Beranda > Kuliner, Visit Malang City > Bakso Pak Man SMA Negeri 5 Malang

Bakso Pak Man SMA Negeri 5 Malang

Kali ini saya ingin membahas salah satu tempat kuliner favorit saya, Bakso Pak Man SMA 5. Letaknya di pojok perempatan jalan sulawesi, tidak jauh dari SMA Negeri 5 Malang dan Rumah Sakit Islam Aisyiah. Buka mulai jam 11.00 siang sampai sore, tergantung sudah habis atau belum, dari hari senin sampai hari sabtu.

Pak Man memulai berjualan bakso dari sekitar tahun 70-an. Soalnya saya dengar sendiri dari Ibu, kalau waktu beliau masih smp Pak Man sudah berjualan di perempatan itu.

Bakso Pak man sendiri memiliki style ala bakso solo. Dimana isinya ada Penthol (bakso dlm bahasa Indonesia), tahu, dan tentu saja mie putih. Namun yang paling menarik, Bakso Pak Man memakai su’un yang jenis su’un putih bukan su’un biru. Dimana tekstur su’un putih lebih kecil dan lembut dari su’un biru. Mungkin karena itu juga rasa kuahnya tetap berasa walau kita ambil su’un putihnya agak banyak.Dari sisi kuah rasanya pun cenderung ada rasa manisnya. Hal ini berbeda dari bakso ala jawa timur yang mengedepankan rasa asin.

Namun secara keseluruhan kuah dari bakso Pak Man inilah yang memberi kekuatan cita rasanya. Sangat soft, dan cakep banget. Bahkan kalau boleh saya bilang kuah dari Bakso Pak Man SMA 5 Malang adalah yang terbaik di kota malang.

Soal urusan harga jangan terlalu khawatir. Sangat kompromi dengan kantong. Penthol kasar atau halus dibanderol hanya Rp 1500,- dan untuk tahu hanya 1000 rupiah. Kalau mie putihnya gratis.

Satu hal juga yang khas di tempat ini. Di samping bakso pak man, ada penjual es degan (kelapa muda) yang rasanya ciamik. Rupanya Pak Man dan pejual es degan ini sudah bersimbiosis mutualisme sejak lama. Jadi setelah makan bakso jangan lupa untuk pesan es degan di situ sebagai minumnya. Harga segelas es degan ini adalah Rp 2500,-. Dan dijamin gulanya adalah gula asli.

Iklan
  1. November 7, 2009 pukul 6:28 am

    Whatta a great meat ball. I love the Pak Man bakso too. I do agree that it is so yummy. Although actually I prefer the more saltier taste.

  2. Januari 8, 2010 pukul 3:35 am

    Hobby makan nih nampaknya…

    Salam Kenal gan…

    Dari Pengumpul Duit Receh

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: