Beranda > Indonesia, kabar dunia, musik, selebritis > Reza Ningtyas Lindh, Satu Lagi Penyanyi Asal Indonesia Menggebrak Eropa

Reza Ningtyas Lindh, Satu Lagi Penyanyi Asal Indonesia Menggebrak Eropa

Pagi-pagi setelah menyantap nasi jagung dan teh hangat, saya langsung menyalakan komputer. Maklum hari ini libur. Seperti biasa saya langsung cek berita di detik.com, facebook, dan tweeter. Nah pada saat membuka tweeter itulah secara ujug-ujug, mata saya langsung terpancang pada sebuah tweet dari MIdotcom yang memberitakan ada penyanyi Indonesia yang menjadi perhatian publik Swedia, negara di Eropa sono.

Karena dihinggapi rasa penasaran yang sangat akhirnya saya putuskan untuk pergi ke TKP. Berikut ini saya cantumken artikel dari lokasi kejadian :

LONDON–MI: Penyanyi asal Indonesia yang menetap di Lund, kota kecil berpenduduk 100.000 jiwa di belahan selatan Swedia dalam beberapa minggu terakhir menarik perhatian publik dan berbagai media massa Swedia.

Reza Ningtyas Lindh, 28, asal Jakarta berhasil masuk sebagai salah satu dari 12 finalis Swedish Idol 2009, ujar Pensosbud KBRI Stokholm Dody Kusumonegoro, Kamis (19/11) waktu setempat.

Menurut Dody, saat ini Reza berhasil masuk dalam lima besar finalis Idol yang berlangsung setiap Jumat malam dan disiarkan langsung oleh jaringan TV4 secara nasional.

Dikatakannya suara yang indah dan dilengkapi dengan teknik vokal yang sangat baik, mendapatkan pujian dari publik maupun media masa di Swedia.

Salah satu penampilan terbaiknya adalah ketika dalam finalis delapan besar, Reza menyanyikan lagu New York New York yang dilantumkan Liza Minelli tahun 1977 mendapatkan standing ovation dari juri dan sambutan meriah dari para penonton.

Aliran suara dan musik yang menjadi favoritnya adalah jazz, R&B, soul, dan pop, namun demikian seperti ajang Idol lainnya para peseta harus siap dengan berbagai tema yang menantang termasuk salah satunya harus bisa menyanyikan lagu berirama rock.

Reza yang lahir dan dibesarkan di Jakarta dari keluarga besar dengan 7 saudara, awal mula menyanyi di publik sejak berusia sembilan tahun ketika menyanyi pada perayaan HUT RI. Reza juga pernah berpartisipasi pada Asia Bagus, suatu program pencarian bakat penyanyi Asia di era tahun 90-an.

Sejak menetap di Swedia Desember 2004, Reza hanya menyanyi pada perayaan HUT RI di wilayah Skine, Swedia tahun 2006 dengan suaranya yang mengejutkan warga Indonesia lainnya.

Penyesuaian diri dengan budaya masyarakat setempat, bahasa dan cuaca yang sangat berbeda dengan Indonesia serta bekerja di bidang F&B telah menunda keinginannya untuk kembali menyanyi.

Namun pada awal musim panas tahun ini ketika tim audition tiba di Malmo dekat kota Lund, rekan Reza secara diam-diam menjebaknya untuk ikut audisi. Dengan alasan akan mengajak Reza jalan-jalan ke Kopenhagen, teman-teman Reza langsung membawanya ke tempat Audition dimana ratusan orang lainnya juga sudah menunggu giliran.

Di sinilah awal perjalanannya di kontes Idol 2009 dimana para juri memilihnya untuk masuk dalam 20 besar di Stockholm yang kemudian disiarkan langsung secara nasional untuk memilih 12 finalis.

Melalui SMS dan telepon, publik memilih delapan finalis sementara dewan juri memilih empat peserta yang mendapatkan wild card. Reza merupakan salah satu yang mendapatkan wild card dewan juri dan saat ini satu-satunya yang masih bertahan di lima besar.

Perjalanan Reza selama ini tidaklah mudah mengingat persaingan yang sangat ketat diantara para peserta yang mempunyai ciri khas dan fans masing-masing. Selain itu penentuan siapa yang keluar dari kontes adalah melalui sms dan telefon dari para penonton sementara dewan juri hanya dapat memberikan pendapat baik yang bersifat positif maupun konstruktif.

Tidak seperti peserta lainnya dimana keluarga mereka selalu mendampingi, Reza yang jauh dari keluarga di Jakarta selalu mendapat dukungan penuh dari teman-temannya. Mereka sudah seperti keluarga sendiri serta Henrik yang selalu setia memberikan dukungan penuh terhadapnya.

Jumat (20/11) malam ini Reza akan tampil kembali dalam final lima besar dan diharapkan penampilannya akan membawanya ke babak berikutnya empat besar.

Menurut Dody, program Idol 2009 merupakan salah satu program yang memiliki rating yang cukup tinggi di Swedia. (Ant/OL-01)

Setelah baca langsung deh saya ublek-ublek yang namanya Youtube untuk melihat performance-nya yang katanya ciamik itu. Monggo sedoyo kalau mau lihat :

 

Reza Lindh “Don’t Stop Me Now” by Queen (kebetulan ini juga lagu dari band favorit saya).

jujur, ini adalah lagu cover Don’t Stip Me Now terbaik yang pernah saya dengarkan. Sebagai pembanding mungkin anda bisa cari versi original-nya yang dinyanyikan langsung oleh Queen atau versi cover-nya kepuyaan Mc Fly.

Nah kalau berikut ini adalah yang performa yang membuat juri harus standing ovation karena penampilannya :

 

Ok kawan-kawan apa yang bisa dapatkan setelah membaca dan melihat apa yang ada dalam postingan ini?? Kalau saya sendiri jadi berfikir bahwa sebenarnya orang Indonesia itu kualitasnya ciamik. Ayo coba kita ingat, kita punya Anggun, Daniel Sahuleka, Bob Tutupoli, Harvey Malayholo, Shandy Sandoro, Reza Lindh sendiri, dan mungkin masih banyak lagi bakat yang tampak di bumi pertiwi ini.

Maslahnya dengan bakat-bakat luar biasa seperti itu, kenapa produk hiburan kita masih ecek-ecek. Bahkan kalo melihat Indonesian Idol 3 kebawah, serta ajang pencarian bakat lainnya, saya malah eneg lihatnya. Ajang yang seharusnya menjadi jalan munculnya superstar baru telah mengalami pergeseran arah sehingga berubah jadi reality show yang tidak bermutu. Alhasil publik jadi terpengaruh untuk memilih kontestan dengan kisah hidup yang melo daripada melihat kualitas sang kontestan.

Pada akhirnya saya berharap, insan penghuni jagad hiburan tidak terlalu menuhankan pasar dan ratting. Ayolah…. beri kesempatan bakat yang sesungguhnya untuk mengambil alih, agar pemirsa tidak selalu dibodohi dan berubah menjadi cerdas!!!

 

Iklan
  1. sotardodo manalu
    Desember 10, 2009 pukul 5:30 am

    Hebat sekali betul banget yg pnulis katakan… terlepas dari acara indonesian idol yg kurang wah… saya sgt apreciate dgn penyanyi2 indonesia…. kwalitasnya jauh mengungguli negara2 asia tenggara yg lain bahkan asia. Kalau orang bilang INdonesia itu hollywoodnya ASia tenggara. Banyak contohnya. JOy tobing, Ruth sahanaya, Kd, Agnes, Anggun, bahkan sampai artis2 daerah( khusus batak) mampu mencuri hati seperti margareth siagian, Lea simanjuntak, VIki sianipar dll. Maju terus musik INdonesia…

    • Alfan F
      Desember 13, 2009 pukul 9:04 am

      Bahkan Harvey Malaiholo pernah mengalahkan Celine Dion loh dalam kejuaraan di era 80-an….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: