Beranda > Film > Keganjilan Pada Film Transformers : Revenge Of The Fallen

Keganjilan Pada Film Transformers : Revenge Of The Fallen

4818_10920723922Film ini bisa jadi film paling fantastis tahun ini. Bayangkan robot-robot dalam film itu seakan benar-benar hidup. Dan boleh jadi animasi di film ini adalah animasi terbaik dan tanpa cacat hingga saat ini. Saking kerennya film ini,  sampai-sampai saya rela menganga sepanjang film ini diputar. Tak perduli berapa ludah yang menetes dan berapa nyamuk yang bersarang. Saya juga tidak malu-malu untuk mengekspresikan diri saat melihat adegan yang sensasional dengan berdiri, bertepuk tangan, dan berteriak “bravo-bravo” sebagai mana dilakukan oleh anak-anak SD di bangku deretan depan saya duduk.

Namun dibalik keluarbiasaan itu saya langsung sadar begitu film sudah selesai dan menyantap bihun goreng di warung tidak jauh dari bioskop. Kesadaran saya ini berkaitan dengan alur cerita yang kadang sulit untuk dicerna. Dan Transformers kedua ini seperti kurang nyambung dengan Transformers pertama tahun 2007 lalu. Selain itu banyak juga hal-hal lainnya yang semakin menambah kalau sebenarnya film ini kurang sempurna dari sisi konsistensi ceritanya.

Berikut ini daftar keganjilan-keganjilannya :

1. Soal Devastator

NVE00080Devastator di Transformers 2 ini adalah sebuah Robot raksasa yang merupakan gabungan dari para Constructicon. Constructicon sendiri terdiri dari Scavenger, Scrapper, Hightower, Longhaul, Rampage, Overload and Mixmaster. Tapi ingatkah kalau sebenarnya nama Devastator sudah dipakai dalam Transformers 1 sebagai nama Decepticon yang bentuk peralihannya adalah sebuah Tank. Sebenarnya kasus ini sudah sering diributkan beberapa waktu yang lalu. Dan akhirnya oleh kang Michael Bay, nama itu diralat. Dan si Decepticon berbentuk Tank tadi diberi nama Brawl. Dan nama itu mulai berlaku sejak DVD dan game Transformers dirilis.

2. Soal Barricade

300px-MovieBarricade_render1Perhatikan lagi film Transforems 1. Dari pihak Decepticon ada 3 robot yang selamat. Starsream, Scorponoc, dan Barricade. Nah untuk Barricade….. hei kemana dia? Dalam film pertama sepertinya Barricade terakhir muncul saat kejar-kejaran di jalan tol. Waktu itu Sam menyadari kalau dia sedang diikuti oleh Decepticon adalah karena dia kenal betul bentuk dari Barricade ini. Dan setelah kejar-kejaran itu, barricade seolah menghilang. Dalam pertempuran di kota sekalipun dia tidak muncul sama sekali.

Sebelum nama robot Transformers 2 di launching, saya sempat khusnudzon (berbaik sangka) kalau Barricade mungkin akan kembali di Transformer ke dua ini. Tapi…. Ho ho ho ho Barricade sama sekali tidak disebutkan. Dan bisa jadi dia adalah missing character di film Transformers yang tidak jelas jeluntrungannya.

3. Soal Blackout

000493880458Blackout merupakan Decepticon berbentuk Helikopter Black Hawk. Di film pertama dia berhasil dibunuh oleh Major Lennox dan kawan-kawan. Dan dibagian ending film pertama, bangkai dari Blackout ini sudah dibuang bersama dengan bangkai Megatron. Dan sekali lagi, aneh sungguh aneh….. Blackout muncul lagi di Transformers 2. Padahal satu-satunya robot lama yag dihidupkan kembali adalah Megatron.

4. Soal Optimus VS Megatron?

NVE00082Coba lihat lagi film pertama dan lihat saat pertarungan terakhir antara Optimus dan Megatron. Bandingkan mana yang lebih jago? Yup….. jawabannya adalah Megatron. Bahkan untuk menghadapi Megatron Optimus butuh bantuan dari pasukan mariner, sector 7, dan juga US Air Force dengan F-22 Raptornya.

Namun di film kedua, saya melihat lagi sebuah keganjilan. Optimus pada film ini betul-betul amat sangat perkasa sekali. Bahkan di saat dia melindungi Sam dari kejaran Megatron, StarScream, dan BlackOut dia terpaksa harus menghadapi ketiga robot raksasa ini. Ternyata Optimus mampu mengimbangi kekuatan ketiga robot itu sekaligus. Bahkan kalau saja Megatron tidak berbuat licik, mungkin optimus saat iu tidak bakal mati dan mampu menghancurkan tiga petinggi Decepticon tersebut.

5. Optimus VS Fallen

1775_6638473102Keanehan lagi soal seberapa kuat sebenarnya Optimus juga terlihat saat  pertempuran terakhir di piramida Giza. Fallen dikatakan adalah salah satu Transformers murni dan merupakan salah satu dari ketujuh PRIME. Artinya dia seharusnya memiliki kekuatan yang gila-gilaan. Namun ternyata Fallen di sini malah cemen. Bahkan terlalu mudah dikalahkan oleh seorang Optimus (walau saat itu kekuatan Optimus bertambah karena diupgrade dengan kekuatan JetFire).

Sebenarnya inilah yang paling saya sayangkan. Saya sudah berharap Fallen adalah Transformers yang jahat sempurna, gila, sadis dan tidak mudah dikalahkan. Bahkan saya sempat berharap kalau Fallen adalah Joker-nya di film Transformers. Namun harapan saya terlalu tinggi. Fallen ternyata tidak sekuat yang dibayangkan.

6. Robot-robot yang percuma

Boleh dikatakan sebenranya banyak robot baru yang keren di Transformers. Di pihak Autobots ada SideWipes, Jolt, dan Arcee. Sedang di Decepticon ada SideWaves. Hanya saja robot-robot keren itu jadi tampak percuma dikarenakan pemunculan mereka yang tiba-tiba ada (tanpa proses seperti munculnya Optimus, IronHide, Ratchet, dan Jazz di Transformers 1) dan juga tidak ada pengenalan setelahnya. Walhasil robot-robot itu jadi seperti sia-sia muncul di film ini. Mirip dengan cara manggil Jelangkung, robot2 di transformers ini seperti Datang tak diundang, Pulang tak diantar. Tiba-tiba muncul dan tiba-tiba menghilang.

916_8217430165Sebagai contoh di pertempuran terakhir, Twin Robots a.k.a SKID & MUDFLAP yang tiba-tiba menghilang saat melawan Devastator. Padahal saat itu mereka bertempur cukup seru dengan Devastator. dan entah bagaimana ceritanya tiba-tiba Devastator sudah di piramida dan akhirnya mati oleh meriam Sabolt raksasa milik angkatan laut. Saya khawatir nasib Twin bakalan serupa dengan Barricade sebagai missing character.

Kalau saya pribadi lebih suka karakter yang muncul tidak terlalu banyak tapi kita benar-benar mengenal mereka semua.

***

Tapi….. bagaimanapun juga saya masih tetap menganggap bahwa Transformers Revenge Of The Fallen adalah film paling layak tonton di tahun 2009.

Lupakan alur ceritanya yang standard….. Lupakan missing character yang terjadi…… Lupakan keanehannya……

Tapi Nikmati efeknya yang kuereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnn abissssss

Iklan
  1. Juli 4, 2009 pukul 11:34 am

    udah baca sebelumnya di fb ntm..hihihi

  2. Juli 6, 2009 pukul 4:32 pm

    wah wah wah
    penggemar Transformer sejati ya mas
    sampai apal ke karakternya lengkap gitu
    ^_^

    tp saia sepakat dg mas, the Falln terlalu gampang kalah pdhl katanya sakti bgt

    • Alfan F
      Juli 6, 2009 pukul 5:55 pm

      iya bang…. penggemar sejak kecil

    • restu kumoro priambodo
      Agustus 22, 2009 pukul 3:59 pm

      pesan dari jetfire kan hanya sesama prime yg bisa ngalahin satu sama lain….optimus kan keturunan terakhir jdi bisa ngalahin fallen yg prime juga donk

  3. nikkodemus prime
    Juli 15, 2009 pukul 4:05 am

    the fallen pernah bilang kalo yang bisa mengalahkan dia cuma OPTIMUS PRIME…

  4. TeZ
    Juli 15, 2009 pukul 6:14 am

    hmm… maklum lah.. soalrobot yg klewat banyak itu kan cuman sebagai penghabis tambahan dana.. transdormer pertama dana yg dikucurkan skitar 120jt dolar. sedangkan transformer2 200jt dolar. overall,KUEREEEN ABISS!! mungkin megatron menjadi lemah setelh 2thun teronggok didasar laut. sedangkan prime jadi makin kuat karena pengalamannya bekerja bareng tim NEST selama selang waktu 2 tahun itu memburu sisa2 deceptticon.

  5. TeZ
    Juli 15, 2009 pukul 6:27 am

    oh ya.. soal blackout.. klo di film ke 2 itu yg muncul kurasa bukan blackout.. dilihat dari jenis helikopternya dan bentuk transform nya aja beda.. sayang,g tersebutkan namanya..

    • Alfan F
      Juli 15, 2009 pukul 6:49 am

      iya… setelah saya cari-cari lagi, nama robot itu adalah GRINDOR

  6. koko_krunch
    Juli 19, 2009 pukul 5:04 pm

    tp pas diketik di google, mlah dibenerin jd grindcore, koq bda?

    • Alfan F
      Juli 20, 2009 pukul 6:20 pm

      dari data wikipedia sih tetep Grindor

  7. Juli 21, 2009 pukul 1:12 am

    aslix seh gw jg mikir gtu,.,.

    tpi stelah ku amtin n liat filmx berulang kale,.,pasti nyambung n gak da kesalahan,,

    soal kata lo itu,,mnurut gw lo hrus teliti lagi,
    bneran gw gak boong,
    gw udah neliti, ampe manggil prof.spongebob,
    dan wakhasi,mata merah terkena iritasi ringan.,.,.,

  8. Juli 26, 2009 pukul 6:50 am

    umm gue bukan penggemar transformers sejati (yg ngerti alur cerita kartunnya juga) tapi gue lebih meratiin ke ceritanya..

    Di Transformers 1, memang Optimus terlihat lemah banget, gak berdaya melawan si Megatron. Tapi kalo gue amatin sih, itu dikarenakan dia (optimus) bertarung dengan si megatron di perkotaan. Which is dalam hatinya dia, dia itu kan pecinta manusia (dibanding iron head pastinya.. ^^;;). Jadi mungkin dia tidak melawan agar gak banyak manusia yg mati.. (ala2 jagoan yg rela berkorban demi yg dicintai gitu lah..:P). Di film ke 2 kan dia bertarung di taman/kebun yg gak ada manusianya kan..

    Gue kaget banget emang di Transformers 2, optimus jadi super macho! btw, emang sih yg lo tulis banyak banget benernya.. Gue juga banyak nyari nyambung gak nyambungnya cerita yg 1 sama 2. Tapi dibalik itu semua.. 4 thumbs up for Transformers 2..!! baru kali ini gue nonton bioskon 2x dengan film yg sama!! (dan masih mo nonton lagi..) ^^;;

    • Yayan
      September 7, 2010 pukul 6:13 am

      btul itu btul
      Optimus emang lemah di movie yg ke-1
      tp yg ke-2 buiiiiii…..
      jago amat ya

      mungkin dia sudah makan pil penambah kekuatan kali ya.. hihihihihi….
      yg diberikan oleh Ratchet
      itu tuh.. autobot yg medis

      • September 24, 2012 pukul 5:27 am

        Iya Gitu

  9. restu kumoro priambodo
    Agustus 22, 2009 pukul 3:50 pm

    wah wah hebat2 sampai secermat itu…saya ingin ngasih tau soal barricade dan black out

    soal barricade:memang dia kabur saat di film pertama,saya baca di komik transformers:revenge of the fallen movie prequel..dia kabur lalu memberitahu kepada soundwave soal keberadaannya

    soal blackout:menurut wikipedia yg anda liat di film kedua bukannlah blackout tetapi anggota decepticon lain bernama grindor..bentuknya memang sama persis…jika anda jeli,ketika pertarungan di mesir pada saat sam n mikaela melompat dari atap rumah nampak anggota decepticon yg mirip bonecrusher(terbunuh di jalan tol oleh optimus di film pertama)walaupun menurut wikipedia bukan bonecrusher)

  10. restu kumoro priambodo
    Agustus 22, 2009 pukul 3:56 pm

    oh iya satu hal lagi…kemunculan para autobots hanya muncul di komik transformer:revenge of the fallen movie prequel..mereka ditemukan oleh tim nest di daerah pembuangan mobil rongsok

  11. Bumbble bee
    Agustus 25, 2009 pukul 2:20 pm

    Mantap banget mas, bisa hafal semua nama dan karakter robotnya. Stuju dgn mas, jln crita nya kurang sreg. Tapi, action dan special effectnya nag ada tandingannya dr film manapun, benar-benar hidup. Oh ya, ada yg tau nga? Brapa pendapatan box office film transformers 2 ini?. Kita tnggu aja transformers 3, moga tambh seru.

  12. yodi
    September 13, 2009 pukul 3:43 pm

    betuL! Optimus menjadi kuat karena seLama 2 taun seteLah kematian Megatron di Transformers 1 dia bersama nest team dan autobot Lainnya memburu para Decepticon yg tersisa di bumi sehingga membuatnya Lebih terLatih dLm pertarungan sedangkan Megatron seLama 2 taun seteLah kematiannya dan sebeLum dibangkitkan hanya diam di dasar Laut

  13. FahMi
    November 1, 2009 pukul 10:52 am

    GoOod article thanks boss

  14. Rizaldi Bagus
    Maret 24, 2010 pukul 6:33 am

    eh bukannya barricade mati dibunuh Bumblebee….???? eh tapi dia g mati y sempet kabur???? soal Blackout seh itu bukan Blackout namanya Grindor…….

    • Alfan F
      Maret 24, 2010 pukul 7:17 am

      Barricade menghilang saat di scene kejar-kejaran di jalan tol.

      Yup ternyata yg di Transformers yang kedua itu bukan Blackout tapi Grindor

  15. Mei 22, 2010 pukul 12:00 pm

    Gua penggemar transformers sejati,, ga ada masalah sama Karakter robot yang ad di Transformers 1 &2 ,, because….. Mereka dapat menciptakan pasukan baru dengan Cube yang Pregmen terakhirnya di curi oleh decepticon di Transformers 2,, soal kedatangan robot baru ke bumi… lo denger waktu Frime berkata di transformer 1 pada ending cerita katanya bagi autobot yang mencari perlindungan kami menunggu di sini…. planet mereka hancur karena perang dan pecahannya tersebar di seluruh galaxi…..dan untuk pasukan megatron mereka menggunakan cube untuk membamgkitkan megatron juga membentuk pasukan baru,, dan baricade aaahe death setelah BB menghajarnya sooo dia ga kabur……

    kelemahannya cuman di alur cerita.. antara Transformers 1 – 2 emang aga sedikit ga nyambung….. tapi tar lo liat di transformers 3 gmana ceritanya so kan Starscrem&megatron selamat dari pertempuran di mesir..

    Yang bikin gua tergila-gila sama Film ini adalah Graphic Effect 3D dan sound Mixing juga Soundtracknya hampir ga ada yang cacat,, cuman kel;emahannya penempatan lagu 21Gunnya GreenDays yang kurang pas,, seharusnya tu jangan di pake waktu si Meganfox muncul,, coba kalo lagu tu di pake waktu Sam witwicky berbicara dengan mobilnya bumblebee dan waktu bumblebee nangis,, dam gua liat di situsnya juga lagu a7X di mpake soundtrack film ini tpi pas gua simak dari awal sampai akhir ga ada lagu almost easynya A7X.

    gua tetep za acungun jempol buat pilm ini so gua tau ga ada yang sempurna di dunia ini semuanya pasti ada kelebihan dan kekurangannya….

    coba orang yang sombong kaya orang2 Indonesia bisa ga Buat Film kaya Gitu….. Dana nua mungkin jual dulu pulo bali kali ke turis baru bisa buat film full 3D kaya transformers,,,,,

    Paling juga bikin film ular2 an N film yamh paling gua Benci SINETRON – dengan tema percintaan anak sekolah,,, &soundtracknya juga paling lagu2 lebai kaya ST-12 cuiiiiih Sebel gua,,,, Seharusnya ini jadi insfirasi buat lo semua.

    • Alfan F
      Mei 23, 2010 pukul 10:20 am

      gak seru ah kalo di bali… Transformers bakal lebih garang kalo dia syuting di Jembatan Suramadu… Lebih menantang

  16. Yayan
    September 7, 2010 pukul 5:53 am

    eeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

  17. Yayan
    September 7, 2010 pukul 5:58 am

    yg gwe pusingin adalah megatron ama galvatron…..
    gwe liat-liat nggak ada bedanya diantara robot-robot itu

  18. Yayan
    September 7, 2010 pukul 6:06 am

    siapa ya.. nama robot yg satunya

    Di transformers 2 kayaknya ada 2 megatron.
    yg satu ada dibawah laut yg satunya lg ada di angkasa.
    yg di angkasa ama dibawah laut sama saja bentuk kepalanya tp yg di angkasa
    bsar amat bentuknya, apa lg keseluruhan. besar skali
    siapa ya namanya……..?

    • Alfan F
      September 7, 2010 pukul 1:31 pm

      Yang diangkasa itu namanya SOUND WAVE. Dia tangan kanannya Megatron

  19. Yayan
    September 11, 2010 pukul 3:18 am

    tp bentuk kepalanya sm

    • Alfan F
      September 12, 2010 pukul 5:21 am

      bentuk kepala memang serupa tapi tak sama. Bentuk transformasi pun beda jauh. Megatron mengadaptasi bentuk Cybertronian Tank/Plane. Sedang Sound Wave menjadi satelit.

      • Yayan
        September 14, 2010 pukul 12:33 pm

        ooowww… gitu ceritanya..

  20. Yayan
    September 11, 2010 pukul 6:01 am

    Blackout ama Grindor sama aja bentuknya

    apa nya yg beda

    • Alfan F
      September 12, 2010 pukul 5:23 am

      Yup memang Grindor dan Blackout sama persis. Tp kalo kita cermat, pada saat pertarungan Autobots vs Decepticon di Mesir, ternyata dari pasukan Decepticon banyak yg punya bentuk serupa

  21. Yayan
    September 15, 2010 pukul 7:04 am

    satu lg nih..

    MEGATRON ama GALVATRON
    di movie yg ke-1 namanya megatron perubahannya
    pesawat
    tp yg ke-2 namanya GALVATRON perubahannya mirip mobil tank tp bisa terbang

  22. Yayan
    September 15, 2010 pukul 7:14 am

    Megatron Turns into This Tank in ‘Transformers 2’

    • Alfan F
      September 15, 2010 pukul 12:48 pm

      yup… tepatnya Cybertronian Tank, karena bisa terbang

  23. Yayan
    September 26, 2010 pukul 3:59 am

    ye..ye. aku dah berhasil ke-Cibertron

  24. Yayan
    Maret 1, 2011 pukul 9:38 am

    di game…..

  25. Maret 23, 2012 pukul 4:33 pm

    eh tolol,,seterah sutradara’a napa kenapa jadi llo yg sewot begitu w ajja yg gemar bnget nonton TRANSFORMENS ajja biasa-biasa ajja

  26. Juni 23, 2012 pukul 9:14 am

    Ternyata orang awam TransFormers… Semua yang di post disini hanya anda teliti dengan sebelah mata 😀
    Biar saya beri penjelasan tentang post anda.
    1. Tidak ada penjelasan karena saya setuju dengan anda 🙂
    2. Dia akan muncul kembali di TransFormers 4 Lho 😀
    3. tidak ada penjelasan juga, Sayapun setuju dengan anda 😀
    4. Blackout Mudah dikalahkan di TransFormers 1, Dan Starscream Robot kuat namun bodoh dan tidak memiliki Strategi, Megatron pun sama halnya seperti Starscream (Terlihat di TransFormers 3) Dan juga, Optimus itu Prime lho, jadi mungkin saja kan 😀
    5. Jawabannya hanya perbandingan kesehatan. Anda lihat sewaktu Fallen di datangi oleh Megatron dan Starscream, Dia sedang sakit-sakitan dan dirawat. Jelas saja mudah untuk dikalahkan.
    6. Devastator yang tiba-tiba di piramida itu sangat jelas karena di perintah. Kalau hilangnya mereka berdua saya setuju 😀

    Sekian penjelasan saya

  27. September 24, 2012 pukul 5:28 am

    Buset Dah Transformers bikin gw senang ❤ bye

  28. Mei 18, 2013 pukul 9:14 am

    soal the fallen gan, ane stuju bget knp kok the fallen sbg antagonis utama kalah dgn sadis dan mudah. pdahal kekuatan the fallen bisa dibilang WOW, dpt teleport, pemindahan planet cybertron tanpa pilar2, pengendalian gravitasi, dll. tapi klo seandainya the fallen 1vs1 lawan optimus (tanpa bantuan jetfire) ane dukung yg the fallen, pastinya optimus menang cuma karna upgrade jetfire aja, coba klo gk pke upgrade jetfire pasti optimus KO duluan tuh

  29. Oktober 8, 2013 pukul 7:52 am

    sumpah,ane sangat menyukai transformers
    sampai2 aku ingin beli mainan nya 😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: