Archive

Archive for the ‘roman’ Category

JOMBLO Chapter 1 : Berdamai Dengan Kesendirian

September 12, 2010 2 komentar

Definisi Jomblo

Kebanyakan orang menganggap bahwa Jomblo adalah kondisi yang menunjukkan bahwa seseorang itu tanpa kekasih. Di sisi lain ada yang mengartikan Jomblo dengan kalimat yang lebih ‘gagah’, bahwa Jomblo adalah orang yang bebas dan tanpa ikatan. Yang jelas bagaimanapun bentuk kalimatnya, Jomblo pada intinya merujuk pada kesendirian.

Jomblo adalah sebuah kata yang paling dihindari oleh sebagian besar masyarakat modern. Bagi mereka Jomblo merupakan penyakit yang mungkin lebih hina daripada (maaf) kusta. Gara-gara Jomblo orang bisa nekat mengakhiri hidup, gara-gara Jomblo orang bisa hilang akal dan kewarasan, dan gara-gara Jomblo orang bisa mendapat fitnah terkeji. Sungguh menyakitkan…. Apalagi bagi kita yang menyandang status ini sekarang. Seolah-olah kita merasa telah lahir pada zaman yang salah. Zaman yang tidak mengizinkan kita untuk menjadi diri sendiri. Zaman yang tidak mentolelir kekurangan yang diakibatkan karena persepsi mayoritas mendepak kita lingkungan mereka.

Namun…. Show Must Go On! Jomblo memang bisa menjadi musibah yang menyakitkan, tapi dengan sedikit kemauan status ini justru mendekatkan para penyandangnya pada tingkat yang lebih tinggi. Yah…. Ibarat Dare Devil atau Si Buta Dari Goa Hantu yang memanfaatkan kebutannya untuk menjadi kuat, maka Jomblo pun bisa merubah kondisinya menjadi sesuatu yang luar biasa.

JOMBLO MUSIBAH ATAU BERKAH?

Jomblo ini musibah atau berkah? Inilah pertanyaan yang sering dilontarkan para Jombloers. Dan jawabannya kembali pada bagaimana kita menyikapi ke-jombloa-an ini. Kalo misalnya… misalnya loh ini, udah jomblo karena muka berantakan, duwit ga seberapa, minim bakat dan prestasi, serta kerjanya mengeluh dan meratap sampai termehek-mehek maka dengan mantap kita masukkan Jomblo model begini sebagai musibah. Kelas berat malah….

Agar tidak terjerumus dalam kesengsaraan akibat Jomblo, kita perlu berdamai dengan kondisi ini. Dengan kata lain kita sedang “BERDAMAI DENGAN KESENDIRIAN”. Kesendirian tidak selamanya buruk. Dalam situasi ini kita bisa mencoba untuk menenangkan jiwa yang bergejolak. Dalam kesendirian pula kita bisa mengenal kembali siapa diri kita dan apa sebenarnya tujuan hidup kita yang hakiki.

Dalam kesendirian, otak dipaksa untuk berfikir lebih keras. Berfikir bagaimana kita menjadikan diri kita jauh lebih berarti untuk orang-orang yang kita kenal.

Dalam kesendirian pula, hati kita asah agar lebih tajam. Tajam dalam menangkap kalau masih banyak orang-orang disekitar kita yang kita acuhkan, padahal mereka sangat membutuhkan perhatian dari kita.

Dalam sebuah artikel Jomblo juga disamakan dengan gencatan senjata dimana kita mengatur siasat, meramalkan peluang, dan mengoptimalkan potensi yang kita miliki. Tujuannya bukan untuk menaklukkan gadis/pria idaman. Tapi tujuan kita bagaimana dengan kesendirian itu kita menemukan bentuk dan karakter terbaik kita. Sehingga kita datang pada sang dambaan hati bukan sebagai “pengemis cinta”. Tapi sebagai “penakluk”, sebagaimana Raja Sulaiman menaklukkan Ratu Bilqist.

(Bersambung Kapan-Kapan)

Tokyo Love Story

Maret 23, 2010 Tinggalkan komentar

Dorama ini mencertiakan tentang seorang cowok lugu yang baru pindah kerja ke Tokyo. Ia bernama Kanji Nagao yang diperankan oleh Oda Yuuji. Pada awalnya ia mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di daerah Tokyo.

Akan tetapi berkat bantuan rekan sekerjanya yang bernama Rika Akana yang diperankan oleh Honami Suzuki, Akhirnya Kanji dapat dengan cepat menyesuaikan dirinya. Rika selalu ada di sisi Kanji dan selalu membantu Kanji, bahkan hampir dalam setiap situasi. Tidak hanya itu saja, dalam masalah tentang cinta sekalipun, Rika ikut membantunya.

Kanji sejak di sekolah dahulu pernah naksir seorang cewek yang lemah lembut. Cewek tersebut bernama Satomi Sekiguchi. Cinta pertama Kanji tersebut muncul di Tokyo. Kanji tidak pernah berani untuk menyatakan perasaannya tersebut ke Satomi. Hingga suatu saat dia punya keberanian untuk menyatakan, ternyata itu cewek malahan naksir orang lain, yakni temen sekolah Kanji dulu yang bernama Minami, yang diperankan oleh Yosuke Eguchi.

Namun Rika ternyata jatuh cinta sama Kanji. Namun, cintanya yang terlalu besar kepada Kanji membuat Kanji menjadi kerepotan.

Pemain :

Yosuke Eguchi, Honami Suzuki, Oda Yuji, Narimi Arimori, Akiho Sendo,

Soundtrack Tokyo Love Story (Original)

Soundtrack Tokyo Love Story (Bahasa Indonesia)

Too Much Love Will Kill You (Saat Jatuh Cinta Menjadi Penyakit Kejiwaan)

Maret 6, 2010 4 komentar

Jatuh Cinta itu wajar, lumrah, dan fitrah. Namun hati-hati kalau dosisnya berlebihan bisa-bisa kita terkena sebuah gejala kejiwaan. Makan tak enak, tidur tak nyenyak, belajar tak konsen, jantung berdegup lebih kencang, nafas menderu tak karuan, apalagi kalau ada doi (ceile doi). Selain itu Jatuh cinta juga bisa membuat orang yang berjiwa preman sekalipun jadi sastrawan roman picisan. Nah lo….

Tapi memang benar. Ada sebuah sindrom kejiwaan yang erat kaitannya dengan masalah “cinta” (heleh kok rasanya aneh nybut kata satu ini). Sindrom ini disebut “Syndrom Oneitis”. Diambil dari bahasa Inggris One-It-Is. Yang artinya adalah kecederungan untuk menyukai seorang wanita tertentu dengan berlebihan. Orang yang menderita sindrom ini biasanya akan menganggap bahwa wanita pujaannya adalah satu-satunya wanita yang paling sempurna, pasangan terbaik, dan susah kalau kehilangan dengan si dia.

Adapun gejala awal yang sering terjadi pada sindrom ini adalah :

1. Kita bersugesti atau bahkan berhalusinasi kalau dia adalah satu-satunya wanita terbaik yang bisa didapatkan. Bahasa bulenya “She is the one” atau “The On it is”, dialah satu-satunya (memper-memper lagunya Dewa19).

2. Akibat pikiran kita yang berlebihan kita jadi dangdut banget. Dangdut dalam hal ini merujuk pada lagunya Evie Tamala yang “Mau makan teringat padamu, mau tidur teringat padamu, mau apapun teringat padamu, kekasihku”. Hasilnya kita jadi merasa harus mendapatkan dia. Pokoknya harus….

3. Namun karena hasrat tidak seimbang dengan iman (apaaa maksudnya?), keinginan kita yang begitu besar itu malah membuat kita jadi salah tingkah, gugup, grogi, berkeringat sampai sebesar biji jagung, kalau berhadapan dengan Target Operasi. Hal itu dikarenakan kita takut kehilangan dia gara-gara kita salah gaya, atau tampil tak sempurna dihadapannya. Yang imbasnya sang pujaan akan ilfeel dan menganggap kita orang aneh. Bahkan lebih aneh dari SpongeBob dan Patrick.

4. Pada fase selanjutnya, Perasaan ini membuat kita rendah diri. Merasa kurang ganteng, kurang tinggi, kurang mancung, kurang atletis, kurang seksi, kurang tajir, dan kurang segala-galanya. Kita ibarat orang paling hina yang ada di dunia ini. Dan hal tersebut akan diperparah kalau ada saingan mendapatkan sang pujaan hati (berasa Kan-Gen Band deh). Dimana saingan kita itu berwajah mirip Tora Sudiro, sekaya Aburizal Bakrie, dan semodis kang Anjasmara (contohnya orang tua semua tuh).

5. Setelah kita terpuruk oleh perasaan minder yang kita buat sendiri maka terjadilah sebuah hal yang sangat ironis. Kita jadi hanya sanggup untuk memandang sang wanita itu dari kejauhan (Apalagi kalau kita belum pernah mengenal atau ngobrol dengan sang target). Bagaimana lagi, papasan di jalan saja kita langsung cari cara untuk menghilang bak Shinobi di desa Konoha. Bercakap-cakap pun hanya menjadi sebuah impian kosong.

6. Alhasil jadilah kita orang yang gampang gugup, atau malah jaim setengah mampus di depannya. Fokus kacau, pikiran blank, ngomong tak berani karena takut salah dan bikin dia marah.

Dari beberapa gejala tersebut sudah dipastikan bahwa kita ibarat “Kalah sebelum bertanding”. Namun tidak perlu khawatir, karena sesungguhnya hal ini bisa ditanggulangi. Dan bahkan wajib untuk ditanggulangi. Mengingat hidup hanya sementara dan sekali pula. Jadi harus dimanfaatkan betul-betu dan tidak dihabiskan hanya dalam keterpurukan menanti sebuah jawaban (lagu jaduuuul lagi). Saat kita merasakan gejala-gejala Sindrom ini maka ada baiknya kita segera mengambil langkah-langkah yang dianggap perlu. Tujuannya agar prouktifitas kita tidak terganggu. Adapaun beberapa caranya adalah sebagai berikut :

1. Hilangkan Sugesti bahwa dia adalah wanita yang paling istimewa, Seseorang yang memang tercipta dari tulang rusuk kita, bidadari bermata jeli yang disiapkan untuk menemani kita di surga, atau apalah. Sekali lagi, anggap bahwa dia hanyalah satu pilihan dari berbagai macam wanita di dunia ini. Dia sama dengan wanita lain, butuh makan, kalo jalan nginjek tanah, dan tentunya tidak bolong punggungnya ha ha ha ha ha ha.

2. Pengidap sindrom ini biasanya akan menganggap wanita pujaannya adalah wanita paling anggun, soleha, manis, keibuan, sempurna, cantik, baik, dll. Hal itu bisa dieliminir dengan cara bergaulah dengan banyak karakter manusia di lingkungan anda. Baik itu saat di rumah, sekolah, kampus, kerja, oraganisasi, atau kumpulan-kumpulan. Bukalah mata dan hati anda sehingga anda akan menyadari bahwa ada langit di atas langit. Ada yang lebih cantik, pintar, soleha, dari yang kita tahu selama ini.

3. Jangan biarkan anda rendah diri. Apalagi saat berhadapan dengan dia. Setiap manusia pasti banyak kekurangan. Maka jangan biarkan kekeurangan yang kita punya jadi kiamat bagi diri kita. Toh sang sasaran juga punya kekurangan. Apalagi wanita terkenal lebih parno dengan kekurangannya. Sebagai contoh satu jerawat muncul di wajahnya, maka kita akan melihat dia begitu panik.

4. Dan yang terakhir, kalo anda bisa memikirkan seribu kelebihannya, makalah coba merangkum seribu kekurangannya. Bukan bermaksud untuk mencari-cari keburukan namun agar kita dijauhkan dari sikap pengkultusan.

5. Berpikirlah jauh kedepan. Seperti kata seorang teman saya, bahwa hidup bukanlah untuk kesenangan sesaat. Maka ketika anda menginginkan seorang pendamping maka tujuannya bukanlah untuk sekedar memadu kasih tiap malam minggu; sms-an dan telpon-telponan dengan kata-kata “cin”. “yang”, “beibz” tiap hari; di fesbuk tercantum “In relationship with ….”. Tapi mencari pasangan adalah bagaimana berinvestasi untuk masa depan yang jauh melampaui jaman kita. Kita berfikir tentang membina bangunan keluarga. Berfikir bagaimana anak cucu kita kelak. Karena cinta yang akan kita jalani bersama pasangan kita adalah penentu bagi generasi yang akan datang.

6. Kembalilah untuk berfikir cita-cita terbesar yang sampai saat ini belum tercapai. Kalau misalnya anda pernah punya harapan pergi ke Paris, Swiss, atau Seoul, maka jangan ragu. Segera rencanakan cara agar bisa terlaksana. Jangan khawatir misalkan anda berasal dari keluarga tidak mampu. Toh kebanyakan orang gedhe sekarang juga berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Intinya banyak jalan menuju Mekah.

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan biarkan satu hal membunuh anda secara keseluruhan. Mengutip dari lagu band favorit saya, Queen… “Too Much Love Will Kill You”. So “The Show Must Go On” and “Don’t Stop Me Now” because “We Are The Champions”. Ho ho ho ho ho

BUMI CINTA karya Habiburrahman Elshirazy

Maret 3, 2010 71 komentar

Sinopsis Umum

Apa jadinya, jika seorang santri salaf bernama Muhammad Ayyas, hidup d negeri paling menjunjung tinggi SEX bebas dan pornografi, yaitu Rusia ???
Akankah iman dan kehormatannya dipertaruhkan demi memenuhi hasrat duniawi nonik-nonik Moscow, yang kecantikannya tiada tara ?

Setelah berselancar dila dan mampir ke sarang Mbah Google kebetulan saya mendapatkan resensi cerita yang cukup lengkap. Resensi ini dibuat oleh IMAN SULAIMAN di Blognya http://imanmenulis.blogspot.com :

Dan novel yang ditunggu-tunggu para penggemar karya Habiburrahman El Shirazy atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kang Abik ini pun terbit juga. Novel yang bertajuk Bumi Cinta ini masih merupakan novel dengan kisah romansa relijius yang tetap mengusung predikat sebagai novel pembangun jiwa, sebagaimana novel-novel Kang Abik sebelumnya yaitu Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih (KCB). Bahkan baik Ayat-Ayat Cinta dan KCB keduanya telah dilayarlebarkan. Namun tidak seperti novel sebelumnya yang bersetting di Mesir, kali ini Kang Abik mencoba mengeksplorasi keindahan bumi Rusia, khususnya kota Moskow.CERITADan tersebutkah seorang pemuda Indonesia bernama Muhammad Ayyas, seorang mahasiswa pasca sarjana di Delhi, India yang juga seorang santri. Muhammad Ayyas yang sebelumnya kuliah di Madinah ini berniat ingin mengerjakan tugas penelitian dari Dosen pembimbingnya yaitu mengenai Kehidupan Umat Islam di Rusia pada masa pemerintahan Stallin.Tibalah ia di Rusia dengan disambut oleh teman lamanya David. David inilah yang mencarikan apartemen tempat tinggal untuk Ayyas. Dengan alasan keterbatasan budget yang dimiliki Ayyas dan lokasi apartemen yang strategis ternyata David hanya bisa mendapatkan sebuah apartemen yang berbagi dengan orang lain. Parahnya teman seapartemennya itu adalah dua orang wanita Rusia yang jelita. Serangkaian masalah bagi Ayyas pun bermula dari sini.

Yelena seorang pelacur kelas atas dan Linor seorang pemain biola yang akhirnya diketahui sebagai agen rahasia Mossad adalah 2 wanita yang menjadi teman seapartemen Ayyas. Apartemen yang memiliki 3 kamar ini mengharuskan Ayyas harus selalu berinteraksi dengan keduanya di ruang tamu, dapur, dan ruang keluarga. Sungguh ini merupakan godaan keimanan yang dahsyat bagi Ayyas yang mencoba menjaga kesucian dirinya sebagai muslim.

Godaan bagi Ayyas tidak hanya sampai di situ, dosen pembimbing yang dirujuk oleh dosennya di Delhi tidak bisa melakukan bimbingan ke Ayyas karena sesuatu hal, dia menyerahkan tugas bimbingan ini kepada asistennya. Dan ternyata sang asisten adalah seorang gadis muda jelita bernama Anastasia, seorang penganut kristen ortodoks yang sangat taat.

Interaksi yang intens sang asisten dengan Ayyas menimbulkan rasa simpati yang lebih di hati Anastasia kepada Ayyas. Ketertarikan itu pun kian hari kian menguat. Di lain pihak Yelena tengah dilanda konflik dengan sang mucikari dan Linor sang agen Mossad tengah menyiapkan rencana jahat kepada Ayyas, yaitu menyiapkan rekayasa fitnah sebuah pengeboman yang diarahkan agar Ayyas sebagai pelakunya.

Tiga wanita inilah yang mendominasi jalannya kisah dalam Bumi Cinta. Tidak ada konflik yang sedemikian hebat dalam kisah ini sebagaimana kita temui pada sosok Fahri yang sempat masuk penjara di Mesir, atau tokoh Furqon yang sempat terkena virus HIV. Di sini tokoh Ayyas hanya “nyaris” dipenjara karena difitnah melakukan pengeboman di Hotel Metropole oleh Linor.

Kisah ini juga dilengkapi dengan peristiwa pembantaian Zionis terhadap muslim Palestina di Sabra dan Sathila. Nuansa romansa memang terasa sangat kental di sini. Tiap halaman akan kita jumpai gejolak perasaan Ayyas atas wanita-wanita jelita yang dijumpainya.

KEKURANGAN

Lagi-lagi Kang Abik menampilkan tokoh yang terlalu sempurna di sini. Muhammad Ayyas memang dikisahkan tidak tampan dan juga tidak jelek, namun ia sangatlah cerdas, saleh, tawadhu, memiliki kepekaan sosial yang luar biasa, sangat romantis dan sifat-sifat baik lainnya. Bahkan berkali-kali Ayyas digambarkan menangis akan hal-hal yang ia anggap merupakan dosa atau mendekati dosa.

Banyak terdapat dialog-dialog yang sangat panjang yang jika kita bayangkan dalam dunia nyata ini akan sangat tidak realistis. Kang Abik dalam hal ini kurang halus dalam menyusupkan nilai-nilai dakwah. Tidak seperti dalam Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, dialog-dialog bermuatan dakwah dalam novel ini ada kesan menggurui dan terlalu berpanjang-panjang.

Plot cerita terasa sangat datar. Ketika peristiwa pengeboman terjadi saya berharap ini menjadi klimaks cerita tentang kedzaliman yang harus dihadapi Ayyas, namun sayang ini sekali ini tidak kita jumpai. Tokoh Ayyas di sini tidak menghadapi konflik yang berarti alias bahagia-bahagia saja sepanjang cerita.

Mengapa yang terpikat kepada Ayyas seluruhnya merupakan wanita-wanita cantik? walau pun dengan ragam latar belakang yang berbeda tetap ini merupakan gangguan buat saya pribadi ketika membacanya.

KELEBIHAN

Sebagaimana novel sebelumnya, Bumi Cinta sarat degan muatan dakwah. Kisah romansa berbalut nilai dakwah ini disajikan dengan apik dan asyik untuk dinikmati. kang Abik juga menyelipkan kisah Sabra dan Sathila yang merupakan kisah pembantaian Zionis atas muslim Palestina.

Kang Abik menggambarkan kota Moskow dengan amat sangat detail, dari lokasi-lokasi strategis, gedung-gedung bersejarah, makanan khas Rusia, metro yang merupakan kebanggaan masyarakat Moskow, gaya hidup masyarakat di sana serta hal lainnya. Semua digambarkan dengan sangat jelas dan detail. Kutipan-kutipan bahasa Rusia juga benar-benar mampu menghanyutkan pembaca seakan benar-benar berada di negeri Rusia.

Akhir kisah yang menggantung, yaitu ketika Linor ditembak oleh agen Mossad setelah ia berhijrah ke Islam. Hingga halaman terakhir tidak diketahui apakah Linor ini akan mati atau selamat. Terus terang ini sangat membuat penasaran.

KESIMPULANBumi Cinta sebagaimana novel Kang Abik sebelumnya memang menawarkan sebuah kisah romansa yang sangat indah dengan tetap dibalut nilai-nilai Islami. Novel ini mampu membangunkan jiwa-jiwa terlelap akan kelalaian mensyukuri nikmat Tuhan. Sangat layak dibaca dan dikoleksi 🙂Sumber :http://imanmenulis.blogspot.com/2010/03/review-novel-bumi-cinta-karya.html

Penulis :

IMAN SULAIMAN

Kategori:religi, roman Tag:,

Antara Manohara dan Isabella

Juni 23, 2009 6 komentar

manoharaKasus Manohara Odelia dengan Pangeran Kelantan akhir-akhir ini memang benar-benar menyita perhatian publik. Kisah itu bak sebuah sinetron di dunia nyata yang membius masyarakat. Mulai dari drama tentang pemerkosaannya sebelum dipaksa menikah, KDRT yang dialaminya saat sudah menikah dengan Fachri, hingga usahanya untuk kabur dari sangkar emas kerajaan.

Kisah tragis Manohara yang berliku ini rupanya memancing juga pelaku bisnis sinetron di Indonesia. Mereka bahkan mengeluarkan dana milyaran rupiah hanya untuk membeli cerita Manohara ini. Bahkan di salah satu ersi ceritanya, Manohara juga ikut menjadi artis disana.

Hmm….. Aneh khan? Tapi itu nyata, hanya ada di negeri kita, Indonesia. BTW salah satu sinetron yang mengambil kisah Manohara ini berjudul Isabella. Diperankan oleh Kirana Larasati dan Gary Ishak. Dan soundtracknya pun juga memakai lagu Isabella karya Amy dari group band Search.

nia_zulkarnaen_04Ngomong-ngomong soal lagu Isabella ini, saya jadi teringat saat masih kecil dulu. Isabella aalah judul sebuah film yang sangat popular di waktu itu (1990). Ceritanya Isabella (Nia Zulkarnaen), gadis Indonesia yang tinggal di Malaysia, saling jatuh cinta dengan Amy (Amy Search), pemusik rock. Begitu melihat penampilan Amy, Isabella dilarang bergaul oleh orangtuanya (Robert Syarief, Ida Kusumah), yang terpengaruh oleh berita-berita kerusuhan akibat pertunjukan rock di Jakarta, Padahal diperlihatkan bahwa Amy juga rajin sembahyang. Mereka menganjurkan Isabella dengan Robby (Alan Nuari), yang tak disukai Bella. Tiba-tiba orangtua Bella dipindahkan ke Jakarta. Amy kelimpungan”. Hubungan telepon ke Jakarta dihalangi, dan soal ini juga sedikit menimbulkan ketegangan dengan kawan-kawan satu grup. Kedatangan ke Jakarta untuk memecahkan masalahnya dengan orangtua Bella tak berhasil. Soal baru selesai ketika Amy datang lagi untuk pertunjukan. Kebetulan Robby yang sebenarnya juga tak suka dijodoh-jodohkan dapat saran kawannya: mencoba memperkosa. Peristiwa yang ketahuan orangtua Bella, membuat mereka sadar bahwa perjodohan itu tak bisa diteruskan. Dari judul lagu Amy dan grupnya, earch, grup musik Malaysia, yang sangat populer pada masa itu.

Lirik Isabella :

Isabella (OST Isabella)


isabella adalah kisah cinta dua dunia

mengapa kita berjumpa namun akhirnya terpisah

siang jadi hilang ditelan kegelapan malam

alam yang terpisah melenyapkan sebuah kisah

terbayang lambaianmu salju terbakar kehangatan

dunia di penuhi warna berseri bunga cinta

kita yang terlena hingga musim berubah

mentari menyepi bernyalalah api cinta

reff:

dia isabella, lambang cinta yang lara

terpisah karena adat yang berbeda

cinta gugur bersama daun daun kekeringan

haluan hidupku terpisah dengan isabella

tapi aku terpaksa demi cintaku isabella

moga dibukakan pintu hatimu untukku

akan terbentang jalan andainya kau setia

oh isabella

repeat reff

Ada banyak versi lagunya, namun saya hanya bisa menemukan 3 versi saja silahkan coba :

Download lagu Isabella versi Amy Search (original version)

Download lagu Isabella versi versi amy search, jamal abdillah, saleem iklim & zamani (tahun 98). Ini adalah versi terbaik dari lagu ini

Download lagu Isabella versi ST12 (soundtrack Sinetron)

Puisi Cinta Dua Bidadari

April 24, 2009 1 komentar

Seorang Husna berkata,

“Menurutku,
cinta adalah kekuatan
yang mampu
mengubah duri jadi mawar,
mengubah cuka jadi anggur,
mengubah malang jadi untung,
mengubah sedih jadi riang,
mengubah setan jadi nabi,
mengubah iblis jadi malaikat,
mengubah sakit jadi sehat,
mengubah kikir jadi dermawan
mengubah kandang jadi taman
mengubah penjara jadi istana
mengubah amarah jadi ramah
mengubah musibah jadi muhibah
itulah cinta!”

Dan bagi Anna,

“Mmm… cinta! Menurutku,
Sekalipun cinta telah kuuraikan dan kujelaskan panjang
lebar.
Namun jika cinta kudatangi aku jadi malu pada
keteranganku sendiri.
Meskipun lidahku telah mampu menguraikan dengan
terang.
Namun tanpa lidah,
cinta ternyata lebih terang
Sementara pena begitu tergesa-gesa menuliskannya
Kata-kata pecah berkeping-keping begitu sampai
kepada cinta
Dalam menguraikan cinta, akal terbaring tak berdaya
Bagaikan keledai terbaring dalam lumpur
Cinta sendirilah yang menerangkan cinta
Dan percintaan!”

Dikutip dari : KCB volume 2

Kategori:roman
%d blogger menyukai ini: