Beranda > olahraga, piala dunia, sepak bola > Iseng-iseng : Prediksi Pertandingan Portugal vs Spanyol

Iseng-iseng : Prediksi Pertandingan Portugal vs Spanyol

Inilah pertandingan paling panas di fase 16 besar selain Inggris vs Jerman. Dua negara ini merupakan tetangga yang memiliki rivalitas dalam kancah sepak bola. Walaupun tidak sepanas Brazil vs Argentina, namun pertemuan keduanya tetap layak untuk ditonton.

Spanyol kemungkinan akan mempertahankan 4-2-3-1 milik mereka. Hanya saja masalah kebugaran Torres masih menjadi masalah. Dia tampil tidak maksimal pada saat melawan Chile dan tampak kehilangan sentuhan. Kemungkinan Del Bosque akan memilih dua gelandang sayap untuk membuka ruangan dari lebar lapangan, dan menempatkan kembali David Villa sebagai target man di depan.

Spanyol perlu terus bermain melebar dari dua sayap mereka. Sebuah hal yang tidak terlihat saat mereka di tekuk Swiss. Para gelandang di belakan Villa bermain terlalu menumpuk di tengah. Sehingga Spanyol justru terkurung dan kurang berkutik begitu ada di area pertahanan lawan.

Karena Portugal sangat kuat di Sayap dengan Christiano Ronaldo-nya, maka Sergio Ramos dan Juan Capdevila akan sulit untuk membantu lini tengah. Dengan kata lain Spanyol perlu melebarkan lini tengahnya agar tidak terlalu menumpuk di tengah. Untuk mengatasi pertahanan sejajar Portugal, Spanyol pun masih harus mencari akal.

Protugal sendiri merupakan tim kuat namun belum terkonsep dengan baik. Pada dasarnya mereka menggunakan 4-3-3. Bila dibutuhkan secara otomatis akan berubah menjadi 4-5-1. Dan Carloz Queiroz telah memakai 19 dari 20 pemain non kipernya. Eduardo, Carvalho, Alves, Coentrao, Meireles and Tiago adalah pemain-pemain yang dipastikan menempati posisi ideal mereka. Namun yang menjadi pertanyaan, pada posisi lainnya. Pedro Mendes atau Pepe yang cocok mengendalikan lini tengah? Ronaldo diposisikan sebagai winger, atau striker? Bakat Simao, kedisiplinan Duda? Queiroz bukanlah manajer yang handal dalam menentukan komposisi sebuah tim. Sebagaimana dia menempatkan Ronaldo di depan sendirian saat gagal menaklukkan Brazi dimana saat itu tim Samba bahkan tidak diperkuat Kaka, Robinho, dan Elano.

Sekarang tujuan Portugal adalah mematikan avi sebagai playmaker Spanyol. Dan kemungkinan hal ini akan dibebankan pada Meireles-Tiago-Mendes/Pepe. Saat Xavi dimainkan maka tugas sebagai pengendali lini tengah akan dibebankan pada Xabi Alonso. Namun selama ini Xabi kurang mampu berperan sebagai central permainan. Dia lebihsuka bermain menyebar.

Sebenarnya ini adalah pertandingan dua tim dengan bakat-bakat paling bagus di muka bumi. Kita boleh berharap bila pertandingan akan berjalan seru tapi alot. Serangan-serangan dari para wingger terbaik selama ini menjadi sebuah suguhan yang patut ditunggu. Tapi sangat disayangkan kedua tim tidak memiliki NO.10 alami sebagaimana Maradona, Platini, Zico, dan Zidane di masa jayanya dulu. Seorang pemain yang mampu menjadi pusat permainan dan panutan bagi rekan-rekannya.

CATATAN DARI SAYA :

Dari sekian pertandingan di 16 besar, bagi saya inilah pertandingan paling sulit diramalkan. Mereka (Portugal dan Spanyol) merupakan tim kuat dan kandidat juara. Namun mereka sama-sama tertatih-tatih di level grup. Spanyol menjadi juara grup namun didapatkannya dengan sekali kekalahan dari Swiss, dan kemenangan yang kurang meyakinkan saat berhadapan dengan Chile. Potugal boleh berbangga karena mampu melesakkan rekor pertandingan dengan 7 golnya ke gawang Korea Utara. Namun mereka seolah kurang menggigit menghadapi pantai gading, dan tak mampu mencuri kesempatan saat melawan Brazil yang tidak diperkuat pemain kuncinya saat itu.

Saya khawatir, seandainya Spanyol masih saja belum menemukan bentuk permainan idealnya seperti saat memenangi Euro 2008, dan Portugal masih membongkar pasang formasi, maka pertandingan ini hanya akan menjadi sangat membosankan.

Untuk pemenang sekali lagi saya kira 50:50. Bisa jadi akan ada perpanjangan/adu penalty. Kalaupun salah satunya menang mungkin skor tipis. Skor besar dapat terjadi kalau salah satu tim diganjar kartu merah, atau kejadian kontroversial.

Tapi bila, mereka tampil dengan formasi terbaik… saya sarankan anda untuk menambah pembelian kacang..!!!🙂

  1. ricky.sc
    Juni 29, 2010 pukul 2:39 pm

    saya dukung spanyol…

    trims ulasannya…

    • Alfan F
      Juni 30, 2010 pukul 3:02 am

      sama-sama… terima kasih juga karena sudah mampir

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: