Beranda > olahraga, piala dunia, sepak bola > Tekuk Jepang, Belanda Lolos ke 16 Besar

Tekuk Jepang, Belanda Lolos ke 16 Besar

VIVAnews – Belanda akhirnya menutup laga kontra Jepang, Sabtu, 19 Juni 2010 dengan kemenangan 1-0. Hasil ini sudah cukup membawa Negeri Kincir Angin itu melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2010.

Tambahan tiga poin membuat Belanda kokoh di puncak klasemen Grup E dengan koleksi 6 poin dari dua laga. Meski masih menyisakan laga lawan Kamerun, (25/6) Belanda sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar menyusul Argentina.

Jepang sendiri tak beranjak dari posisi kedua dengan tiga poin. Di laga terakhir Samurai Biru akan berhadapan dengan Denmark, 25 Juni 2010.

Bertanding di Stadion Durban, Belanda mendominasi jalannya pertandingan sejak babak pertama. Namun hingga turun minum, Belanda tak mampu menjebol gawang Jepang dan harus puas dengan skor 0-0.

Di babak kedua, Belanda tetap memegang kendali permainan. Gol akhirnya tercipta pada menit ke-53 lewat kaki Wesley Sneijder. Sneijder berhasil merobek jala Jepang yang dikawal Eiji Kawashima lewat sebuah tendangan keras dari luar kotak penalti.

Setelah ketinggalan 0-1, Jepang mulai meningkatkan serangannya. Pada menit ke-61, Yasuhito Endo berhasil melepaskan tendangan bebas yang terarah ke gawang Belanda. Namun bola terlalu lemah dan dengan mudah dipatahkan Stekelenburg.

Pada menit ke-66, pemain Jepang lainnya, Yoshito Okubo kembali melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun bola masih belum menemui sasaran.

Belanda sebenarnya mendapat kesempatan untuk menggandakan kedudukan di menit ke-83 setelah Ibrahim Afellay yang lolos dari penjagaan lawan tinggal berhadapan dengan kiper Jepang Eiji Kawashima.

Namun tendangan kerasnya masih mampu diblok Kawashima. Afellay juga menyia-nyiakan peluang yang sama pada menit ke-88. Tendangannya kembali mampu diblok Kawashima.

Jepang sempat mengancam di penghujung babak kedua. Namun hingga pluit panjang berbunyi, Samurai Biru tak mempu menyamakan kedudukan dan Belanda tetap unggul 1-0.

Susunan Pemain
Belanda : 1-Maarten Stekelenburg; 2-Gregory van der Wiel, 3-John Heitinga, 4-Joris Mathijsen, 5-Giovanni van Bronckhorst; 7-Dirk Kuyt, 6-Mark van Bommel, 10-Wesley Sneijder/Ibrahim Afellay (83′), 8-Nigel de Jong, 23-Rafael van der Vaart/Eljero Elia (72′); 9-Robin van Persie/Klaas Jan Huntelaar (88′)

Jepang : 21-Eiji Kawashima; 2-Yuki Abe, 22-Yuji Nakazawa, 4-Tulio, 3-Yuichi Komano; 5-Yuto Nagatomo, 16-Yoshito Okubo/Keiji Tamada (77′), 7-Yasuhito Endo, 17-Makoto Hasebe/Shinji Okazaki (77′), 8-Daisuke Matsui/Shunsuke Nakamura (64′); 18-Keisuke Honda.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: