Beranda > Alfan Corner Top10, Film, televisi, unik > 10 Superhero Tanpa Kekuatan Super (Versi Alfan Corner)

10 Superhero Tanpa Kekuatan Super (Versi Alfan Corner)

Superhero atau pahlawan super, dari namanya saja pasti banyak orang yang membayangkan mereka punya kekuatan luar biasa. Sanggup terbang, merobohkan tembok dengan pukulan, sinar mata laser, atau kebal terhadap peluru. Istilah superhero sendiri dipopulerkan di negeri paman SAM. Karena memang dari sanalah kebanyakan komik-komik tentang Superhero berasal. Sebut saja Superman, Hulk, Fantastic Four, Spiderman, hingga X-men.

Namun tahukah kita bahwa ada beberapa di antara Superhero (yang kebanyakan buatan DC dan Marvel) itu sebenarnya tidak memiliki kekuatan super sama sekali. Mereka hanya tercipta sebagai manusia biasa namun dengan kemampuan manusiawi yang dimilikinya mereka nekat terjun di dunia basmi membasmi para penjahat.

Saya coba untuk membuat list siapa-siapa saja pahlawan spesial itu. Jumlahnya lumayan banyak. Namun akan saya pilih 10 saja yang paling keren dan tentu saja tidak asing di telinga penggemar Superhero di Indonesia.

Mereka adalah :

1. Batman

Batman merupakan jelmaan dari seorang Milliuner bernama Bruce Wayne. Ia memutuskan menjadi pembasmi kejahatan, saat Bruce menyaksikan sendiri kedua orang tuanya tewas di tangan seorang perampok.

Bruce pun melanglang buana mencari arti kehidupan sembari belajar hampir semua disiplin ilmu, dan tentu saja belajar bela diri. Guru Bruce yang dapat mengasahnya menjadi seorang petarung handal adalah Rash Al Gul. Namun sayang Bruce pada akhirnya bermusuhan dengan Rash dikarenakan perbedaan prinsip.

Untuk menjalani perannya sebagai Superhero, Bruce memilih menjadi sosok yang paling ditakutinya dimasa kecil, Kelelawar. Dan lahirlah Batman (Manusia Kelelawar).

Batman beroprasi (bertugas) tiap malam hari. Dengan kemampuan beladiri ala Ninjutsu, kendaraan tempur yang ciamik, serta peralatan milliter modern, Batman yang sejatinya hanya manusia biasa tampak begitu menakutkan bagi musuh-musuhnya. Dia mempertahankan cara kerjanya yang terencana, diam-diam, dan membubuhi sedikit trik sulap agar lawannya mengira dia memiliki kekuatan super. Sedangkan untuk menupi aksinya saat malam hari, Bruce memilih mencitrakan dirinya sebagai oarang kaya yang doyan pesta pora.

2. Iron Man


Awalnya Tony Stark adalah seorang jenius, kaya raya, dan pemilik perusahaan besar yang sombong. Namun semua itu berubah saat kelompok milisi di timur tengah menculiknya. Kelompok milisi itu menganggap Tony bertanggung jawab atas pemusnahan negara mereka oleh pasukan Amerika. Tony akhirnya ditawan dan diminta untuk membuat senjata canggih bagi para milisi agar dapat mernghancurkan pasukan sekutu.

Saat proses pembuatan senjata pesanan milisi itu, tiba-tiba tercetus ide dari Tony untuk melarikan diri. Dia membuat sebuah baju super yang anti peluru, bersenjata berat, dan bisa terbang. Dengan baju tempur ciptaannya itu, Tony akhirnya bisa kabur.

Setelah kembali ke negaranya, Tony mengembangkan baju tempur itu dan memakainya untuk mengatasi para penjahat.

3. V (V for Vendetta)


V lahir pada masa kediktatoran meraja lela. Pada masa itu, penguasa berusaha menanamkan doktrin fasis pada masyarakatnya. Semua agama dilarang terkecuali agamayang direstui oleh negara. Begitu pula dengan karya seni. Masyarakat hanya boleh menjalankan apa yang diperintahkan oleh sang penguasa.

V yang tak lain adalah korban dari eksperiman pemerintah di masa lampau, muncul dan berusaha menyebarkan propaganda pada masyarakat untuk melawan (dikenal dengan “propaganda by deed”). Untuk melancarkan aksinya, V juga mengkader beberapa murid. Dengan tujuan, idenya tak akan mati walau dia telah tiada.

Pada puncaknya, karakter yang memakai baju hitam-hitam dan bertopeng Guy Fawkes sebagai identitasnya, berhasil menjaankan aksinya. Masyarakat yang sudah muak dengan fasisme, mengikuti barisannya melakukan aksi menuju gedung parlemen. Dengan perencanaan yang terukur V dapat meledakkan gedung itu pada tanggal 5 November sebagai runtuhnya kediktatoran dan fasisme.

V selain memiliki keahlian dalam propaganda dan retrorika, dia juga sangat mahir bela diri. Senjata favoritnya adalah pisau. Dimana dia bisa membunuh beberapa orang bersenjata dengan kemahirannya bermain pisau itu.

4. Zorro

Di saat negara bagian Amerika belum genap seperti saat ini, perebutan kekuasaan masih saja sering terjadi. Teutama terjadi di daerah dekat mexico yang tak lain adalah jajahan Spanyol. Para bangsawan Spanyol berusaha dengan keras menjadi penguasa di wilayah California.

Dalam mencapai kekuasaannya itu para Don tidak jarang menyiksa dan memperbudak rakyat kecil. Untuk itulah seorang Don bernama De La Vega hadir untuk menolong rakyat yang tertindas.

De La Vega menyamarkan dirinya dengan menggunakan topeng yang kemudian dia terkenal sebagai Zorro. Seorang pahlawan dengan kemampuan akrobatik di atas rata-rata, serta kemampuan pedang yang mumpuni.

5. Green Arrow

Karena banyak masukan dari Kaskuser sekalian saya putuskan unt menggantikan DareDevil dgn Green Arrow. Pasalnya DareDevil mempunyai indra pendengaran yg kelewat super.

Green Arrow sendiri merupakan karakter yg diadaptasi dari Robin Hood. Nama aslinya Oliver Jonas “Ollie” Queen. Dia mengandalkan keahliannya dalam memanah dan beladiri untuk membasmi kejahatan.

THX pd Kaskuser yg tlh memberi masukan

6. Punisher

Frank Castle adalah mantan agen FBI yang merasa kecewa dengan biro ini pasca dibantainya keluarga Frank. Frank yang secara resmi dinyatakan meninggal kemudian berusaha membalas dendam dengan menjadi The Punisher. Suatu ketika, Frank menghajar habis-habisan Billy Russoti , seorang bos mafia. Billy yang terluka parah kemudian bertekad untuk membalas dendam pada Frank atau The Punsiher. Billy lantas menyusun kekuatan dan menyebut dirinya Jigsaw. Kali ini Frank harus bertindak cepat sebelum Jigsaw membuat kerusakan lebih parah lagi. Celakanya, usaha Frank ini jadi tak mudah lantaran FBI juga memburu The Punisher yang dianggap bekerja di luar hukum.

7. The Nite Owl II

Nite Owl II memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang teknologi. Dia merupakan penerus Nite Owl, superhero anggota Minuteman, yang merupakan organisasi superhero pendahulu Watchmen. Dalam figurnya, Nite Owl yang bernama asli Daniel Dreiberg itu memiliki tampilan mirip Batman. Dia mengenakan kostum cokelat keemasan dengan jubah dan penutup kepala. Ciri khas Nite Owl adalah topengnya yang berbentuk kepala burung hantu.

8. The Phantom

Phantom adalah pahlawan segala zaman. Dia ada mulai era bajak laut hingga abad millenium yang penuh dengan modernitas. Apakah Phantom makhluk abadi? Jawabannya tidak. Phantom sebenarnya ada puluhan orang. Dan setiap orangnya mewakili tiap generasi. Dengan kata lain, pekerjaan untuk menjadi seorang Phantom ini karena warisan.

Kostum Phantom tiap generasi tidaklah brbeda jauh. Mereka mengenakan baju ungu dan topeng berwarna hitam. Yang membedakan adalah senjata dan kendaraan yang mereka pakai. Phantom di era pertama lebih memilih pisau sebagai senjatanya. Namun Phantom di era millenium mengenakan pistol laser sebagai peralatan untuk membasmi musuh.

9. Snake Eyes

Snake Eyes  merupakan karakter paling unik di G.I. Joe. Berwujud Ninja, Snake Eyes tidak pernah berbicara. Selain jago pedang, Snake Eyes juga menguasai ilmu bela diri Wushu.

Masa kecilnya dilalui dengan suram. Dia adalah gelandanga cilik yang seringkali terpaksa mencuri makanan. Sampai suatu hari dia mencuri di sebuah perguruan. Aksinya ini kepergok oleh Thomas Arashikage. Thomas begitu geram dan segera mengajarnya. Namun gurunya melarang dan malah menerima Sneke Eye kecil menjadi murid.

Karena sang Guru lebih sayang ke Sneke Eye kecil, Thomas pun iri. Dia pun akhirnya menghabisi nyawa gurunya. Saat dewasa, Thomas bergabung dengan organisasi jahat dan menamakan dirinya Shadow Storm. Shadow Storm inilah yang menjadi musuh bebuyutan Snekeeye.

10. Robin / Nightwing

Robin sebenarnya adalah sosok yang lebih terkenal sebagai partner Batman. Dia merupakan didikan Batman. Walaupun bak guru dan murid, Bruce Wayne (Batman) dan Dick Grayson (Robin yang pertama) memiliki karakter yang hampir bersebrangan. Bruce lebih serius, tanpa kompromi, terencana, sehingga terkadang dia tampak seperti tidak punya perasaan. Sedangkan Dick lebih santai dan ceroboh seperti anak muda pada umumnya.

Karena perbedaan prinsip itulah, Dick memutuskan untuk lepas dari bayang-bayang Batman. Dia berkelana keliling dunia sebagaimana yang pernah dilaukan oleh Bruce. Sekembalinya dia membuat identitas superheronya sendiri, Nightwing.

Robin sendiri ada 3 orang, yang pertama adalah Dick Grayson yang akhirnya menjadi Nightwing. Yang kedua adalah Jason Todd yang meninggal dibunuh oleh Joker. Dan kemudian dia hidup lagi namun berbalik menjadi musuh. Sedangkan Robin terakhir adalah Tim Drake.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: