Beranda > Film > James Bond, Jason Bourne atau Ethan Hunt Yang Lebih Hebat?

James Bond, Jason Bourne atau Ethan Hunt Yang Lebih Hebat?

Salah satu film yang paling diminati pasar adalah film aksi dengan tema agen rahasia. Bahkan film tentang agen mata-mata seperti James Bond, Bourne atau Mission Imposible selalu saja merajai Box Office.

Namun dari ketiga film tentang para agen rahasia ini kemudian muncul pertanyaan. Kalau misalnya karakter utamanya hidup di dunia yang sama, maka siapa yang lebih hebat antara James Bond, Jason Bourne atau Ethan Hunt? Berikut ini sedikit penjabaran tentang profil dari ketiga agen tersebut untuk dijadikan bahan pertimbangan.

James Bond

Karakter ini dibuat oleh Ian Fleming di tahun 1953. Diangkat ke layar lebar mulai tahun 1962 hingga sekarang (total 23 film). Diperankan oleh aktor-aktor terkenal di zamannya seperti Sean Connery, George Lazenby, Roger Moore, Timothy Dalton, Pierce Brosnan, dan yang terakhir Daniel Craig.

Pada dasarnya Bond selalu punya tiga ciri khas. Yang pertama adalah penampilan Bond yang seringkali berpakaian rapi dan memakai setelan jas mahal. Tampilan Bond yang perlente ini kadang membuat kita sedikit mengernyitkan dahi. Apa memang benar seperti ini Agen Rahasia? Apalagi Bond ini narsis abis. Kalau ditanya siapa namanya, gak pernah pake nama samaran. Langsung bilang, “Bond… James Bond”.

Ciri Khas Bond yang kedua adalah wanita-wanita cantik. Hasrat Bond akan wanita cantik ini juga cukup bikin geleng-geleng kepala. Dimanapun ada wanita yang menarik hatinya, gak peduli istri musuhnya kalo dia suka langsung deh…. (you know lah maksud I laaah).

Yang ketiga atau yang terakhir, Bond selalu lekat dengan peralatan canggih. Saat mengemban tugas dia benar-benar dimanja oleh gadget yang dibuat oleh Q. Mobil dengan komputerisasi paling mutakhir, pistol dengan pengenal sidik jari, pulpen yang bisa meledak, jam monitor, dll. Tapi walaupun Q selalu meminta benda ciptaannya dikembalikan dengan keadaan baik, Bond akan mengembalikan semuanya dengan keadaan rusak.

Di era Daniel Craig cerita dan karakter Bond mengalami perubahan yang cukup ekstrim. Masih tetap dengan kegemarannya memakai setelan yang rapi dan dikelilingi oleh wanita cantik namun Bond yang dulu agak malas kalo soal urusan berantem, kali ini digambarkan sangat maniak tonjok-tonjokkan. Bahkan boleh dibilang Bond sekarang adalah agen yang sangat brutal karena siapa saja yang berantem dengan Bond selalu berakhir dengan kematian. Ketergantungan Bond akan alat canggih juga mulai berkurang. Gadget yang dibawanya terkesan standard agen rahasia pada umumnya.

Dibalik sifatnya yang urakan dan seenaknya sendiri, Bond adalah agen yang punya dedikasi besar untuk negaranya. Beberapa kali Bond punya kesempatan untuk pergi dari hiruk pikuk dunia spionase yang membuatnya lelah. Tapi nasionalismenya selalu membuatnya kembali menerima tugas walau dengan kondisi tubuh yang mulai rapuh sekalipun.

Jason Bourne

Jason Bourne adalah sebuah gambaran agen yang berbeda 180 derajat dari James Bond. Bourne dikisahkan adalah seorang agen yang terbentuk oleh program rahasia Treadstone. Karena ada satu kesalahan Bourne tertembak dan mengalami amnesia.

Treadstone merasa terancam dengan kegagalan Bourne menjalankan misi. Untuk itulah mereka memburunya untuk dilenyapkan. Namun walaupun Bourne dalam kondisi amnesia, dia tetaplah agen yang berbahaya. Terbukti para agen yang dikirim untuk membunuhnya selalu mati.

Karena merasa pengejaran terhadapnya tidak akan selesai kalau dia belum menemukan akar permasalahan, Bourne yang pada mulanya dikejar pun malah mengejar balik. Perlahan tapi pasti dia memburu orang-orang dibalik Treadstone.

Berbeda dengan James Bond yang cenderung “narsis”, Bourne selalu bekerja dengan sembunyi-sembunyi, membaur dengan sekitar, dan terencana. Bahkan dalam beberapa aksinya Bourne selalu menghapus jejak agar menyulitkan pemburunya untuk mengejar. Gaya perkelahian Bourne yang mengadaptasi Krav Maga, juga jadi daya tarik. Cepat, tepat, akurat.

Ethan Hunt

Kalau Bond dan Bourne suka beraksi solo, maka Ethan Hunt adalah agen yang selalu bekerja dalam tim. Setiap kali mendapat misi dari atasannya, Hunt diminta untuk memilih sendiri anggota tim-nya. Tidak selalu harus agen, orang yang dipanggil Hunt bisa dari kalangan dan profesi manapun. Selama itu bisa membuat misinya berhasil.

Hunt adalah orang yang sangat terencana. Steb by step tugasnya selalu dipersiapkan dengan matang. Tidak hanya jago berantem dan menguasai taktik spionase, Hunt juga seorang ilmuan yang cukup handal. Salah satu aksinya untuk menyelinap ke Burj Dubai membuatnya harus menghitung perhitungan matematis yang cukup rumit agar dia bisa selamat.

Setiap misi yang dilakukan olehnya tidak akan diakui oleh pemerintah. Kalau berhasil dia hanya akn mendapat bayaran tanpa penghargaan dan publikasi, kalau gagal keberadaannya akan disangkal.

Peralatan yang dimiliki oleh Hunt dan timnya terbilang sangat canggih dan revolusioner. Bahkan peralatan dar divisi Q akan terlihat seperti mainan anak-anak kalau dibandingkan dengan milik Hunt.

So dengan ketiga penjelasan diatas, siapa yang terhebat? Apakah Bond dengan style-nya yang parlente dan glamour tapi punya jiwa nasionalis yang tak terbantahkan? Atau Bourne yang ahli dalam beladiri tangan kosong dan senjata api, rapi dalam setiap pekerjaan, dan tentu saja mematikan? Atau mungkin Ethan Hunt yang punya tak tik sangat baik dan piawai dalam bekerja membangun team. Andalah yang menentukan.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: