Beranda > olahraga, piala dunia, sepak bola > Iseng-iseng : Prediksi Inggris vs Jerman

Iseng-iseng : Prediksi Inggris vs Jerman

Inggris VS Jerman

Ini merupakan salah satu big match yang paling dinanti pecinta bola. Rivalitas keduanya telah memecahkan rekor di bursa William Hill hingga 30 Juta Pound.

Dilihat dari 4 pertemuan terakhir, keduanya selalu bermain imbang hingga menit ke 90. Namun setelahnya Jerman unggul dalam dua pertemuan dan sisanya seri. Sedangkan dilihat dari pertemuan secara keseluruhan Inggris boleh berbesar hati karena dari 27 pertemuan mereka menang 12 kali dan seri 5 kali. Jerman hanya 10 kali menang dari The Three Lions.

Sekarang kita mencoba melihat kondisi kedua tim saat turnamen ini berlangsung. Jerman tampil meyakinkan dengan bertengger di puncak klasmen grup D. Memang Jerman pernah ditaklukkan oleh serbia dengan skor 1-0. Namun perlu dilihat juga bahwa saat itu Jerman bermain dengan 10 orang pemain. Selebihnya Jerman membuktikan diri bahwa mereka memang tim yang kuat dengan menghancurkan Australia 4-0, dan mengalahkan Ghana 1-0 setelah sebelumnya sempat diragukan karena kekalahannya dari Serbia.

Inggris sendiri datang ke turnamen empat tahunan ini sebagai kandidat kuat Juara Dunia. Faktor kualifikasi yang meyakinkan, serta materi pemain yang bertabur bintang adalah penyebabnya. Tapi lagi-lagi kita harus tercengang. Tim besutan Capello ini tidak mampu menebas Amerika Serikat yang notabene bukan kekuatan utama sepak bola. Ditambah lagi penampilan Rooney cs masih belum nyeteli juga saat ditahan imbang 0-0 oleh Aljazair. Walaupun akhirnya lolos setelah menang tipis 1-0 atas Slovenia, penampilan Inggris masih belum menunjukkan kapasitasnya sebagai tim yang kuat. Jika Inggris tetap mempertahankan preforma mereka sejauh ini, maka mereka harus siap menyerah oleh Jerman.

Der Panser vs The Three Lions merupakan pertemuan antara 4-2-3-1 vs 4-4-2. Tugas utama Capello adalah bagaimana asuhannya mematikan Mesut Ozil. Mesut Ozil merupakan kunci kemenangan Jerman atas Ghana dan Australi. Dua tim itu membiarkan Ozil memiliki banyak ruang untuk bergerak. Bisa jadi tugas untuk menjaganya akan diserahkan pada Gareth Barry.

Taktik ini memang akan sedikit merugikan inggris. Karena saar Barry terus menutup pergerakan Ozil, Lampard harus bekerja ekstra keras dalam menghadapi Sami Khedira dan Bastian Scwheinsteiger. Alhasil porsi salah satu striker Inggris akan ikut dalam membantu pertahanan saat mereka kehilangan bola.

Salah satu striker yang punya potensi untuk melakukan itu adalah Wayne Rooney. Sepanjang karirnya di MU, Rooney mempunyai bakat dalam membantu pertahanan tim. Terlebih saat dia menjadi second striker saat Ruud Van Nisterloj menjadi target man utama, atau era Christiano Ronaldo menjadi goal getter di tahun 2008. Namun Capello juga tidak ingin Rooney terlalu mengurusi pertahanan. Karena hal ini memungkinkan Defoe sebagai target man menjadi miskin penetrasi di jantung pertahanan lawan. Sehingga alternatifnya Defoe dan Rooney akan secara bergantian dalam melakukan peran sebagai pembantu pertahanan.

Di pihak Jerman, Thommas Muller menjadi pemain paling vital di lini pertahanan. Kedisiplinannya dalam menjaga daerah (di sisi kanan) telah mengantarkan Bayer Munich pada level seperti saat ini. Dalam pertandingan ini Muller akan berusaha mematikan gerak Ashley Cole. Sejauh ini Cole merupakan pemain Three Lions yang punya penampilan terbaik. Dengan posisi Gerard yang dipaksa untuk bermain lebih ke kiri, mematikan peran Cole menjadi prioritas utama. Karena dengan demikian tidak ada gelandang kiri murni yang bisa mengkreator serangan dari sayap kiri. Kalaupun skema ini berjalan dengan baik, Inggris akan bermain sangat datar dan Jerman bisa mengambil keuntungan dari situasi ini.

Pressing secara masif yang dilakukan Jerman juga bisa menjadi kunci mematikan permainan Inggris. Sejauh ini distribusi bola Inggris dari center-back mereka bisa dibilang kacau dan memprihatinkan saat dalam tekanan lawan. Aliran bola yang tidak maksimal akan membuat barisan penyerangan Inggris kesulitan dalam membangun skema yang baik.

Catatan dari saya:

Kalau merujuk pada penampilan sejauh ini, Jerman lebih diunggulkan dalam memenangkan partai ini. Dengan kata lain diatas kertas, Jerman bisa menang dengan kemungkinan selisih satu goal.

Besutan Joachim Loew ini tampak lebih terkonsep dan rapi. Berbeda dengan inggris yang terkesan masih belum pede dengan skema dan materi tim mereka.

Terlebih lagi Capello dan timnya sejauh ini seolah menginginkan adu penalty. Hal ini menunjukkan kalau mereka akan mengambil lebih banyak inisiatif dalam pertahanan daripada menyerang. Padahal dari pengalaman sampai saat ini, Inggris sering terjungkal dalam adu pinalty.

Namun Inggris bukan berarti miskin harapan. Kalau saja Rooney cs bisa mengabaikan pendapat-pendapat miring dari kritikus, pers, dan fans maka akan lain hasilnya. Dengan materi pemain yang sangat bagus hampir di semua lini, mereka akan jauh bisa dominan bila bermain lepas.

Untuk sekedar memotivasi, mungkin Inggris perlu melirik calon lawan mereka bila mereka bisa mengatasi Jerman. Bila Inggris bisa menang atas Jerman, dan Argentina dapat meredam Meksiko, maka Inggris punya kesempatan untuk membalas dendam Goal tangan Tuhan Maradona, dan kartu merah Beckham karena sandiwara Diego Simeone. 🙂

Iklan
  1. Juni 27, 2010 pukul 10:17 am

    Gw dukung inggris

  2. Juni 27, 2010 pukul 11:45 am

    jerman mah pastinya

    pasukan hitler!

  3. Juni 27, 2010 pukul 12:41 pm

    Go England

  4. Juni 28, 2010 pukul 12:43 am

    Jadimya Argentina vs Jerman nih skrg

    Kalo internet tri vs axis cekidot dsn:
    http://adit38.wordpress.com/2010/06/28/adu-speed-internet-three-vs-axis-compare-dengan-im3-dan-smart-juga/

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: