Beranda > gaya hidup, musik, tips > TIPS KARAOKE INSTAN PASTI TOKCER

TIPS KARAOKE INSTAN PASTI TOKCER

Setelah menghabiskan malam berkaroke dengan dearest friends. Asli prihatin banget dengan kualiti penyanyi2 karbitan jebolan Inulvista dan NAV ini. Menyanyi itu ibarat maen catur. Perlu taktik dan persiapan yang matang. Klo hanya mikir buat ngelepas stress aja..Well…gpp sih…Tapi pada ga mau kan klo dicap “Pekak Nada” oleh temen2. Padahal Pitch Control dan penguasaan lagu itu adalah suatu proses panjang, berulang dan menyita waktu. Akhirnya dengan sangat terpaksa gw harus menurunkan ilmu menyanyi gw.. ilmu yang walau sedikit tapi sampe detik ini sudah banyak menyelamatkan muka orang2. En here they goes :

1. Perbanyak makan gorengan dan es batu sebelum konser. Dengan begini suara anda yang pas-pasan akan tertutupi dengan suatu suara yang seksi dan mendesah. Ketika loop2 nada tinggi tak mampu anda capai, lakukan deheman agak keras..pada titik ini orang-orang akan paham bahwa anda lagi terserang radang tenggorokan.

2. Kesulitan penyanyi-penyanyi amatuer yang sering dijummpai adalah “How to start the song ?”
Nie maen di kunci apa sih ?
Suara rendah, tinggi, apa kepala ??
Tenang-tenang..Gampang sekali untuk mengatasi hal tersebut. Yang anda lakukan pertama adalah, pada saat intro lagu. Tutuplah satu telinga dengan tangan yang bersesuaian. *HATI-HATI dengan pemilihan tangan ! Menutup kuping kanan dengan tangan kiri adalah a BIG NO NO !!..Anda malah semakin terlihat amateur-red* Pejamkan mata dan posisi kepala agak menunduk. Pastikan muka tidak dalam posisi mengernyit.
Secara perlahan ayunkan kepala kearah atas, sambil mengikuti musik yang masih mengalun.Berhenti Pada kondisi mike yang sudah rata-rata air dengan tepi atas Monitor teks. *anda boleh mengintip sedikit-red*. Jika anda masih juga belum menemukan lokasi masuk tersebut, ayunkan kepala anda dengan saaaangat perlahan ke kiri dan ke kanan *sebagian orang menganggap ini sama dengan menggelengkan kepala..NO!..itu adalah contoh klasik yang salah. Sekali lagi, Mengayun, bukan menggeleng..-red*.
Jika anda sudah mengikuti semua anjuran diatas dengan semestinya, seharusnya posisi lagu sudah ditengah, dan orang-orang sekitar sudah dipastikan ikut menyanyi. Jadi anda tidak akan kesulitan lagi untuk meneruskan lagu tersebut bukaaan…

3. Bagi anda yang kesulitan mencapai nada tinggi.. Well..jangan khawatir. Even penyanyi kaliber dunia sekalipun mempunyai keterbatasan itu juga. Tapi mengapa mereka terlihat lihai menyambut 2 oktaf maupun Mariah Carey yang katanya bisa ampe 7 oktaf ??? Sebenernya simple aja..Mereka menggunakan jari2 mereka dalam menyanyi. This is Called “Dancing Finger Distraction”. .Ingat, jangan gunakan semua jari, karena anda malah akan terlihat seperti penari kecak. Bukan itu target anda.-red* Paling jamak digunakan adalah jari telunjuk. Yang anda lakukan adalah melakukan posisi seperti menekan tuts ATM *atau seperti menekan2 jerawat bagi anda yang tidak memiliki ATM*. Semakin tinggi nada yang anda capai, penekanan dilakukan semakin cepat dan random. Maka ketika nada-nada tinggi itu banyak dan lamaaa..jari2 anda terlihat seperti menari2 diudara. Moral dari kegiatan ini adalah, diharapkan perhatian dari orang2 akan beralih kepada kegiatan tersebut. Ingat looh..ini dilakukan penyanyi kaliber dunia..

Catatan kaki :
Untuk point 3 : Trick ini sebenarnya sudah di BAN oleh IPSSA(International Pure Singing and Sportivity Assotiation, Asosiasi Internasional untuk sportivitas dan menyanyi galur murni). Dibeberapa panggung Opera seperti di Milan, Trinidad&Tobago, serta Rhodesia mengakalinya dengan menggunakan jari kaki. Akan tetapi hal ini tidak menjadi domain pembahasan dalam topik kita, karena dirasa sudah terlalu melebar. *Silakan cari sendiri infonya di internet-red*

FAQ

Tanya : Kak, saya susah mencapai nada tinggi. Temen saya menganjurkan untuk diimprove aja. Itu bagaimana kak ? Terima kasih atas jawabannya ya kak. Salam jauh dari Surabaya.

Jawab : Ada sebagian orang yang berusaha melakukan improvisasi lagu untuk menyiasati suara mereka. Itu adalah ajaran yang SALAH. Improve itu membutuhkan teknik skill yang tinggi. Banyak penyanyi2 karbitan yang terjerumus untuk improve dulu sebelum mempelajari nada dengan benar. Yang terjadi adalah mereka sukses membuat lagu “Against all Odds” berirama “Rayuan Pulau kepala”. Memang tidak dapat dipungkiri ketika improve berhasil dilakukan, kredibilitas penyanyi akan naik setengah dari grade asal. Tapi terlalu risky. Karena ketika gagal, akan turun 2 grade. Probabilitas keberhasilan pun 10:90. Well..semua berpulang ke temen2 semua. Karena kan bisa dibilang pada udah gede. Udah ngertilah mana yang dilarang mana yang dianjurkan.

Tanya : Sehubungan dengan perjalanan saudara dalam dunia musik, berkaitan dengan hal tersebut kami ingin mengkonfirmasikan hal dibawah ini :
Dari mana saudara mendapatkan pengetahuan musik ? Apakah saudara otodidak ? -Mohon Opininya-
Jawab : Pada dasarnya tidak ada sekolah musik resmi yang saya ikuti. Namun demikian, kakek dari buyut saya adalah pemain rebana terkenal sewaktu zaman penjajahan Belanda. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan beribu-ribu terima kasih.

Ask : Hi, this is Steve from Ukraine. I want to ask you about when is the perfect age to start music. -Kindly wait for your reply, TQ-
Answer : My suggestion is when you are still in your mama stomach.
*terjemahan : saat masih dalam kandungan -red*

sumber

Iklan
  1. Juli 3, 2010 pukul 2:33 pm
  2. 'Ne
    Juli 3, 2010 pukul 2:39 pm

    haha ngasal banget deh tipsnya hihi.. pasti sering di praktekin sendiri yaa?? 😀
    salam kenal 🙂

    • Alfan F
      Juli 4, 2010 pukul 7:19 am

      begitulah… 😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: