Beranda > Kuliner, Visit Malang City > Rawon Stasiun

Rawon Stasiun

Sekali lagi saya pengen membahas makanan berat. Tapi jangan salah paham dulu! Makanan berat yang saya maksud bukanlah knalpot, ban mobil, tabung gas, atau barang sejenis lainnya. Makanan berat yang saya maksud adalah makanan yang bahannya mengandung minyak, lemak, daging, rempah-rempah, dll. Dan kalau dimakan biasanya berasa banget di lidah.

Salah satu makanan berat favorit saya adalah nasi Rawon. Tapi ini bukan rawon sembarangan, yang biasa disuguhkan di kondangan-kondangan atau acara mantenan. Ini Rawon high class bung, kualitasnya jangan ditanya lagi. Lebih baik coba sendiri.

Rawon high class ini adalah rawon stasiun. Disebut Rawon stasiun karena memang letaknya ada di Stasiun Kota Baru. Sebenarnya di warungnya sendiri menawarkan banyak pilihan. Mulai dari sop buntut, rawon buntut, dan rawon biasa. Namun saya lebih tertarik untuk membahas rawonnya saja.

Kuah rawon ini cenderung coklat, berbeda dari rawon kebanyakan yang lebih berwarna hitam. Tapi walau begitu rawon ini tetap memiliki rasa yang asik sekali. Bahkan kalau boleh saya beri nilai antara 1-10 maka kuah Rawon stasiun ini bernilai 9,8. Artinya untuk urusan rasa bisa dibilang juaranya. Menurut kabar angin yang saya dapatkan cara membuat kuahnya ini berbeda dari kebanyakan pembuatan rawon. Mereka tidak langsung memasukkan bumbunya ke dalam kuah. Tapi bumbu-bumbu tersebut di tempatkan ke dalam kantong kain khusus. Nah setelah itu baru mereka celupkan kantong tersebut kedalam air yang mendidih. Metodenya mirip dengan cara membuat teh celup. Dan metode ini pula yang membuat kuah dari rawon stasiun tetep jernih tapi tetap memiliki rasa yang mantap.

Selain itu hal istimewanya adalah irisan dagingnya. Cara memasak irisan dagingnya pun pas sekali. Sehingga daging rawon tidak alot alias susah dimakan. Untuk lauk tambahan anda bisa minta sendiri. Ada tempe, babat, dan usus.

Sebagai penutup ada hal yang perlu diperhatikan. Siapkan uang sedikit lebih. Karena harganya cukup tinggi. Biasalah ada rasa ada harga. Tapi saya jamin sebanding kok dengan harganya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

