Beranda > olahraga, piala dunia, sepak bola > Iseng-Iseng : Prediksi Pertandingan Brazil vs Chile

Iseng-Iseng : Prediksi Pertandingan Brazil vs Chile

Boleh jadi tim-tim Amerika Selatan cukup berjaya di perhelatan akbar Piala Dunia 2010 sejauh ini. Mereka meloloskan semua tim baik itu Brazil, Paraguay, Chile, Argentina, dan Uruguay. Bahkan Argentina dan Uruguay telah memastikan diri lolos ke Perempat Final.

Namun sayang Brazil dan Chile harus saling bunuh di 16 besar. Brazil mewakili grup G sebagai juara group. Sedang Chile menjadi runner-up di Group H, hanya kalah selisih gol dari Spanyol.

Brazil datang ke Afrika Selatan dengan status sebagai unggulan juara. Hal ini dikarenakan tim besutan Dunga ini keluar sebagai juara grup zona Concacaf dan tampil impresif dengan menjadi kampiun di Piala Konfederasi.

Rupanya status yang mereka sandang tidak sepenuhnya salah. Walau sempat kesulitan menghadapi taktik defensif Korea Utara, tapi toh akhirnya mereka bisa menang 2-1. Setelah itu, Fabiano menunjukkan kalau dirinya layak menjadi andalan lini depan Brazil dengan menyumbang 2 goal saat menumbangkan Pantai Gading 3-1. Hanya saja Brazil tak mampu mampu meraih hasil sempurna saat melawan kembaran mereka dari Eropa, Portugal.

Kekuatan juara dunia 5 kali ini terletak pada barisan penyerang mereka. Brazil memakai taktik 4-4-2 (4-2-2-2 ala brazil). Luis Fabiano dan Robinho bertugas sebagai penggedor. Kaka dan Elano adalah gelandang serang yang berdiri di belakang dua striker.

Namun dalam penerapannya formasi ini sering berubah menjadi 4-2-3-1. Robinho memposisikan diri untuk jauh menyisir sisi kiri, Elano sisi kanan, dan Kaka sebagai second striker di belakang Fabiano. Selain itu serangan dariu sayap juga dipertajam oleh penetrasi duo wing back Maicon dan Bastos.

Di lini pertahanan Lucio dan Juan masih menjadi pilihan utama Dunga. Tugas mereka dibantu oleh pemain favorit Dunga (karena punya gaya yang sama dengannya) Gilberto Silva sebagai jangkar.

Selama tampil dengan kekuatan penuhnya maka Brazil akan menjadi tim yang 90% meraih kemenangan (sesuai dengan filosofi dunga). Namun kita tentu belum lupa, bahwa Brazil sedikit tampil kacau begitu Kaka, Robinho, dan Elano tidak bermain. Hal ini bisa dilihat saat Brazil bersua dengan Potugal. Serangan yang dibangun dari 3 gelandang serang Alves, Baptista, dan Nilmar selalu mentah dan tidak terkonsep dengan cantik.

Chile merupakan lawan yang tidak bisa dianggap enteng oleh Brazil. Bielsa membuat penyegaran di tim ini dengan taktik menyerangnya. Dengan 3-3-1-3, Chile tampak atraktif dan cepat. Kemenangan atas Honduras dan Swiss adalah buktinya.

Tapi Chile masih punya masalah pada kestabilan mental para pemain. Terkadang mereka terlalu bernafsu untuk menekan lawan hingga jauh ke depan. Saat kehilangan bola maka pemain Chile akan siap melakukan body contact demi merebut kembali bola mereka. Taktik ini rawan serangan balasan dan pelanggaran keras. Da terbukti mereka harus bermain dengan sepuluh orang pada saat babak pertama.

Catatan dari Saya :

Kalaupun kedua tim dapat menurunkan pemainnya secara penuh, pertandingan kali ini akan berjalan sangat menarik. Kuartet Brazil dengan determinasi total akan berhadapan dengan kecepatan barisan penyerang dan sayap Chili.

Namun melihat dari cara permainan Chile saat berhadapan dengan Spanyol, saya khawatir mereka akan terlalu bernafsu untuk menaklukkan rivalnya ini. Kesalahan pemain Chile karena terlalu kedepannya barisan pertahanan serta mudahnya pemain Chile terkena kartu bisa dimanfaatkan oleh Brazil sebagai kunci kemenangan.

Walaupun peluang Chile berat, tapi mereka bisa berusaha membuat Kaka dan Elano mati kutu. Dimana ketika dua pemain ini dimatikan, otomatis serangan Brazil akan timpang. Dan disitu Chile bisa mengendalikan pertandingan dan merubah keadaan.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: