Beranda > fenomena, unik > Pilot Palsu Berhasil Kelabuhi Pihak Penerbangan Hingga 13 Tahun

Pilot Palsu Berhasil Kelabuhi Pihak Penerbangan Hingga 13 Tahun

Dukun palsu, udah sering denger. Polisi gadungan, ini juga sudah banyak dibahas di tayangan buser dan sergap. Nah kalo pilot palsu. ini yang masih jarang-jarang. Bayangkan seseorang yang tidak pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan penerbangan mengemudikan pesawat yang kita tumpangi. Mungkin kalo saat itu saya diberitahu ketika sudah terbang bahwa pilotnya pilot gadungan, maka saya akan istighfar sebanyak-banyaknya sekaligus taubat nasuha sekalian.

Namun percaya atau tidak, kasus pilot palsu ini benar-benar terjadi Belanda sono. Salme, seorang pria berusia 41 tahun akhirnya tertangkap oleh aparat Belanda begitu lisensi penerbangannya ketahuan palsu. Lucunya hal ini baru diketahui 13 tahun setelah Salme memalsukan surat lisensi itu. Dan dalam kurun waktu yang sedemikan lama itu, Salme telah mendapat jam terbang selama 10.000 jam. Bahkan hal itu dia lakukan tanpa kecelakaan sedikitpun.

Cerita Salme ini bermula saat dia bekerja sebagai insinyur penerbangan pesawat di SAS. Dan suatu hari rekannya mengizinkan dia untuk mencoba simulator penerbangan Sembari menyelam minum air, Salme pun malah memanfaatkan momen itu untuk berlatih menerbangkan pesawat dengan baik.

Setelah kurang lebih enam tahun berlatih, ide gilanya pun mulai muncul. Dia membuat lisensi palsu dan melamar sebagai ko-pilot di sebuah perusahaan penerbangan. Padahal lisensi itu dia buat diatas selembar kertas biasa. Bahkan kertas itu pun tidak dia laminating.

Lolos ujian simulasi terbang, Salme pun mengawali karirnya di Scandinavian Airline Air One sebagai ko pilot. Tiga tahun kemudian dia mendapatkan promosi sebagai kapten penerbang.

Namun kini Salme harus mempertanggungjawabkan aksinya di pengadilan. Dia didenda sebesar 17oo euro dan larangan penerbangan selama setahun. Namun Salme sangat beruntung karena pihak pengadilan tidak memberinya hukuman penjara, dikarenakan prestasinya yang “bersih” dalam menerbangkan pesawat.

Apa yang dilakukan Salme memang mirip dengan kisah Frank Abagnale. Frank adalah seorang pria amerika yang menyamar sebagai piot, dokter, dan pengacara. Bahkan kisah Frank diagkat ke layar lebar dalam film “Catch Me If You Can”.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: