Beranda > olahraga, piala dunia, sepak bola > Portugal Mengamuk, Chile Pimpin Grup, Spanyol Perpanjang Nafas

Portugal Mengamuk, Chile Pimpin Grup, Spanyol Perpanjang Nafas

Portugal Hancurkan Korut 7 Gol Tanpa Balas

VIVAnews –  Portugal mengamuk saat bersua Korea Utara di lanjutan penyisihan Grup G. Bertanding di Green Point Stadium, Senin 21 Juni 2010, Portugal berhasil menggulung Korut dengan skor telak 7-0.

Dengan kemenangan ini, Portugal kini menjadi runner up grup dengan koleksi 4 poin atau tertinggal dua poin dari Brasil. Dengan sisa satu laga, Portugal sebenarnya berpeluang besar lolos ke 16 besar setelah Pantai Gading baru mengoleksi satu poin.

Sedangkan bagi Korea Utara, kekalahan ini sekaligus menutup peluang mereka lolos ke 16 besar setelah mengalami dua kekalahan.

Pesta gol Portugal dimulai di menit 29 setelah Tiago berhasil menyodorkan bola ke kotak penalti yang diteruskan sepakan mendatar Meireles. Bola gagal dihentikan kiper Ri Myong-guk sekaligus membuat Seleccao sementara unggul 1-0.

Portugal terus menciptakan peluang demi peluang. Sebaliknya, Korea Utara sebenarnya juga berhasil memberikan terapi kejut buat Portugal. Namun hingga babak pertama usai skor 1-0 buat keunggulan Portugal tak berubah.

Memasuki babak kedua, Portugal semakin menggila. Simao berhasil merubah kedudukan menjadi 2-0 setelah di menit 53 berhasil menjebol gawang Korea Utara. Bola sodoran hasil kombinasi Almeida dan Meireles itu berhasil dimanfaatkan Simao dengan tembakan terukur mengecoh kiper Korut Ri Myong-guk.

Tiga menit kemudian giliran Almeida yang berhasil menambah keunggulan Seleccao menjadi 3-0. Tandukan Almeida memanfaatkan bola crossing  Fabio Coentrao gagal dihentikan Myong-guk.

Pesta Portugal kembali berlanjut di menit 60. Giliaran Tiago yang memaksa Myong-guk untuk memungut bola dari gawangnya untuk kali keempat setelah berhasil memanfaatkan umpan Cristiano Ronaldo. 4-0 buat keunggulan Portugal.

Pesta Portugal berlanjut setelah striker pengganti Liedson berhasil mencetak gol di menit 81. Liedson berhasil melepaskan tembakan voley sekaligus merubah kedudukan menjadi 5-0.

Ronaldo akhirnya berhasil mencetak gol pertamanya di Piala Duni 2010 setelah di menit 88 berhasil menjebol gawang Korut sekaligus merubah kedudukan menjadi 6-0.

Dan pesta gol Seleccao ke gawang Korut ditutup lewat gol Tiago di menit 89. Ini menjadi gol kedua Tiago di pertandingan ini. Skor 7-0 ini akhirnya bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan Pemain:

Portugal: Eduardo, Miguel, Bruno Alves, Ricardo Carvalho, Fabio Coentrao, Tiago, Pedro Mendes, Raul Meireles (Miguel Veloso), Cristiano Ronaldo, Hugo Almeida (Liedson), Simao Sabrosa (Duda).

Korea Utara: Ri Myong-guk, Cha Jong-hyok (Nam Song-chol), Pak Chol-jin, Ri Jun-il, Ri Kwang-chon, Ji Yun-nam, Pak Nam-chol (Kim Kum-il), Mun In-guk (Kim Yong-jun), An Yong-hak, Hong Yong-jo, Jong Tea-Se.

Tekuk 10 Pemain Swiss, Chile Pimpin Grup

VIVAnews – Chile berhak memuncaki klasemen Grup H setelah berhasil menaklukkan Swiss 1-0. Gol Chile dicetak Mark Gonzalez di menit 75 setelah Swiss harus bermain dengan 10 pemain sejak menit 31.

Dengan tambahan tiga poin ini, maka Chile kini mengoleksi total 6 poin dari dua kemenangan. Pada pertandingan terakhir, La Roja akan bersua Spanyol yang ditaklukan Swiss di laga pertama.

Sedangkan Swiss yang kini menduduki runner up dengan koleksi tiga poin akan melakoni laga terakhir kontra Honduras. Persaingan tentu masih ketat mengingat Spanyol dan Honduras baru akan melakoni pertandingan kedua, Selasa 22 Juni 2010 nanti.

Bertanding di Nelson Mandela Bay Stadium, Senin 21 Juni 2010, Chile dan Swiss sama-sama punya ambisi memuncaki Grup H. Permainan terbuka langsung diperagakan kedua tim.

Peluang pertama datang dari Chile saat pertandingan memasuki menit ke-10. Arturo Vidal melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang berhasil dimentahkan kiper Swiss Diego Benaglio. Bola rebound dari Carlos Carmona juga gagal menaklukkan Benaglio.

Ketatnya pertandingan ini juga terlihat dari banyaknya kartu yang dikeluarkan wasit asal Arab Saudi Khalil Al Ghamdi di paruh babak pertama.

Bahkan Swiss harus menelan kenyataan pahit saat Valon Behrami diganjar kartu merah di menit 31. Gelandang West Ham United ini diusir wasit setelah dianggap menyikut Vidal.

Bermain dengan 10 pemain, membuat kubu Schweizer Nati memilih bertahan dan menunggu momen untuk melakukan serangan balik. Sebaliknya, La Roja langsung terpompa untuk mengurung pertahanan Swiss.

Meski Chile menciptakan banyak peluang namun hingga babak pertama skor kaca mata tak berubah.

Memasuki babak kedua, Chile langsung menggebrak. Chile sebenarnya berhasil menjebol gawang Swiss di menit 49. Namun sayang gol lewat tendangan bebas Alexis Sanchez yang sempat membentur pemain Swiss dianulir wasit karena tiga pemain Chile telah terjebakoff side.

Chile harus bersabar menunggu hingga menit 75 untuk bisa menjebol gawang Swiss. Umpan silang pemain pengganti Esteban Paredes berhasil dikonversikan menjadi gol lewat tandukan Mark Gonzalez. Chile sementara unggul 1-0.

Unggul 1-0 tak lantas membuat pemain Chile puas. Tim besutan Marcelo Bielsa terus menggedor pertahan Swiss. Namun justru Swiss yang mampu membuat peluang bagus di menit-menit akhir pertandingan.

Pada menit 89, Gokhan Inler berpeluang menyamakan kedudukan jika tendangannya di dalam kotak penalti Chile tak tipis melebar. Skor 1-0 buat keunggulan Chile ini akhirnya bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan Pemain

Chile: Claudio Bravo, Mauricio Isla, Gary Medel, Waldo Ponce, Gonzalo Jara, Arturo Vidal (Jorge Valdivia, 46′), Carlos Carmona, Matias Fernandez (Esteban Paredes, 65′), Alexis Sanchez, Humberto Suazo (Mark Gonzalez, 46′), Jean Beausejour

Swiss: Diego Benaglio, Stephan Lichtsteiner, Steve von Bergen, Stéphane Grichting, Reto Ziegler, Valon Behrami, Gökhan Inler, Benjamin Huggel, Gelson Fernandes, Alexander Frei (Tranquillo Barnetta, 43′), Blaise N´Kufo

Honduras Tumbal Kemenangan Pertama Spanyol

VIVAnews – Spanyol menutup laga kedua melawan Honduras di Grup H dengan mengantongi tiga poin.  La Furia Roja memetik kemenangan dengan skor 2-0.

Kemenangan itu adalah kemenangan perdana Spanyol di Piala Dunia 2010. Sebab, dalam laga perdananya, Spanyol kalah tipis 1-0 dari Swiss.

Perolehan tiga poin serta mengoleksi dua gol membawa Spanyol sementara berada di urutan kedua. Sedangkan posisi puncak Grup H sementara tetap ditempati Chile dengan enam poin.

Spanyol sudah unggul sejak babak pertama lewat gol David Villa pada menit 17. Penyerang yang baru bergabung dengan Barcelona itu kembali menggandakan keunggulan pada menit 51.

Gol Villa bermula dari umpan silang dari sisi kanan lapangan. Villa yang berdiri bebas di luar kotak penalti langsung mengarahkan bola ke gawang Honduras.

Tendangan keras kaki kanannya akhirnya tidak mampu ditangkap oleh kiper Noel Valladares. Skor sementara 2-0 untuk kemenangan Spanyol.

Villa nyaris mencetak hattrick jika ia berhasil mengeksekusi tendangan penalti. Hadiah tendangan dari titik putih yang diberikan oleh wasit Yuichi Nishimura berawal dari pelanggaran yang dilakukan oleh Emilio Izaguirre kepada Jesus Navas gagal dimanfaatkan.

Villa yang menjadi eksekutor ternyata gagal. Tendangnya dari titik putih hanya melebar ke sisi kiri gawang.

Spanyol kembali mendapatkan peluang. Masuknya Cesc Fabregas menggantikan Xavi pada menit 65 langsung menggebrak gawang Honduras.

Tapi kapten klub Arsenal itu gagal setelah berhadap-hadapan dengan kiper Honduras. Sepakan kaki kananya mampu dibaca oleh Valladares.

Unggul dua gol tidak membuat Spanyol mengendorkan serangan. Tekanan demi tekanan terus dibangun oleh skuat Vicente del Bosque.

Serangan lewat sisi kiri dan kanan lapangan sampai menit akhir akhirnya tidak mampu menambah gol lagi. Kedudukan sampai peluit panjang dibunyikan tetap bertahan 2-0 untuk kemenangan Honduras.

Susunan pemain

Spanyol: 1-Iker Casillas; 15-Sergio Ramos (17-Alvaro Arbeloa 77′), 3-Gerard Pique, 5-Carles Puyol, 11-Joan Capdevila; 22-Jesus Navas, 14-Xabi Alonso, 8-Xavi (10-Cesc Fabregas 65′), 16-Sergio Busquets; 9-Fernando Torres (13-Juan Manuel Mata 69′), 7-David Villa.

Honduras: 18-Noel Valladares; 23-Sergio Mendoza, 2-Osman Chavez, 3-Maynor Figueroa, 21-Emilio Izaguirre; 19-Danilo Turcios (7-Ramon Nunez 62′), 8-Wilson Palacios, 20-Amado Guevara, 13-Roger Espinoza (12-Georgie Welcome 45′); 15-Walter Martinez; 11-David Suazo (10-Jerry Palacios 84′).

Iklan
  1. julianusginting
    Juni 22, 2010 pukul 10:06 am

    pertamaxx….judulnya lengkap nian..
    pokoknya sekali Belanda…tetep Belanda..hehee

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: