. Maklumlah dari sekian puluh warga hanya sedikit yang televisinya bisa nangkep siaran SCTV. Alhasil rumah si tuan rumah jadi mirip kaya Tahlilan.

Legenda Ular Putih di negeri asalnya berjudul White Snake Legend. Kisahnya diambil dari legenda setempat tentang hubungan cinta terlarang seekor siluman ular putih bernama Bai SuZhen dengan manusia biasa bernama Xu Hanwen. Karena secara kodrat berbeda alam, maka hubungan mereka pun berjala penuh rintangan. Rintangan terbesar datang dari seorang rahib sakti mandraguna yang gemar membasmi siluman. Dialah Biksu Fa Hai.

Biksu Fa Hai berusaha sekuat tenaga untuk membasmi SuZhen dan adiknya Xiao Qing (ular hijau). Dia tidak perduli walaupun Ular Putih selama menikah dengan HanWen selalu berbuat kebajikan lewat toko obat yang mereka dirikan. Sampai pada akhirnya Fa Hai membuka jati diri Bai SuZhen sebenarnya pada Hanwen. Walaupun pada awalnya Hanwen shock, tapi dia tetap menerima istrinya itu apa adanya.

Fa Hai menempuh cara lain. Dia kemudian mengurung Hanwen di pagoda Lei Fang. Bai Suzhen mau tidak mau harus mendatangi Fa Hai dan memohon untuk melepaskan suaminya. Fa hai bersedia mengabulkan permintaan Bai SuZhen asal dia mau berlutut sambil berjalan ke pagonda Lei Fang. Padahal Bai SuZhen saat itu sedang mengandung. Namun usaha Bai Suzhen tidaklah sia-sia. Dia berhasil melakukan syarat dari sang biksu yang pada akhirnya dapat membawa suaminya pulang.

Suatu hari Fa Hai pergi ke langit dan bertemu dengan raja langit,ia memohon agar diberikan pasukan yang kuat yang akan dikomandainya untuk menangkap siluman ular putih. Ketika itu pula Bai Su Zhen Melahirkan anak laki-laki penerus keluarga Xu,dan Xu Xian pun gembira akan anaknya yang lahir,lalu ia memberikan nama Xu Shi Lin kepada anaknya.

Di sisi lain rupanya Fa Hai belum terima atas kekalahannya. Dengan akal bulus Fa Hai akhirnya dia dapat mengalahkan Bai Suzhen dan menangkapnya. Siluman Ular Putih pun dikurung di bawah pagoda Lei Fang. Hanwen berusaha meminta kebebasan atas istrinya dengan menjadi biksu di biara Jin Shan. Sementara XiaoQing memilih bertapa di guung Er Mei agar kesaktiannya bertambah dan bisa membalas dendam.

Selama masa itu, Shi Lin anak Hanwen beranjak dewasa. Dia pun berusaha menjadi pejabat di kerajaan dengan tujuan dapat menolong kedua orang tuanya melalui bantuan kaisar. Mengingat prestasi Shi Lin, kaisar mengabulkan permintaannya. Dengan diberi beberapa pasukan, Shi Lin berangkat menuju biara Jin Shan. Namun sayang saat di sana dia harus menelan kekecewaan. Hanwen tidak mau ikut bersamanya kalau Bai Suzhen belum dibebaskan.

Di saat yang hampir bersamaan, Xia Qing berhasil menyelesaikan pertapaannya. Siluman Ular Hijau ini segera mencari Fa Hai untuk membalas dendam. Dan kali ini Xia Qing berhasil mengalahkan sang Biksu. Tiba-tiba datanglah dewi Guan Yin. Dia meminta Xia Qing untuk tidak menghabisi Fa Hai. Sebagai gantinya Xiao Qing diminta menjadi pengikut dewi Quan Yin.

Sementara itu Shi Lin masih belum menyerah untuk menyelamatkan kedua orangtuanya. Dia bersujud di depan pagoda sambil memohon agar ibunya dibebaskan,ketika para tentara kerajaan akan merubuhkan pagoda, Dewa tersentuh oleh baktinya Shi Lin kepada ibunya, lalu pintu pagodapun terbuka dan Bai Su Zhen ibunya terbebas.

Setelah Hanwen mendengar kabar tersebut ia pulang dan akhirnya seluruh anggota keluarga yang terpisah selama 20th telah berkumpul kembali dan hidup bahagia selama lamanya.

Itulah garis besar dari cerita Legenda Ular Putih ini. Beberapa hal sebenarnya yang paling saya ingat dari film ini adalah :

1. Saya sempat bingung kenapa yang jadi Hanwen Cewek? (jangan-jangan…..). Tapi ternyata memang di opera China cewek memerankan laki-laki itu adalah hal yang lumrah. Sebagaimana di ketoprak atau ludruk dimana pemeran Arjuna tidak jarang adalah wanita.

2. Rambut Bai SuZhen adalah mode rambut paling unik. Bayangkan sanggulnya mirip Micky Mouse. Bahkan pernah teman saya cerita kalau pas waktu kecil dia pernah minta didandani kaya Bai Suzhen.

3. Pas episode terakhir saya ketahuan nangis…. Damn!!!!

4. Di sekolah (SD) saya dan teman-teman sering menirukan gaya Ular Putih dan Ular Hijau saat mengeluarkan jurus.

5. Ada yang bela-belain bawa batok kelapa kemudian dipukul-pukul pake pensil agar tampak mirip dengan Biksu Fa Hai.

6. Soundtrack-nya termasuk paling heboh. Sempat ada versi Indo-nya tapi susah nyarinya euy. Jadi saya kasih yg versi orisinilnya aja ya!

Ini lagu pembukanya…

Yang ini penutupnya…

Bonus nih…. Ular Putih jadi-jadian

About these ads
  1. Agustus 13, 2010 pukul 8:36 am | #1

    i like this, aku suka banget. dari bulan desember aq nyari2 kisah asli lgenda ular putih, buat bkin TA mata kuliah ilustrasi 3.thanks infonya bro’

    • Alfan F
      Agustus 25, 2010 pukul 7:21 am | #2

      sama-sama

  2. Oktober 25, 2010 pukul 2:31 pm | #3

    kepingin domlod

  3. nizarjoe
    Desember 19, 2010 pukul 11:57 am | #4

    mantap gan, mengingatkan masa kecil…uh jadi terharu, dulu waktu main petak umpet, kita ga berani sembunyi gara2 takut sama siluman kelabang…

  4. Desember 23, 2010 pukul 10:56 pm | #5

    ular putih legenda yang sangat seru apalagi ular nya sangat berbisa .

  5. elin kristin
    Januari 1, 2011 pukul 6:21 am | #6

    duuhh ,, pengen download film2 nya gitu ..
    cara nya gimana yah ? or kl ada CD nya mau dong di info’in ..
    coz udh lama banget nyari ,, tp gag ada :(
    d bantu yah .. :)
    tq

    • Alfan F
      Januari 1, 2011 pukul 10:06 am | #7

      cba cari di FJB kaskus.us mbak!!!

  6. Maret 12, 2011 pukul 12:15 pm | #8

    download?? q punya film nya cuma lg nyari yg ada subtitle indonesianya

    • aprilia
      Desember 25, 2012 pukul 1:02 pm | #9

      saya punya yg ada bahasa indonesian nya

  7. jun liang
    April 21, 2011 pukul 3:50 am | #11

    kirim lagunya ke email aku dong aq mohooonn :(

  8. Mei 31, 2011 pukul 3:32 pm | #12

    mengapa sabungan ular putih terputus terimakakasi

  9. hendrick mustopha
    Juni 3, 2011 pukul 12:35 pm | #13

    wah legenda ular putih ya, nih film kesukaan saya waktu kecil bro. btw klo yang punya kaset ost nys gua berani bayarin dengan harga pantas.
    tolong hubungi no hp gua yach 082112420160.

  10. Juni 9, 2011 pukul 2:38 pm | #14

    hmmm
    ini film jadul waktu ane masih sd…
    tpi ane msih inget bget alur cerita nya hihihi
    bahkan kaset tape ku masih ada..tpi masih fungsi ga yach???

  11. gede royal
    Juli 28, 2011 pukul 12:21 pm | #15

    film pertama yg bikin gua nangis nii. ….
    sampai2 penuh ruang tamu klu nonton film ni, ,,, kyk dibioskop ja. . …
    wkt SD kls 4 sih.. . .. tp kangen bgt dengan ni film. …..

  12. September 30, 2011 pukul 6:02 am | #16

    qian nian deng yi huei..deng yi huei aaaa…

  13. matdjamel
    Oktober 7, 2011 pukul 1:23 pm | #17

    gan klw filmnya ada g….???
    mohon infonya donK!!!!!!!

  14. arul
    Oktober 17, 2011 pukul 5:30 pm | #18

    Dvd banyak ada di glodok, gw baru beli n nonton dari awal sampe akhir,jd ingat masa kecil kelas 5 SD ,bolos sekolah ngaji tiap selasa malam, sampe ngumpulin kartu2 ular putih, oh ya film bioskopnya jg sudah tayang, The sorcerer and the white snake, yg main Jet Li, Eva Huang, dll, Bai su zen nya jauh lebih cantik, animasinya jg lumayan keren (gw sampe 3 kali nonton filmnya di XXi)…

    • Nonie Han
      Juli 6, 2013 pukul 1:40 am | #19

      udah beli. sialnyasemua film yang g beli selalu passsss episode penutup cd nya brebeet…. huaaaa……. *nangis ngejer* plisssss bagi terakhir downkkk………

      contact g ke : nonie.handaya@gmail.com

      g tunggu ya, plisssss……………

  15. arul
    Oktober 17, 2011 pukul 5:35 pm | #20

    Dvd banyak ada di glodok, gw baru beli n nonton dari awal sampe akhir,jd ingat masa kecil kelas 5 SD ,bolos sekolah ngaji tiap selasa malam, sampe ngumpulin kartu2 ular putih, oh ya film bioskopnya jg sudah tayang, The sorcerer and the white snake, yg main Jet Li, Eva Huang, dll, Bai su zen nya jauh lebih cantik, animasinya jg lumayan keren (gw sampe 3 kali nonton filmnya di XXi)…

  16. thomz
    Oktober 23, 2011 pukul 7:47 am | #21

    iy nh jd ber NOstagia lg…. mw cari ahh di Glodok,.^_^ bikin merinding Lagu nya heheh.

  17. dika
    November 12, 2011 pukul 11:37 am | #22

    aduh jadi pengen minta SCTV tayangin lagi ne film..
    mw gw kasih tw ke adek gw kalo film dulu tuh jalan ceritanya keren2
    haha

  18. Januari 23, 2012 pukul 1:48 pm | #23

    wah,,,,,,,,, aku demen pisan film kiye. sing bintangi gigi chin. aku seneng bangaet

  19. natasyanw
    Januari 24, 2012 pukul 8:15 am | #24

    ada lgi nich skrng filmnyaa di bbs tv jam7 mlem setiap hari jngn ketingaalllaaaan ya skrng dah sampek episode ke 3 tpi kmren aslinya dah tamat trus diulangi lagi smpek awal!!! lihat ya!aq gk bhong ini real

  20. Tuan xu
    Februari 24, 2012 pukul 6:56 am | #25

    mantap ne filmx. . Perlu di tayangkn lg ne

  21. Allan
    Maret 16, 2012 pukul 7:56 pm | #26

    sy baru dapat kumpulan filmnnya tapi bhasa mandarin….jd ingat masa lalu

  22. freddy
    Juni 27, 2012 pukul 7:18 am | #27

    ak ud ktinggalan jmn gak?
    klo gk, aku jg pengen liad film ini yg dulu wktu ane msih TK bkan yg baru” ini..
    klo bleh tw msih ad gk link download nya gan?

  23. Juli 29, 2012 pukul 1:46 pm | #28

    asli pilem paling fenomenal era china, sampe2 wkt SD ditanya sm guru “Nak cita-cita mau jadi apa? ” Aku: “Pengin jadi Ular Putih (red: Paisucen) #tepokjidat

  24. Oktober 4, 2012 pukul 12:21 am | #29

    sumpah lucuuuu banget kira2 punya ep2 terakhirnya gak gan ya 7 ep. akhir deh coz aku ngak pernah ampek ahir nonton film ini jadi nostal gila lagi setelah nonton return of condor heros…..PLEaseeee

  25. rizal kasep
    Desember 6, 2012 pukul 5:21 am | #30

    hahahahahahahah… thanks broooo… tiba2 gw inget dan nyanyi sendiri lagunya.. penasaran cari di google ehk ada :-D

    • Alfan F
      Desember 8, 2012 pukul 4:47 am | #31

      kalau ada yg versi Indonesia share ya!!!

  26. myno
    Desember 14, 2012 pukul 2:07 pm | #32

    gw udh lama nyari2 ini.thu g sh,,,kmren gw nnton ini blom skolah gw.hahahahaa jdi kenangan trsndiri

  27. Juli 4, 2013 pukul 2:34 pm | #33

    thank you gan, hampir 3 bulan saya nyari sinopsisnya, akhirnya ketemu juga :), once again thankyou very much gan !!

  28. Nonie Han
    Juli 6, 2013 pukul 1:57 am | #34

    dulu pernah punya kaset pita nya…. yang pake radio itu. Sekarang cari yang cd nya ato mp3 nya ada gak ya??? kalo ada yang punya, bagi downk……

    kirim ke : nonie.handaya@gmail.com

    yaaaa….. aku tunggu yaaaaa

    ma kasihhhh

  29. Cloudsalltheway
    Juli 22, 2013 pukul 2:29 pm | #35

    Ini film waktu SD kelas 4/5 ya. Ditayanginnya di TV7 Sekarang trans7 :D awal tau dari bapak aku. Aku juga jadi pengen liat lagi :(, sampe rambut aku di kuncir mirip suaminya bai suzhen :D Tapi gagal xD

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.681 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: