Beranda > Alfan Corner Top10, Film, sinetron > 10 Sinetron Terbaik (Menurut Penulis)

10 Sinetron Terbaik (Menurut Penulis)

Berikut ini saya ingin menuliskan 10 sinetron terbaik menurut saya. Penilaiannya terbesar diambil dari pendapat pribadi dan sisanya saya browsing komentar-komentar di internet. Jadi saya pikir tidak perlulah menjadi perdebatan. Karena bisa jadi apa yang saya sukai berbeda dengan apa yang anda senangi. Namun penilaian pribadi saya tidak hanya saya dasari dari pandangan subjektif. Karena saya jarang sekali melihat kwalitas sebuah sinetron dari artis yang berperan. Sebagai contoh kalau ada sinetronnya Jessica Iskandar (salah satu artis favorit saya) maka tidak serta merta menilai bahwa film atau sinetron yang dibintanginya itu selalu bagus.

Pandangan pribadi di sini lebih saya dasari dari penilaian secara objektif. Apa idealisme yang dibawa di sinetron itu, bagaimana sinematografi-nya, bagaimana kekuatan ceritanya, dan juga seperti apa kwalitas acting para pelakunya. Namun sekali lagi, peringkat ini saya dasarkan dari sudut pandang pribadi saya dimana pasti mana yang lebih nyaman saya tonton juga akan mempengaruhi peringkat. Jadi mohon maaf kalau memang ada perbedaan pendapat diantara kita.

Berikut 10 Sinetron terbaik menurut saya dimulai dari perngkat paling buncit.

Sinetron Terbaik ke 10, Jomblo The series (RCTI), Pemeran : Christian Sugiono, Dennis Adhiswara, Rizky Hanggono,dan Ringgo Agus Rahman.

396116650_1ebc980cc5Jomblo adalah film tentang empat cowok yang mencoba mencari makna cinta. Disini dikisahkan dimana mereka mencoba menyikapi cinta dalam berbagai macam cara dari sisi pandang keempat orang cowok yaitu Agus, Doni, Bimo dan Olip.

Catatan penulis dari sinetron ini : Film ini termasuk film komedi romantis paling menghibur menurut saya. Guyonan-guyonan yang ditampilkan khas Mahasiswa sekali. Alur cerita menarik dan tidak berlebihan seperti kebanyakan sinetron sekarang.

Ada satu karakter favorit saya di Jomblo. Namanya Rahmat (saya lupa nama asli pemerannya). Dia merupakan teman Agus di kampus yang ahli dalam menciptakan alat-alat baru. Kalau boleh menganalogikan, Rahmat ini seperti Q di James Bond. Namun sayangnya alat yang dibuat Rahmat ini bukannya membuat rencana Agus berjalan mulus. Tapi seringnya sang alat berfungsi ganda, sehingga malah mengacaukan keadaan.

Sinetron Terbaik ke 9, Kepompong (SCTV), Pemeran : Derby Romero, Aryani Fitri, Mikha Tambayong, Dinda Kirana, dan Tania Putri.

1z37cdzKepompong mengisahkan persahabatan lima orang remaja satu cowok bernama Indra dan empat cewek, Chacha, Tasya, Beby, dan Helen. Seperti remaja pada umumnya, mereka diadapkan oleh problematika dalam dunia ABG. Ada tentang kesetiakawanan, percintaan, serta hubungan sosial.

Catatan Penulis dari sinetron ini: Bisa jadi sinetron ini adalah satu-satunya sinetron yang saya tonton saat ini. Alasannya cerita yang ditawarkan betul-betul fresh. Dan permasalahan remaja hampir semua terakomodir di sinetron ini. Banyak sekali pesan sosial dalam dunia remaja yang di ulas sehingga menjadikan sinetron ini punya nilai plus diantara sinetron yang lainnya pada saat ini.

Sinetron Terbaik ke 8, Keluarga Cemara (RCTI), Pemeran : Adi Kuri, Lia Warokka, Ceria HD, Anisa Fujianti, dan Pudji Lestari.

kel_cemaraSinetron ini menceritakan seorang yang kaya raya kemudian jatuh miskin karena penipuan. Hampir semua harta bendanya di rampas oleh pengadilan. Namun dengan kondisi yang sudah miskin tersebut Abah (begitu dia biasa dipangil oleh keluarganya) tidak mau menyerah. Dia berusaha menyambung hidup dengan mengayuh becak. Sedangkan istrinya membuat opak yang kemudian didistribusikan oleh Euis, anak tertua. Abah meminta seluruh anggota keluarga untuk tetap bersabar dan tidak patah arang dalam menghadapi kemiskinan. Dan Abah juga memperhatikan betul pendidikan anak-anaknya.

Catatan Penulis dari Sinetron ini : Sinetron itu menawarkan kesahajaan yang dikemas tanpa rasa iba”dibuat-buat” secara berlebihan. Walaupun tidak menawarkan hedonisme kehidupan keluarga dan sekolah di remaja sekarang seperti sekarang, sinetron ini cukup menghibur. Namun mungkin jika sinetron Keluarga Cemara itu diputar di jaman sekarang seperti tertelan ditengah industri sinetron yang menawarkan percintaan, relaity show keluarga dan lain sebagainya.

Sinetron Terbaik ke 7, Jendela Rumah Kita (TVRI), Pemeran : Dede Yusuf, W.D. Mochtar, Desy Ratnasari.

frpd_kris_dayanti_16Jendela Rumah Kita adalah serial televisi drama Indonesia. Serial ini disutradai oleh Dedi Setiadi, dengan durasi 60 menit (16 episode). Film ini ditayangkan oleh TVRI. Film ini dibintangi oleh Dede Yusuf, yang namanya melambung setelah bermain sebagai Jojo dalam film ini. Krisdayanti muda juga berperan dalam salah satu episode serial ini, “Gadis Manis dalam Gerimis”.

Catatan Penulis dari Sinetron ini : Sinetron ini adalah sinetron favorit saya sewaktu masih belum sekolah hingga TK. Dulu saya paling menunggu kalao si JOJO (Dede Yusuf) beraksi dengan menunjukkan tendangan khas Tae Kwon Do miliknya.

Sinetron Terbaik ke 6, Sarana Angkutan Rakyat (RCTI), Pemeran : Basuki, Nunung, Didik Ninitowok, Barkah, dan Pak Bendot.

Salah satu karya dari Rano Karno yang menceritakan tentang perjuangan seorang guru bernama Pak Sarmun. Pak Sarmun selain menjadi guru juga nyambi menjadi tukang ojek. Hal ini dia lakukan untuk menghadapi tantangan biaya hidup di Jakarta yang tidak main-main. Terkadang banyak cemoohan dari tetangga, rekan guru, dan orang tua wali murid Pak Sarmun karena profesi gandanya ini. Namun Pak Sarmun tidak terlalu memusingkan hal itu. Baginya yang penting dia telah menjalani perannya sebagai guru dengan baik dan tidak memakan uang yang tidak jelas.

Catatan Penulis dari Sinetron ini : Di sinetron inilah kita bisa melihat betul kualitas acting dari Basuki dan Nunung (keduanya jebolan Srimulat). Mungkin banyak orang akan beranggapan kalau Basuki dan Nunung hanya bisa memerankan peran banyolan saja. Tapi di sinetron ini saya jamin kita melihat Basuki dan Nunung yang lain. Di sinetron ini peran mereka serius sekali. Bahkan tidak jarang saya yang waktu itu masih SD ikut menangis saat melihat masalah yang menghadapi mereka.

Sinetron Terbaik ke 5, Jangan Ada Dusta (SCTV), Pemeran : Inneke Koesherawati, Aji Pangestu, dan Rico Tampatty

Bagaimana bila seorang suami (Rico Tampatty) yang terlanjur menceraikan istrinya berbalik sadar kalau sebenarnya istrinya itu (Inneke) adalah wanita yang tepat baginya. Sehingga dia berusaha keras agar mencari cara untuk bisa menikahi istrinya itu. Untuk itu dia mencoba mengakali aturan agama, dengan cara meminta Istrinya untuk menikah dengan salah seorang temannya (Aji Pangestu). Pernikahan ini dalam perjanjian dilakukan dalam beberapa bulan, dan setelah itu Aji Pangestu diminte menceraikan Inneke agar Rico dapat menikahinya lagi. Namun dalam perjalanannya Aji dan Inneke jatuh cinta betulan. Mereka pun memutuskan untuk mempertahankan pernikahan yang awalnya cuman unuk akal-akalan itu.

Catatan Penulis dari Sinetron ini : Sinetron ini walaupun bukan sinetron religi namun pesan tentang nilai-nilai agama sangat kental didalamnya. Bahkan dalam sinetron ini digambarkan betul bagaimana manusia itu hanya bisa berencana dan berusaha, namun jalan akhir tetap di tangan Pencipta.

Sinetron Terbaik ke 4, Lorong Waktu (SCTV), Pemeran: Deddy Mizwar, Jourast Jordy, Aji Pangestu/Dicky Chandra/Hefri Olivian, Chrsty Jusung/Aditya Novika/Zaskia, Oppie Kumis, dan Qubil AJ

Lorong Waktu adalah salah satu serial TV bulan Ramadhan di Indonesia. Banyak orang yang menyebutkan bahwa basis serial ini adalah film Back to The Future di era 1980-an karya Steven Spielberg. Dengan menampilkan sebuah mesin waktu yang memakai komputer canggih. Ide mesin waktu ini sendiri agak berbeda dengan yang digambarkan di film The Time Machine.

Lorong Waktu pertama kali di putar di layar TV Indonesia (melalui stasiun TV SCTV) pada Ramadhan 1999. Setelah itu dilanjutkan dalam beberapa sekuel, dari mulai Lorong Waktu 2 (2000), Lorong Waktu 3 (2002), Lorong Waktu 4 (2003), Lorong Waktu 5 (2004), dan Lorong Waktu 6 (2006).

Catatan Penulis dari Sinetron ini : Dulu benar-benar hampa rasanya acara televise di saat bulan Ramadhan tanpa acara ini. Ringan, sarat dengan nilai-nilai religi, dan menghibur. Tiga kata yang pantas disandangkan dalam sinetron ini.

Sinetron Terbaik ke 3, Sahabat Pilihan (RCTI), Pemeran: – (maaf datanya tidak dapat).

Berkisah tentang dua sahabat Ading dan Dado. Mereka berdua adalah sahabat yang tiap harinya bekerja sebagai tukang loper Koran. Meski berbeda kelas dan usia, Ading dan Dado sangat akrab. Dalam keseharian mereka selalu saja dihadapkan dalam permasalahan remaja saat iu. Namun dengan persahabaan mereka akhirnya mereka dapat menyelesaikan masalah-masalah yang melanda.

Catatan Penulis dari Sinetron ini : Kalu diminta memilih antara “Sahabat Pilihan” atau “Kepompong”? saya akan memilih Sahabat Pilihan. Alasannya cukup simple, Sahabat Pilihan lebih dan sangat realistis.

Sinetron Terbaik ke 2, Si Doel Anak Sekolahan (RCTI dan Indosiar), Pemeran : Rano Karno, Almarhum Benyamin S, Aminah Cendrakasih, Mandra, Suti Karno, Cornelia Agatha, Maudy Koesnady, dan Basuki.

si-doelCeritanya adalah versi modern dari novel Si Doel Anak Betawi karya Aman Datuk Majoindo dan film berjudul sama yang disutradarai Sjumandjaja di tahun 1972. Dalam versi film, Rano Karno juga berperan sebagai si Doel dan Benyamin S memainkan Sabeni.
SDAS ketika pertama ditayangkan melejit menjadi salah satu acara paling terkenal dan mengalahkan popularitas produksi-produksi asing yang saat itu mendominasi televisi Indonesia.

Catatan Penulis dari Sinetron ini : Siapa yang tak kenal Si Doel. Sinetron ini hingga saat ini masih memegang rekor rating tertinggi di dunia per-sinetron-an Indonesia. Salah satu nilai plus dari Si Doel ini adalah pengangkatan salah satu budaya bangsa (budaya masyarakat Betawi) yang jarang sekali dimunculkan sinetron jaman sekarang. Mungkin sinetron jaman sekarang yang membuat bukan orang Indonesia, maka daripada itu budaya liar dan beringas lebih mereka tonjolkan.

The Best Sinetron Ever…….. Para Pencari Tuhan Jilid 1 & 2 (SCTV), Pemeran : Deddy Mizwar, TRIO BAJAJ, Zaskia Adia Mecca, Agus Kuncoro, Akri Patrio, dll.

080908.m.20684Para Pencari Tuhan bercerita tentang kehidupan seorang merbot (penjaga mushala) bernama Bang Jack (Deddy Mizwar) dan ketiga muridnya yang mantan narapidana yaitu Chelsea (Melki Bajaj), Barong (Aden Bajaj), dan Juki (Isa Bajaj). Setelah keluar dari penjara, Barong diusir dari komplotan curanmor lantaran sering menyanyi di pengadilan. Setali tiga uang, Juki yang mantan copet, ditolak mentah-mentah saat kembali ke rumah ibunya. Nasib Chelsea agak berbeda. Ketika akan mengajak rujuk kembali dengan mantan istrinya, Marni (Anggia Jelita). Ternyata sang istri sudah menikah dengan Sumarno, polisi yang menjebloskannya ke penjara.

Akhirnya mereka bertiga secara tak sengaja bertemu dan luntang lantung menyusuri Jakarta yang tak lagi ramah. Seharian mereka menjumpai warung tutup. Hati mereka makin sakit, merasa dunia sudah benar-benar menutup diri bagi mereka. Mereka baru tersadar saat ada yang memberitahu bahwa hari ini adalah hari pertama bulan puasa, sehingga tak ada orang makan di warung.

Ketiganya kemudian terdampar di sebuah mushala bernama At-Taufiq. Di sana ada Bang Jack, penjaga mushala yang fanatik dengan bedug. Dia tak mau adzan jika belum menabuh bedug. Mantan tukang jagal ini akhirnya tak hanya menerima ketiga narapidana tersebut tapi sekaligus sudi membimbing mereka ke jalan yang benar. Sebenarnya ilmu agama Bang Jack sendiri pas-pasan sehingga dalam penerapan agama sering keliru. Untunglah ada Aya (Zaskia Adya Mecca) yang membantunya. Gadis cantik penjual kolak dan pengelola perpustakaan gratis ini paham soal agama. Aya adalah adik ipar Ustad Ferry (Akri Patrio), sang ketua pengurus mushala, yang pamornya tengah menanjak setelah menjadi komentator di sebuah televisi. Belakangan pupolaritasnya tersaingi oleh istrinya sendiri, Haifa (Annisa Suci Wulandari).

Dalam sinetron ini juga ditampilkan hubungan yang unik antara Bang Udin (Udin Nganga), seorang hansip, dan sahabatnya Asrul (Asrul), seorang pria beristri satu beranak empat, dengan Pak Jalal (Jarwo Kuat). Bang Udin dan Asrul sering merasa kesal dengan Pak Jalal yang merupakan orang paling kaya di kampungnya. Sekesal apapun mereka tetap mendatangi Pak Jalal untuk diberikan pekerjaan pada saat mereka kekurangan uang untuk biaya hidup. Selain itu, sinetron ini juga diwarnai dengan kisah cinta Aya dengan Azzam (Agus Kuncoro), teman masa kecil Aya, yang berliku-liku. Walau lamarannya sudah tiga kali ditolak, Azzam tetap pantang menyerah mengejar cinta Aya.

Mengapa saya menganggap sinetron ini adalah sinetron terbaik : Dalam sinetron ini lagi-lagi saya dibuat berdecak kagum dengan kelihaian Bang Deddy Mizwar dalam memotret persoalan sosial di kalangan bawah. Kritik-kritik sosial yang dilontarkan juga mengena dan up to date. Selain itu humor-humor yang mereka pakai tidak terkesan murahan bahkan malah sangat cerdas dan sarat pesan yang membangun.

Hal lainnya dari PPT yang mungkin tidak dimiliki oleh sinetron lain adalah soal kekayaan ceritanya. Hampir semua karakter dalam sinetron ini tidak ada satupun yang terbuang percuma. Mulai dari hansip, tukang sayur, orang miskin desa, pak rt, pak rw, sampai penggemar karambol semua diberi porsi cerita. Dan hebatnya porsi cerita dari peran pembantu tadi tidak sampai merusak inti cerita utama, justru semakin memperkaya dan melengkapi.

Dan yang jelas….. saya tetap berharap dapat melihat season 3-nya pada bulan Ramadhan nanti.

About these ads
  1. Juni 16, 2009 pukul 4:56 pm | #1

    mmm… yaaa, good2

  2. fani
    Juni 18, 2009 pukul 3:22 am | #2

    emank si…

  3. Juni 18, 2009 pukul 3:59 am | #3

    Wow…!!!
    Setuju…!!!
    terutama PPT emang keren abiss… yup, kita tunggu aja kelanjutannya….!!!

  4. aquatron
    Juni 18, 2009 pukul 4:47 am | #4

    nice bRo…
    gw setuju semuanya sama penilaian dirimu…………

  5. Iya
    Juni 18, 2009 pukul 5:02 am | #5

    S7 tuh, palagi yang Sahabat pilihan
    semuax keren

  6. thetawvic
    Juni 18, 2009 pukul 5:25 am | #6

    gw pengen banget nonton keluarga cemara sama Jomblo…tuh
    RCTI Plis putar lagie

  7. Juni 18, 2009 pukul 5:39 am | #7

    saya setujunya Si Doel nomer 1 tuh
    hehehe

    blogwalking aja ahh

  8. danang
    Juni 18, 2009 pukul 6:18 am | #8

    seharusnya sinetron2 lain berkaca pada sinetron PPT, mau diulang tiap taun gw yakin g akan bosan nontonnya

    • Astri Dewi
      Juni 18, 2009 pukul 4:40 pm | #9

      semoga kualitas sinetron kita bisa lebih bagus ya, pak.

      saya benci banget dengan sinetron yang menjual mimpi dan kebanyakan produsernya orang India : Soraya Group, Punjabi Group,

      dan yang lebih parah lagi sinetron yang menjiplak karya negara lain — ini sangat memalukan — seakan-akan Indonesia tuh tukang jiplak. Padahal, banyak koq yang karya asli negeri sendiri dan berkualitas, ya seperti yang disebutkan alformer259 di atas.

      yuk, mulai sekarang kita usahakan lebih mencintai produk sendiri, jangan malah mengagung-agungkan drama Korea. Saya senang rating Drama Korea dan Mega Bollywood ga bagus-bagus amat. Ini berarti kita semakin cinta produk negeri sendiri.

      Saya juga senang mata anak-anak terbuka kalau bukan hanya Indonesia yang tukang jiplak karya negara lain. Ternyata Korea, India, Filipina dll juga suka menjiplak atau istilah mereka : mengadaptasi.

      Tapi, untuk bulan ini kayaknya belum ada sinetron Indonesia yang berkualitas bagus, ya ga?

      Ayo donk, semuanya insan perfilman Indonesia bikin sinetron yang berkualitas. Kita tunggu ya! Semangat :-D

  9. Juni 18, 2009 pukul 7:22 am | #10

    kenapa ga masukin TERSANJUNG sekalian??
    kan fenomenal tuh

    • Astri Dewi
      Juni 18, 2009 pukul 4:32 pm | #11

      Tersanjung memang fenomenal, tapi Tersanjung bukan sinetron terbaik, melainkan sinetron terburuk dan terpanjang durasi episodenya sepanjang masa.

      Saya setuju sekali dengan 10 sinetron terbaik versi alformer259

  10. afash
    Juni 18, 2009 pukul 7:32 am | #12

    setuju banget, dari urutan 10 sampai satu !!!!

  11. juju
    Juni 18, 2009 pukul 10:08 am | #13

    urutan ke 1 sampai 3 setuju brooo..
    mantapp..

  12. Juni 18, 2009 pukul 10:14 am | #14

    Pokoknya semua sinetron gw gak suka :)

  13. Juni 18, 2009 pukul 10:19 am | #15

    heuhmm heuhmm…

    kalo menurut gw, yang no 10 itu diganti jadi no 9 ato 8 ajah, (penggemar film JOMBLO soalnyah :D)

    hehehe… mantaf bro…

    asal jangan masukin sinetron inayah, apalagi yang baru mo tayang, MANOHARA…

    cuih… ogah gw nontonnyah :((

    • Astri Dewi
      Juni 18, 2009 pukul 4:44 pm | #16

      Jangan nonton sinetron Manohara.

      Kenapa sih sekarang tuh tren sinetronnya Malay-Malay-an. Dimulai Melati Untuk Marvel, disusul kemudian : Tangisan Issabela dan Manohara

  14. adi
    Juni 18, 2009 pukul 10:20 am | #17

    Betul, saya setuju kalau ppt nomor satu. Salut buat bang deddy

  15. Juni 18, 2009 pukul 11:48 am | #18

    Setuju,
    Jadi pengen nonton sinetron2 kyk gtu lg,

  16. woelandary
    Juni 18, 2009 pukul 4:04 pm | #19

    Wah kyknya penulisnya dah ckp kompeten dlm menilai dgn bhs yg relatif mudah dicerna. Aq s7 dgn smua sinetron itu. JRK, KLUARGA CEMARA, SAR, si DOEL tak trlupakan n PPT is the best.

  17. Astri Dewi
    Juni 18, 2009 pukul 4:48 pm | #20

    alformer 259 wrote: Mungkin sinetron jaman sekarang yang membuat bukan orang Indonesia, maka daripada itu budaya liar dan beringas lebih mereka tonjolkan.

    emang, sinetron liar yang suka nunjukin adegan tampar-tamparan dan bikin orang panas itu yang bikin memang bukan Indonesia Asli, melainkan India : Manoj Punjabi, Sunil Soraya, dkk.

  18. 848
    Juni 18, 2009 pukul 6:12 pm | #21

    selain SDAS nggak pernah nonton sinetron lokal sama sekali (sinetron asing juga ngggak) ….

  19. Juni 18, 2009 pukul 11:03 pm | #22

    Para pencari tuhan memang yahuddd…
    Banyak banget pelajaran yang bisa diambil n’ ceritanya kocak PULA!!! :lol:

    Kedai

  20. Juni 18, 2009 pukul 11:04 pm | #23

    nah tu dia sinetron berkualitas…

  21. handokoaji
    Juni 19, 2009 pukul 4:07 am | #24

    yah, segalanya tidak instan perlu perbaikan secara bertahap, selamat deh buat yang terpiih terus ditingkatkan kreatifitasnya khususnya tema-tema film untuk kemajuan bangsa just bukan hanya sekadar hiburan semata.
    yang mangajak mandiri, optimisme, kebangsaan dll

  22. Vian
    Juni 19, 2009 pukul 7:58 am | #25

    keren…keren…
    jendela rumah kita mantab…

  23. gratisdownloadupdate.wordpress.com
    Juni 19, 2009 pukul 8:02 am | #26

    penilaian yang cukup bijak…

    :::Gratis Download Multimedia Sepuasnya:::

  24. Eka Nugraha
    Juni 19, 2009 pukul 1:19 pm | #27

    kalo tentang ppt saya berharap cukup sampe season 2 aja. soalnya berkaca sama pengalaman deddy mizwar di kiamat sudah dekat 3, ceritanya sudah tidak semenarik season 1 dan 2. 2 season ppt sudah bagus banget kok. saya puas sekali :)

  25. elexyoben
    Juni 19, 2009 pukul 2:03 pm | #28

    kutipan : “ Mungkin sinetron jaman sekarang yang membuat bukan orang Indonesia” = kalo itu sih bukan mungkin lagi, tapi memang iya demikian adanya.

    Btw, Jika saya mendapat tugas mengurutkannya (ikutan subyektif ah), saya akan memposisikan urutan kedua sebagai urutan satu. Itu karena urutan kedua tersebut jauh dari “pengguruan”. Pesan yang disampaikan begitu cair mengalir.

    FREEDOWNLOAD YANG BEJAD-BEJAD DISINI

  26. Zoe
    Juni 19, 2009 pukul 2:30 pm | #29

    nyang paling aye demen nih
    si doel ama sinentron dedy mizwar punya
    mantep dah

  27. Juni 19, 2009 pukul 4:05 pm | #30

    si doel anak sekolahan yang keberapa?
    mulai yang ke3 menurut saya sudah nggak asik lagi. kesannya jadi keliatan “mumpung lagi ngetop”.

    kepompong kok bisa masuk? hahaha, kayaknya memang bener2 subyektif, deh. tapi gpp, terusin aja. toh ini blognya sampeyan, walopun kalo buat saya kepompong itu nggak ada apa2nya; masih menjual mimpi.

    dan, apapun yang dibuat berseason2 dengan formula yang sama, buat saya justru bakal menghilangkan kesan eksklusifitas dari karya itu sendiri. maka, kalo saya, cukupkan PPT sampai jilid 2 saja. bikin cerita yang lain.

  28. Juni 19, 2009 pukul 7:15 pm | #31

    salut… tau sinetron yg jadul sampe yg sekarang
    nice review, sy si nonton sinetron cuma sepotong :lol:
    salam kenal

    ZonS

    .

  29. Astri Dewi
    Juni 20, 2009 pukul 5:11 am | #32

    saran buat alformer, tambahin 2 lagi lah sinetron terbaiknya. Masa cuma 10, kalau bisa 12 ya seperti lomba-lomba di TV itu lho… ada 12 kontestan.

    Coba, inget-inget, 2 lagi apa tuh?

  30. Juni 20, 2009 pukul 12:11 pm | #33

    gw udah lama gk nonton sinetron nich..,jadi gk tau pasti c…

    tapi sepertinya benar smua …

  31. Treante
    Juni 20, 2009 pukul 10:34 pm | #34

    keluarga cemara dam loroing waktu ini dulu fave saia :P

  32. Juni 21, 2009 pukul 12:00 am | #35

    yah…kebanyakan film jadul yah.. emg ad dikit benernya sih. sinetron2 jmn skrg trutama RCTI cm bkn org muntah2..

  33. Juni 21, 2009 pukul 4:48 pm | #36

    Info yang menarik, makasih ya… :)

  34. Nadhzz
    Juli 4, 2009 pukul 6:35 am | #37

    Aug Ah ama Sinetron inDonesia……~_~

    PPT kDgrn nA asyik Tuch…..

    Lom p’nH NOnton sii……

  35. Juli 11, 2009 pukul 8:01 am | #38

    Emm,mnurut gue tuh pnilainny sprt ini :
    1.Kepompong : nilai 8.9
    2.Keluarg cmara : nilai 8.0
    3.Jomblo the series : nilai 7.7
    4.Doel : nilai 7.4
    5.Srana angkutn rkyt : nilai 7.1
    6.Lorong wktu : nilai 7.0
    7.Pr pncr than : nilai 6.9
    8.Jndela rmh kita : nilai 6.4
    9.Shabt pilihan : nilai 6.2
    10.Jgn ad dusta : nilai 5.9
    y itu deh urtnny mnurut gue ! ! !

  36. Ricky
    Agustus 9, 2009 pukul 6:57 pm | #39

    Menurutku selama sejarah pesinetronan di Indonesia, hanya ada 3 judul sinetron drama seri yg terbaik dan berkualitas yang pernah saya tonton:
    1. Buku Harian (SCTV-1991-1994) produksi Asabelina Film
    2. Aku Mau Hidup (SCTV-1994) produksi Nindya Cipta Karya Pratama
    3. Bunda (RCTI-2005) produksi Sinemart.
    Sedangkan Grade aktris dengan kualitas akting terbaik adalah:
    1. Meriam Bellina : 9,8
    2. Christine Hakim : 9,7
    3. Ayu Azhari : 9,4
    4. Nurul Arifin : 9,4
    5. Inneke Koseherawati : 9,3
    Sukses Buat Meriam Bellina yang memadukan segi Mutu dan Komersil. jarang ada aktris Indonesia yg mempunyai gabungan Mutu dan Komersil. ada aktris yg aktingnya bagus tp kurang menjual, ada aktris yg laris manis tp aktingnya monoton (kenyakan protagonis). skali lagi sukses terus dan terus berkarya. Mer satu2ny a aktris yg eksis terus tanpa rehat (paling rehat wkt hamil aja) .

    • Alfan F
      Agustus 16, 2009 pukul 8:26 am | #40

      terima kasih atas share infonya. Nanti coba saya update

  37. ricky
    Agustus 25, 2009 pukul 2:17 pm | #41

    Just info aja, di FFI 84, nominasi aktris pemeran utama terbaik adalah
    Christine Hakim (Ponirah Terpidana)
    Lydia Kandau (Untukmu Kuserahkan Segalanya)
    Yenny Rahman
    Soraya Perucha (Yang)
    Meriam Bellina (Cinta Dibalik Noda)
    Kali ini Boby Sandy berhasil memoles Meriam Bellina menjadi org kota yang pecandu narkoba, keren bgt, sehingga Juri memilih Meriam Bellina sebagai Pemenang Piala Citra Pemeran Utama terbaik mengalahkan nomine yang lain.

  38. eka
    September 10, 2009 pukul 1:35 am | #42

    aku pengen tau donk PPT yang jilid 3 episode 1-ahir…………………

  39. em
    November 16, 2009 pukul 2:32 pm | #43

    mas mau cari film sinetron saur sepuh ada ga mas….kalo ga salah tahun 1993-1994 yang di bintangi george rudy …di posting ya mas ya ….

  40. November 19, 2009 pukul 1:37 am | #44

    keren abizzzz apalagi sinetronnya si doel anak betawi&keluarga cemara…… tlg donks adain lge si doel nak betawi!!!

  41. iwan
    November 23, 2009 pukul 5:03 am | #45

    setuju banget….the best….Para Pencari Tuhan jilid 1, 2 dan 3……

  42. citra
    Januari 24, 2010 pukul 6:14 pm | #46

    kok nggak nyantumin Dunia Tanpa Koma (DTK) sih?
    menurut saya itu sinetron terbaik setelah Si Doel Anak Sekolahan dengan cerita yang
    nggak stereotype, pemain2nya juga berkualitas, dan yang paling penting nggak berlarut2 dan nggak kepanjangan episodenya.

  43. April 8, 2010 pukul 1:40 am | #47

    aku suka posting ini, hehehehe

  44. dewa
    April 22, 2010 pukul 3:25 am | #48

    PARA PENCARI TUHAN MEMANG THE BEST lah pokoknya, sinetron ini bisa membuat tertawa dengan kisah komedinya, menangis dengan kisah yang terkandung di dalamnya , bahkan sangat menyentuh banget isi ceritanya, padat dan berisi, banyak hikmah yang dapat di petik, pokoknya mantep deh, ditunggu PPT JILID 4 nya, buat pak RW maju terus…

  45. Dewa
    April 24, 2010 pukul 9:16 am | #49

    Para Pencari Tuhan jilid 4 saya tunggu kelanjutannya, saya salut dengan kisah yang terkandung di dalamnya penuh pesan moral, saya paling terkesan dengan kisah cinta antara Azzam dan Aya yang sangat menarik,kadang lucu tapi menyentuh, romantis namun tidak berlebihan masih sesuai dengan syariah, tidak sperti kisah2 percintaan dalam sinetron lain yang sok kebarat-baratan, peluk cium seakan jadi hal biasa tidak mempedulikan dampak moral yang ditimbulkan…

  46. firdaus
    Maret 1, 2011 pukul 7:17 pm | #50

    masih ingat ga sinetron yang bikin bosen?_tersanjung_dari tersanjung 1 sampai tersanjung berapa gitu_ya pokonya aku masih sd sampai smp masih ada_sampai-sampai ibu-ibu pada ngomel dibuatnya_hehehe

  47. Regina L
    Juli 4, 2011 pukul 1:41 pm | #51

    Sinetron AKu Ingin Pulangnya Cornelia Agatha sama Krisna Mukti juga keren! Terus Pelangi di Matamu (gue lupa bener itu judulnya?) yang tentang Dokter2 Koas, terus Si Cecep (Wah Cantiknya satu), sama Tersanjung sebelum jadi ga keruan

  48. Juli 14, 2011 pukul 9:59 am | #52

    saya paling suka dengan Lorong Waktu, ceritanya mendidik dan humornya bisa bikin ketawa cekikikan.
    apalagi pas Christy Jusung pas jadi Sabrina. Waw! senyumnya itu loh, gak nahan. *blush*

    oya, seingat saya Ading dan Dado Sahabat Pilihan itu bukannya bersaudara ya? kan tinggal 1 rumah.

  49. Juni 5, 2012 pukul 3:06 am | #53

    kalo menurut saya, bunda harusnya masuk. permainan emosi dina olivia sama meriam belina dapet banget… heheh

  50. Januari 23, 2013 pukul 9:33 pm | #54

    Hi this is kind of of off topic but I was wanting to know if blogs use WYSIWYG editors or
    if you have to manually code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding knowledge so I wanted to get guidance from someone with experience. Any help would be enormously appreciated!

  51. Januari 29, 2013 pukul 10:24 pm | #55

    It’s amazing to go to see this web page and reading the views of all friends regarding this paragraph, while I am also zealous of getting familiarity.

  52. Februari 21, 2013 pukul 4:09 pm | #56

    reques donk…
    kartun terbaik….
    ultramen terbaik…
    power ranger terbaik…

    wkwkwkwk…

  53. fikri
    Maret 20, 2013 pukul 5:52 pm | #57

    emang yang 10 itulah yang mantap, terutama dedy mizwar,jendela RK,sidul. sekarang saya ga pernah nonton sinetron lagi,soalnya sereeem,dialognya sangar,antar anak brantem mulu, ngasih contoh yg ga baik, pussing sinetron pasaran, ga kreatif.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.681 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: