Beranda > Alfan Corner Top10, gaya hidup, olahraga, sekitar kita > 10 Olahraga Paling Populer di Indonesia (Versi Alfan Corner)

10 Olahraga Paling Populer di Indonesia (Versi Alfan Corner)

Olahraga bisa dikatakan menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat Indonesia kesehariannya. Selain untuk menyehatkan tubuh, olahraga juga banyak manfaat dan fungsi lain. Diantaranya adalah sebagai penghilang stress, sumber penghasilan, sebagai penunjuk strata sosial, sebagai propaganda, dll.

Lalu apa saja olahraga paling popular di Indonesia? Pertanyaan yang menarik. Karena sebenarnya Negara kita bukanlah Negara yang memiliki tradisi prestasi olahraga yang kuat. Coba bandingkan dengan Amerika, China, atau Rusia. Peringkat perolehan medali kita selalu berada jauh dibawah mereka saat olimpiade. Namun hal itu bukanlah halangan bagi masyarakat Indonesia unuk terus menggemari Olahraga.

Berikut ini daftar 10 olahraga paling populer di Indonesia. Sepeti biasa, saya akan membahasnya dari yang paling buncit terlebih dahulu.

Peringkat 10, Tenis

2855

Tenis adalah sebuah permainan olahraga yang menggunakan raket dan bola dan dimainkan di sebuah lapangan yang dibagi menjadi dua oleh sebuah jaring.

Peringkat 9, Voli

161214

Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain.

Peringkat 8,  Silat

silat.Par.0001.Fullsize.gif

Pencak Silat atau Silat (berkelahi dengan menggunakan teknik pertahanan diri) ialah seni bela diri Asia yang berakar dari budaya Melayu. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura tapi bisa pula ditemukan dalam berbagai variasi di berbagai negara sesuai dengan penyebaran suku Melayu, seperti di Filipina Selatan dan Thailand Selatan. Berkat peranan para pelatih asal Indonesia, saat ini Vietnam juga telah memiliki pesilat-pesilat yang tangguh.

Peringkat 7, Tinju

Japan Boxing John Takemoto

Tinju adalah olahraga dan seni bela diri di mana dua orang partisipan dengan berat yang serupa bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka dalam rangkaian pertandingan berinterval satu atau tiga menit yang disebut “ronde”. Baik dalam Olimpiade ataupun olahraga profesional, kedua petarung (disebut petinju) menghindari pukulan lawan mereka sambil berupaya mendaratkan pukulan mereka sendiri ke lawannya.

Nilai diberikan untuk pukulan yang bersih dan mantap ke bagian depan pinggang ke atas yang sah dari lawan, dengan pukulan ke kepala dan dada mendapat nilai lebih. Petinju dengan nilai yang lebih tinggi setelah sejumlah ronde yang direncanakan akan dinyatakan sebagai pemenang. Kemenangan juga dapat dicapai jika lawan dipukul jatuh dan tidak dapat bangkit sampai hitungan kesepuluh dari wasit (suatu Knockout, atau KO) atau jika lawan dinyatakan tidak mampu melanjutkan pertandingan (suatu Technical Knockout, atau TKO). Untuk keperluan rekor pertandingan, TKO dihitung sebagai KO.

Peringkat 6, Catur

P8090286

Catur adalah permainan mental yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.

Peringkat 5, Futsal

futsal-1

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Futsal turut juga dikenali dengan berbagai nama lain. Istilah “futsal” adalah istilah internasionalnya, berasal dari kata Spanyol atau Portugis, football dan sala.

Peringkat 4, Renang

renang3

Berenang adalah gerakan yang dilakukan oleh manusia atau hewan sewaktu bergerak di air, dan biasanya tanpa perlengkapan buatan. Berenang bisa menjadi kegiatan rekreasi dan olahraga. Makhluk hidup berenang antara lain untuk keperluan mandi, mendinginkan suhu tubuh, sewaktu mencari ikan, atau bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air.

Hampir semua mamalia memiliki naluri alamiah untuk bisa berenang, termasuk di antaranya kelelawar, kanguru, tikus mondok, dan kungkang. Manusia tidak memiliki tubuh ideal untuk hidup di air, sehingga perlu dilatih sebelum bisa berenang. Sebagian besar monyet bisa berenang secara alami, termasuk bekantan, monyet pemakan kepiting, dan monyet rhesus.

Hewan yang kemungkinan tidak bisa berenang adalah jerapah, dan landak. Unggas darat bisa berenang atau mengambang untuk beberapa lama. Burung unta, kasuari, dan kura-kura bisa berenang.

Berenang untuk keperluan rekreasi dan kompetisi dilakukan orang di kolam renang. Manusia juga berenang di sungai, di danau, dan di laut sebagai bentuk rekreasi. Olahraga renang membuat tubuh sehat karena hampir semua otot tubuh dipakai sewaktu berenang.

Peringkat 3, Basket

grab.php

Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar, sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut.

Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, antara lain di Amerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania, dan juga di Indonesia.

Peringkat 2, Bulu Tangkis

Olympics+Day+3+Badminton+XDWORY2zaV0l

Bulutangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.

Mirip dengan tenis, bulutangkis bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock”) melewati net agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Peringkat 1, Sepak Bola

bambang-pamungkas

Sepak bola adalah salah satu olahraga yang sangat populer di dunia. Dalam pertandingan, olahraga ini dimainkan oleh dua kelompok berlawanan yang masing-masing berjuang untuk memasukkan bola ke gawang kelompok lawan. Masing-masing kelompok beranggotakan sebelas pemain, dan karenanya kelompok tersebut juga dinamakan kesebelasan.

Itu lah 10 olahraga paling popular di Indonesia. Kalu anda, mana olahraga yang anda pilih?

  1. Susmulyadi
    Juli 19, 2009 pukul 9:17 am

    Hobi saya cabang olah raga yang no 9 inipun olah raga yang mudah dipelajari sehingga sangat memasyarakat juga murah meriah dan seru, yang masih senang main yo kita main, buat refresing dan menghilangkan stres juga mudah-mudahan dapat kesegaran jasmani yang sangat penting. Khususnya para pelajar di DKI ayo tingkatkan terus prestasi bola vili nya jangan kalah sama pelajar diluar daerah, tahun ini di o2sn putri juara 3 lumayan eh putranya belum dapat berbicara apa-apa, malu dong , saya mendukung terus kalian jangan cepat puas belajar sebelum meraih juara nasional ok,salam olah raga untk semua pengemar.

  2. Susmulyadi
    Juli 19, 2009 pukul 9:23 am

    Hobi saya cabang olah raga yang no 9 inipun olah raga yang mudah dipelajari sehingga sangat memasyarakat juga murah meriah dan seru, yang masih senang main yo kita main, buat refresing dan menghilangkan stres juga mudah-mudahan dapat kesegaran jasmani yang sangat penting. Khususnya para pelajar di DKI ayo tingkatkan terus prestasi bola vili nya jangan kalah sama pelajar diluar daerah, tahun ini di o2sn putri juara 3 lumayan eh putranya belum dapat berbicara apa-apa, malu dong , saya mendukung terus kalian jangan cepat puas belajar sebelum meraih juara nasional ok,salam olah raga untuk semua penggemar.

    • Alfan F
      November 20, 2009 pukul 4:05 am

      kalo ane kurang bisa voli gan. Tapi dulu pas SMA termasuk suka juga sih… BTW thx untuk komennya

  3. Desember 2, 2009 pukul 9:30 am

    kalau aku suka 2 cabang olahraga renag and bulutangkis aku suka 2 cabang olahraga karna aku terpilih jadi perwakilan sekolah !!!!!!!!!!!!!!!!by nurhayati

  4. JUNTAO
    Desember 6, 2009 pukul 12:30 pm

    I sih jelas maniac bola volley, kalo lo-lo pade tau. bola voli itu paling asik sebab bola selalu diatas bayangkan aja anak kecil maen balon pasti dia suka di pukul-pukul ke atas itulah gambaran bola voli, tapi kalo malas berlatih memang susah. jadi kalo sudah pandai itu rasanya tangan kegatalan pengin tuh terus nepak bola. cobain dehhh hehehe…….dari juntao

  5. aku
    Desember 14, 2009 pukul 3:28 am

    kang. . . .
    temen saya gara2 baca artikel ini jadi marah lho

  6. aku
    Desember 14, 2009 pukul 3:30 am

    soalnya olahraga

    aku :
    kang. . . .
    temen saya gara2 baca artikel ini jadi marah lho

    soalnya olahraga fvritnya ga terdaftar

  7. aku ganiz
    Desember 14, 2009 pukul 3:33 am

    wah. . . sayang sekali, , ,olahraga fovorit saya gag ada. . .😦

    • Alfan F
      Desember 15, 2009 pukul 6:07 am

      emang olahraganya apa kang???

  8. markisa
    Desember 30, 2009 pukul 4:12 am

    Pak, kalau bisa ditambahkan sekalian alasan penomoran olah-raga tersebut di atas supaya yang baca bisa lebih ‘ngeh’. Kalau cuma deskripsi olah-raga saja, saya rasa masih ada informasi yang kurang sehubungan dengan pemberian peringkatnya. Terima-kasih.

  9. andi fanzir
    Mei 12, 2010 pukul 3:08 am

    sepak bola paling populer ko” belum bisa menghasilkan prestasi

  10. Mei 29, 2010 pukul 12:22 am

    Hobi saya tinju bro…
    Sy adalah penyuka olahraga keras jd sy jg suka Silat.
    Dl jg pernah bljr Silat,Karate, n Tinju jg. Tp yg plg sy suka te2p tinju

  11. rendra
    Desember 23, 2010 pukul 4:18 am

    kalau hobi saya nomor 1,2,dan 6.

  12. sepak takraw mania
    Januari 21, 2011 pukul 8:02 am

    seharusnya olahraga sepak takraw masuk ke dalam 10 besar dan bahkan bisa menjadi peringkat kedua.sepak takraw adalah olahraga seni yang memamerkan gerakan-gerakan indah dengan kelincahan dan kelenturan pemain.seperti smash lipat atau salto dan service menggunakan punggung kaki atau kaki bagian dalam dengan kaki yang melonjang melewati kepala.coba anda bayangkan jika anda harus melakukan smash salto sepanjang permainan bukankah i2 hal yang menarik untuk disaksikan.memang olahraga sepak takraw belum terlalu terkenal didunia dan hanya orang2 asia yang banyak memainkannya,tetepi olahraga ini semakin berkembang kepelosok-pelosok dunia.bahkan,sekarang amerika akan mulai mengadakan liga sepak takraw.bagi yang hanya sekedar tau olahraga ini dan mungkin jarang menonton pemain nasional bertanding,mungkin anda bisa menonton di youtube atau di situs2 tertentu seperti USA takraw.
    salam…
    takraw mania

  13. phay intermezzo
    Januari 21, 2011 pukul 8:24 am

    Pendahuluan
    Permainan Sepak Takraw sampai sekarang ini masih merupakan salah satu cabang olahraga yang belum memasyarakat, belum menjadi kegemaran masyarakat dari semua lapisan. Permainan Sepak Takraw baru merambah kepada masyarakat lapisan menengah ke bawah. Hal ini disebabkan permainan ini sulit dilakukan, berisiko cidera atau sakit lebih besar, dan masih ada kelompok masyarakat yang menganggap permainan Sepak Takraw sebagai olahraga yang kasar. Namun demikian perkembangan permainan Sepak Takraw terjadi sangat pesat sekali. Hal ini dapat dilihat mulai tahun 1983, seluruh daerah di Indonesia sudah memiliki Pengurus daerah (Pengda) atau sekarang bernama Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI).
    Permainan Sepak Takraw secara internasional telah membentuk induk organisasi tingkat asia sejak 1982, yang perkembangannya secara internasional sekarang ini sangat hebat. Tidak hanya negara-negara Asia Tenggara yang mengembangkan olahraga ini, tapi hampir seluruh bangsa di dunia ini mengembangkan permainan Sepak Takraw, seperti Amerika, Australia, dan sebagainya.
    Untuk mengetahui lebih lanjut perkembangan permainan Sepak Takraw pada bab ini akan dijelaskan bagaimana olahraga ini berkembang, baik dari bentuk permainannya sendiri sampai pada aturan-aturan, teknik-teknik bermain, dan sebagainya.

    Bentuk Permainan Sepak Takraw
    Sepak Takraw adalah suatu permainan yang menggunakan bola yang terbuat dari rotan (takraw), dimainkan di atas lapangan yang datar berukuran panjang 13,40 m dan lebar 6,10 m. Ditengah-tengah dibatasi oleh jaring/net seperti permainan Bulutangkis. Pemainnya terdiri dari dua pihak yang berhadapan, masing-masing terdiri dari 3 (tiga) orang. Dalam permainan ini yang dipergunakan terutama kaki dan semua anggota badan kecuali tangan. Tujuan dari setiap pihak adalah mengembalikan bola sedemikian rupa sehingga dapat jatuh di lapangan lawan atau menyebabkan lawan membuat pelanggaran atau bermain salah. Definisi permainan Sepak Takraw sebagaimana tersebut di atas adalah Sepak Takraw Kompetisi. Sepak Takraw Kompetisi ini dipertandingkan dalam 3 nomor, yaitu : Tim, Regu dan Double-event (ketiga nomor ini akan dijelaskan pada bab selanjutnya. Pada tahun 2002 dikembangkan nomor Sepak Takraw baru yang disebut Sepak Takraw Lingkaran (Circle-game), yaitu sepak takraw yang dimainkan di lapangan berbentuk lingkaran, masing-masing regu terdiri dari 5 orang pemain, regu tersebut memainkan bola dengan cara mengoper ke teman secara berhadapan dengan nomor yang saling berurutan, dengan operan sesuai tingkat kesulitannya (tingkat kesulitan tinggi nilai 3, tingkat kesulitran rendah nilai 1. Permainan ini di batasi oleh waktu selama 10 menit untuk masing-masing babak. Regu yang memenangkan perlombaan adalah regu yang paling banyak mengumpulkan nilai selama waktu 10 menit tersebut. Pada tahun 2006 Sepak Takraw Lingkaran digantikan dengan nomor baru yaitu : Hoop-Takraw, bentuk permainan nomor ini hampir sama dengan sepak takraw Lingkaran (circle-game), tetapi pemain yang 5 orang tersebut harus memasukkan bola ke atas “Ring berdiameter 1 meter (bulatan besi) yang dipasang dengan tali setinggi 4,50 meter untuk puetri dan 4,75 meter untuk putera di tengah bulatan pemain. Pemain berusaha memasukkan bola ke ring sebanyak-banyaknya dengan pukulan yang telah ditentukan dalam waktu 30 menit (bentuk permainan nomor ini akan dijelaskan lebih lanjut pada bab berikutnya.
    Ada nomor Sepak Takraw kompetisi yang baru diperkenalkan mulai tahun 2005 yang dikenal dengan nama “Double-event”, nomor ini dimainkan oleh 2 orang dalam satu regunya. Aturan permainannya sama dengan Sepak Takraw kompetisi, hanya pemain yang servis tidak dari daerah circle (tempat tekong biasa servis), tetapi dari garis belakang (base-line) dengan bola dilambungkan sendiri dan disepak melewati net. Nomor double-event ini akan dibahas lebih lanjut pada bab V halaman 56. .
    Permainan Sepak Takraw kompetisi dasarnya adalah dari permainan Sepak Raga yang dimodifikasi untuk menjadi suatu bentuk permainan yang dipertandingkan. Sedangkan permainan Sepak Takraw lingkaran (Circle-game) adalah kembali kepada bentuk sepak raga yang awalnya muncul secara tradisional yang diperlombakan. Seperti kita ketahui permainan Sepak raga merupakan olahraga tradisional , yaitu suatu permainan rakyat sejak dulu yang terdapat dan populer di beberapa daerah di Indonesia dan Semenanjung Malaka mulai dari Myanmar sampai perbatasan Singapura. Permainan ini sangat digemari masyarakat bahkan di Malaysia termasuk olahraga wajib di sekolah. Permainan Sepak raga di Indonesia dan Malaysia, awalnya dimainkan oleh beberapa orang ( 6-9 orang) dalam suatu lingkaran yang disebut permainan Sepak raga bulatan.
    Pada tahun 1945 di Malaysia permainan Sepak raga bulatan kemudian dimodifikasi menjadi bentuk permainan yang dimainkan di atas lapangan empat persegi panjang dan di tengah-tengahnya dipasang jaring yang dikenal dengan nama : Sepak raga Jaring . Olahrtaga ini juga berkembang di laos, Thailand dan Singapura. Dalam musyawarah yang diadakan Federasi Sepak Takraw Asia (ASTAF) pada tahun 1965 di Malaysia disepakati nama Sepak raga Jaring diganti namanya menjadi permainan Sepak Takraw. Sepak berasal dari bahasa Malaysia yang artinya memukul dengan kaki (menendang) dan Takraw dari bahasa Thailand (Takraw = bola yang terbuat dari rotan).

    Gambar Lapangan Sepak Takraw

    # Panjang Lapangan: 13,42 meter.

    # Lebar Lapangan : 6,10 meter.

    # Garis Batas: adalah garis (lines) yang lebarnya+ 5 cm.

    # Lingkaran Tengah: Ditengah sebuah lapangan ada lingkaran yaitu tempat melakukan sepakan permulaan (service). dengan garis tengah lingkaran 61 cm.

    # Garis seperempat lingkaran:

    # Pada penjuru tengah kedua lapangan terdapat garis seperempat lingkaran tempat melambungkan bola kepada pemain yang melakukan sepakan permulaan (service) dengan jari-jari 90 cm.
    # Tiang:

    # Dua buah tiang sebagai tempat pengikat jaring, didirikan pada sebelah luar kedua garis samping kiri dan kanan dengan jarak 30,5 cm dari garis samping.

    # Tinggi tiang 1,55 meter untuk laki-laki dan 1.45 meter untuk perempuan.

    # Jaring (net):

    # Jaring dibuat dari bahan benang kasar, tali, atau dari nylon dengan ukuran lubang-lubangnya 4-5 cm. Lebar jaring 72 cm dan panjangnya tidak lebih dari 6,71 m. Pada pinggir atas, bawah dan samping dibuat pita selebar + 5 cm yang diperkuat dengan tali yang diikatkan pada kedua ring. Tinggi jaring 1,55 m dari tanah/lantai.

    Teknik-Teknik dalam sepak takraw

    Upaya untuk dapat bermain sepak takraw yang baik haruslah mengenal dan mampu menguasai ketrampilan yang baik tentang dasar bermain sepak takraw. Untuk itu atlet harus menguasai teknik-teknik dasar dalam permainan sepak takraw. Teknik dasar bermain sepak takraw menurut Ratinus Darwis :
    1. Sepak Sila
    Sepak sila adalah menyepak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam gunanya untuk menerima dan menimang bola, mengumpan dan menyelamatkan serangan lawan.
    2. Sepak Kuda (Sepak Kura)
    Sepak kuda atau sepak kura adalah sepakan dengan menggunakan kura kaki atau dengan punggung kaki. Digunakan untuk menyelamatkan bola dari serangan lawan, memainkan bola dengan usaha menyelamatkan bola dan mengambil bola yang rendah.
    3. Sepak Cungkil
    Sepak cungkil adalah menyepak bola dengan menggunakan kaki (jari kaki). Digunakan untuk mengambil bola yang jauh, rendah dan bola-bola yang liar pantulan dari bloking.
    4. Menapak
    Menapak adalah menyepak bola dengan menggunakan telapak kaki. Digunakan untuk : smash ke pihak lawan, menahan atau membloking smash dari pihak lawan dan menyelamatkan bola dekat net (jaring).
    5. Sepak Simpuh atau Sepak Badek
    Sepak badek adalah menyepak bola dengan kaki bagian luar atau samping luar. Digunakan untuk menyelamatkan bola dari pihak lawan dan mengontrol bola dalam usaha penyelamatan.

    6. Main Kepala (heading)
    Main Kepala (heading) adalah memainkan bola dengan kepala. Digunakan untuk menerima bola pertama dari pihak lawan, meyelamatkan bola dari serangan lawan.
    7. Mendada
    Mendada adalah memainkan bola dengan dada, digunakan untuk mengontrol bola untuk dapat dimainkan selanjutnya.
    8. Memaha
    Memaha adalah memainkan bola dengan paha dalam usaha mengontrol bola, digunakan untuk menahan, menerima dan menyelamatkan bola dari serangan lawan.
    9. Membahu
    Membahu adalah memainkan bola dengan bahu dalam usaha mempertahankan dari serangan pihak lawan yang mendadak, dimana pihak pertahanan dalam keadaan terdesak dan dalam posisi yang kurang baik.

  14. Oktober 7, 2011 pukul 2:32 am

    terima kasih atas informasinya

  15. bayu cahyo
    Desember 16, 2011 pukul 12:14 am

    kalau aku pilih badminton karena sangat menyenangkan

  16. November 5, 2012 pukul 2:47 pm

    wah kayaknya gk valid datanya PAK, MOHON DI cek lagi????

  17. adnan
    Desember 17, 2012 pukul 10:32 am

    seharus nya bulutangkis yang pertama, kan cabang bulutangkis yang paling sering mengharumkan indonesia di dunia, buktinya bulutangkis indonesia saat ini peringkat lima dunia! sedangkan bola +150,beda jauh tuh, seharus nya bulutangkis pertama, oke!

    • Alfan F
      Desember 17, 2012 pukul 10:41 am

      oke deh kakaaa’…… Sekarang yang mengharumkan malah Tinju loh. Jd mungkin bakal saya revisi tanpa disertai urutan

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: