Beranda > Film > Cinta Dua Dunia ala My Girlfriend Is Gumiho

Cinta Dua Dunia ala My Girlfriend Is Gumiho



Sekilas My Girlfriend is Gumiho

My Girlfriend is Gumiho

Seorang kawan yang kebetulan pulang dari Bandung, merekomendasikan saya sebuah Drama Seri Korea yang berjudul “My Girlfriend is Gumiho”. Gumiho sendiri merupakan bahasa korea dari Nine Tailed Fox a.k.a. Rubah Berekor Sembilan. Weits…. ada kaitannya dengan Naruto kah? Aniyo… (halah terbawa suasana drama korea), maksud saya Tidak. Ini tidak ada kaitannya dengan manga Naruto.

My Girlfriend is Gumiho sendiri menceritakan kisah cinta dua dunia antara manusia bernama Cha Dae Woong (diperankan Lee Seung Gi) dan Gumiho (Shin Min Ah). Kisah mereka bermula saat Dae Woong yang kabur dari kakeknya, ‘terdampar’ di sebuah kuil tua. Di situlah dia dihantui oleh sesosok wanita dalam sebuah ruangan. Ponsel yang dipinjamnya dari biksu di kuil tersebut, terus saja mengeluarkan suara wanita misterius tadi. Padahal ponsel itu baterenya udah koit (alias habis). Melalui ponsel tadi wanita misterius itu meminta Dae Woong untuk menambahkan gambar ekor berjumlah 9 pada lukisan “Nenek dan Rubah” di ruangan tersebut. BTW hebat ya… silumannya pasti seorang hacker bisa masuk ke gelombang sinyal GSM (halah).

Lanjut… setelah Dae Woong menambahkan 9 buah ekor pada gambar rubah (yg sempat dikiranya gambar anjing he he he), tiba cuacanya mulai lebay… Gledhek menyambar-nyambar, angin bertiup kencang, petirnya clap clap clap (anu… saya gak nemu istilahnya). Dan itulah pertanda Rubah Ekor Sembilan keluar dari segelnya untuk masuk ke dunia manusia.

Dae woong yang ketakutan pun lari ke hutan. Malang tak dapat ditolak, dia kepeleset dan jatuh ke jurang. Hampir semua tulang ditubuhnya remuk redam. Dia sekarat. Di saat itulah Gumiho datang dan menyelamatkan Dae Woong. Gumiho merasa harus membalas jasa Dae Woong yang telah membantunya keluar ke dunia manusia. Si siluman cantik jelita ini akhirnya memutuskan untuk memberikan Kristal Kehidupannya pada Dae Woong.

Dari sini lah kisah cinta mereka dimulai. Gumiho terus mengikuti Dae Woong kemanapun dia pergi. Tidak itu saja, dia minta diberi jatah daging sapi sebagai makanannya (Aaaa Basta). Kalau tidak Mi Ho mengancam akan memakan Dae Woong. Memang sih konon ceritanya Gumiho ini di legenda rakyat korea, gemar memakan hari manusia agar dia bisa jadi manusia. Namun ternyata itu Cuma gosip yg disebarkan para wanita yang cemburu pada kecantikan Gumiho.

Awalnya Dae Woong risih dan bete juga melayani Gumiho yang manja ini. Namun kelamaan, seiring dengan masalah-masalah yang datang, Dae Woong mulai benar-benar jatuh hati pada Gumiho. Bagaimana akhirnya kelanjutan kisah mereka….??? Nah kalau itu anda tonton saja sendiri he he he. Karena kalau saya tulis di sini bisa puanjaaaaaang.

Tapi yang jelas drama korea yang satu ini benar-benar sangat direkomendasikan untuk ditonton. Konsep ceritanya beda dari yang cerita cinta kebanyakan yang mengadaptasi dari kisah Cinderella (cinta antara kaya dan miskin). My Girlfriend is Gumiho lebih mengadaptasi kisah cinta Little Mermaid dimana ini benar-benar kisah cinta dua spesies berbeda wo ho ho ho species katanya…. Hoy Hoy.

Gu Mi Ho saat bulan purnama dengan 9 ekornya

Casting-nya alias pemilihan perannya pun sangat pas. Apalagi Shin Min Ah yang berperan sebagai Gumiho. Dia berhasil memunculkan sisi centil, polos, sekaligus mempesona dari seorang siluman yang konon kecantikannya tiada duanya ini. Dan jujur gara-gara drama ini saya jadi merubah tipe cewek idaman. Saya jadi suka cewek yang punya ekor 9 dan suka makan daging…. Ah jadi nomu nomu nomu nomu nomu Joa Shin Min Ah ha ha ha ha.

Apa Yang Perlu Dipelajari dari Drama Ini

Kisah cinta dua dunia ini sebenarnya hampir ada di legenda tiap negara. Kalau di China ada “Chinese Ghost Story” (hantu dan manusia), di Indonesia ada Jaka Tarub dan 7 bidadari (manusia dan bidadari), atau Twilight dari amrik yang menceritakan kisah cinta Vampire dan manusia.

Hanya bedanya, Korea adalah salah satu negara yang mampu mengemas legenda rakyat menjadi sebuah tontonan pada era modern dengan apik. Bahkan gara-gara drama ini, bisa jadi kesan Gumiho sebagai pemakan hati manusia benar-benar berubah. Kini Gumiho dianggap adalah gadis cantik, polos, dan manja (saya mau…saya mau). Saya yakin deh banyak anak muda jaman sekarang yang lebih mengenal cerita Gumiho (gara-gara film ini) daripada Jaka Tarub dan 7 bidadari…

Di negara kita sendiri banyak ide cerita yang harusnya bisa dikembangkan oleh sineas kita. Bikin saja Kuntilanak versi cantik (misal : yg jadi kuntilanak Pevita dan pakainnya dibikin fashionable 😀 ) yang tiba-tiba jatuh hati pada manusia. Atau bikin cerita soal Genderuwo yang ternyata adalah makhluk dari dunia lain yang mengidolakan Bob Marley. Karena itulah hantu ini punya rambut gimbal…. sriiing. Dan tiap kali kita bertemu dengannya, sang Genderuwo akan menyanyikan lagu, “Welcome.. to Paradiese”.

Ok... saya menuntut perubahan image kuntilanak menjadi cantik, modis, baik hati dan tidak sombong

Andai saja kita serius membuat drama seperti ini, cukup beberapa episode saja dengan soundtrack yang mendukung (bukan asal comot lagu baru yang sedang ngetren… tp benar-benar buat khusus untuk satu proyek sinetron), dan tentu saja casting yang mumpuni, bukan tidak mungkin kita akan membuat sinetron yang benar-benar layak jual di pasaran Internasional. Sehingga ada kesempatan bagi Indonesia untuk lebih mengenalkan keunikannya pada dunia.

Iklan
  1. Desember 25, 2010 pukul 9:52 am

    ji-seok,aku mengkow njal ukyoe,,
    lek wes mari tugasq,,
    hahaha,,

    n_n

    • Alfan F
      Desember 25, 2010 pukul 9:53 am

      Park Do Seun… men ding min jam Ajeng-noona wae..!!!

  2. ie-ie suryanie
    Februari 19, 2011 pukul 10:16 am

    perfect…………………………..
    alangkah indahnya apabila punya kekasih seperti daewooong…………..
    bae bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet,,,so sweet dech..
    hehehehehe………

  3. Alief korealove,
    Maret 13, 2011 pukul 10:55 am

    Hadeeeeh,,,drama korea in emang bener2 keren,:D
    dae wongg keren banget,,
    pengen deh punya kristal kayak punya miho,,,:D pokoknya harus nnton drama in deh,,,:D
    so sweeet banget,,,:D
    saya udah ngulang drama in berkali-kali,,:D

  4. Mei 19, 2011 pukul 3:16 pm

    Haha diriku suka pemikiranmu chingu,
    Sinet indo kadang lebay kalo ratingnya udah bagus *sorry bkn niat bashin xD*

  5. Juni 2, 2011 pukul 3:40 pm

    ulasan dan ide untuk pengembangan sinema indonesia sangat mengena.

    saya setuju banget kalau sinetron itu indonesia itu tidak perlu striping. cukup belasan episode aja kayak K-Drama My girlfriend is Gumiho, Dorama Shimokita Glory Days :hammer:

    yang penting kualitas bukan kuantitas….

    dan bener banget banyak legenda dan cerita rakyat lokal yang bisa dikembangkan meskipun ada bumbu fiksi ya gak papa lah.

    sekarang saya jadi berpikir meskipun negara Korea yang sudah maju dan K-Drama yang cukup padat disana aja masih bisa melahirkan sebuat drama yang keren dari berbagai sisi

    IMHO

  6. miho lover
    Juni 27, 2011 pukul 4:28 pm

    NOMU NOMU NOMU NOMU NOMU NOMU CHUWAAA….TING TING…

  7. Oktober 20, 2011 pukul 10:38 am

    Supah, film korea ini saya suka skali, lucu apa lagi kalau lihat si gumingho, padahal aku ngak suka film korea.. tpi yang satu ini, teophe begete…

  8. elva gegh
    Oktober 24, 2011 pukul 9:40 am

    i like film my girlfriend is gumihoo

  9. zri
    November 4, 2011 pukul 9:32 am

    sumpah film ini bagus bgt.!!!!!!!!!!
    di tayangkan lagi donk please karna aku belum sempet nyaksiin episode yang pertamanya .!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  10. Yaya
    November 6, 2011 pukul 2:41 pm

    Hemm bner2. Mnrt q snetron2 d indonesia itu jln crtanx itu2 mlulu’. Pzti cinta antra si miskin dg si kaya. Trz critnx jg panjaaaaang bgtz. Bkin bozen aja.

  11. November 27, 2011 pukul 2:08 pm

    w suka banget film ini smoga ada season 2 nya

    • Juni 15, 2012 pukul 12:39 pm

      setuju banget sy jg sangat suka pokokx biar d nonton berkali-kali tetap menghibur.

  12. Oktober 18, 2012 pukul 11:29 pm

    Observe The Vampire Diaries Season 4 Episode 2 this kind of Thursday night time,
    October Eighteen, 2012 with 8:00 Evening around the CW. The particular Vampire Diaries Season 4
    Episode 2 is actually named “Memorial”.

  13. Mei 6, 2013 pukul 2:19 pm

    film ini memank bener 2 bagus deh
    film ada sedih , ceria ,dan senang
    yg pnting top deh buat film ini

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: