Arsip

Posts Tagged ‘Celotehan’

Makanan Paling Diburu Sehabis Lebaran

September 13, 2010 2 komentar

Krupuk Salah Satu Makanan Pokok Di Indonesia 🙂

Apa makanan yang paling diburu sehabis lebaran? Opor ayam? Bukan… Ketupat sayur? Bukan… Soto Ayam? Bukan juga. Makanan yang paling diburu setelah lebaran adalah…. “KRUPUK”. Jreng-jreng…..

Yap… memang tampak remeh. Tapi berdasarkan pengamatan saya yang kebetulan punya toko keluarga ini, krupuk merupakan makanan paing diburu selama satu minggu setelah lebaran.

Kerupuk bagaimanapun juga merupakan makanan pelengkap dari sekian banyak jenis makanan yang ada di bumi pertiwi ini. Mulai soto, rawon, lalapan, nasi goreng, sate ayam, masakan padang, semuanya akan tampak lebih nendang kalo ada krupuknya. Dan karena itu pula sepertinya krupuk telah mendapat tempat tersendiri di hati hampir sebagian besar masyarakat Republik Indonesia.

Saat momen lebaran seperti ini, kebutuhan akan krupuk tiba-tiba meningkat. Namun masalahnya tiba-tiba stok barang telah menghilang. Hilangnya krupuk dari pasaran ini bukan karena ada pihak-pihak tertentu yang meniumbun untuk memainkan harga krupuk di pasaran. Bukan pula karena ditimbun oleh pihak-pihak yang ingin memperkeruh suasana jagad perpolitikan Indonesia. Krupuk menghilang dari peredaran selama libur lebaran karena pengusaha krupuk sedang pada mudik.

Patut disayangkan pula memang. Libur lebaran tukang krupuk terlalu lama. Padahal kalau mereka bisa sedikit mengorbankan waktu mereka, momen seperti bisa mereka dapatkan untuk mengeruk rupiah lebih banyak. Apakah ini buruk…??? Saya dengan tegas akan bilang tidak. Karena kalo menurut analisis saya…. desiuuuung… (niru gaya sentilun), Tukang Krupuk selalu mati-maian mengeruk rupiah saat bulan puasa. Dan tak jarang mereka mengorbankan puasa mereka demi kejar setoran untuk belanja lebaran. Kemudian saat lebaran mereka menghambur-hamburkan uang untuk beli baju, rekreasi, dll. Setelah itu uang akan menipis pada H+7 lebaran. Karena uang menipis maka mereka kudu kejar setoran lagi demi menutupi kekurangan disana-sini.

Namun apa mau dikata. Setelah H+7 kebanyakan orang, kantongnya sudah menipis lagi. Pak penjual krupuk pun tak bisa menjual krupuknya dengan target berlebih. Alhasil pendapatan pun tak seperti yang diinginkan.

Ayolah Bapak-bapak penjual krupuk….!!! Anda harus sadar bahwa krupuk telah menjadi makanan pokok di Indonesia ini. Dobraklah arus tradisionil yang justru merugikan kalian. Krupuk harus bisa didistribusikan dengan baik kapanpun dan dimanapun… krupuk harus jadi komoditi kebanggaan negeri ini… Krupuk harus Go Internasional…!!!!

We Want Krupuk…. We Want Krupuk…

JOMBLO Chapter 1 : Berdamai Dengan Kesendirian

September 12, 2010 2 komentar

Definisi Jomblo

Kebanyakan orang menganggap bahwa Jomblo adalah kondisi yang menunjukkan bahwa seseorang itu tanpa kekasih. Di sisi lain ada yang mengartikan Jomblo dengan kalimat yang lebih ‘gagah’, bahwa Jomblo adalah orang yang bebas dan tanpa ikatan. Yang jelas bagaimanapun bentuk kalimatnya, Jomblo pada intinya merujuk pada kesendirian.

Jomblo adalah sebuah kata yang paling dihindari oleh sebagian besar masyarakat modern. Bagi mereka Jomblo merupakan penyakit yang mungkin lebih hina daripada (maaf) kusta. Gara-gara Jomblo orang bisa nekat mengakhiri hidup, gara-gara Jomblo orang bisa hilang akal dan kewarasan, dan gara-gara Jomblo orang bisa mendapat fitnah terkeji. Sungguh menyakitkan…. Apalagi bagi kita yang menyandang status ini sekarang. Seolah-olah kita merasa telah lahir pada zaman yang salah. Zaman yang tidak mengizinkan kita untuk menjadi diri sendiri. Zaman yang tidak mentolelir kekurangan yang diakibatkan karena persepsi mayoritas mendepak kita lingkungan mereka.

Namun…. Show Must Go On! Jomblo memang bisa menjadi musibah yang menyakitkan, tapi dengan sedikit kemauan status ini justru mendekatkan para penyandangnya pada tingkat yang lebih tinggi. Yah…. Ibarat Dare Devil atau Si Buta Dari Goa Hantu yang memanfaatkan kebutannya untuk menjadi kuat, maka Jomblo pun bisa merubah kondisinya menjadi sesuatu yang luar biasa.

JOMBLO MUSIBAH ATAU BERKAH?

Jomblo ini musibah atau berkah? Inilah pertanyaan yang sering dilontarkan para Jombloers. Dan jawabannya kembali pada bagaimana kita menyikapi ke-jombloa-an ini. Kalo misalnya… misalnya loh ini, udah jomblo karena muka berantakan, duwit ga seberapa, minim bakat dan prestasi, serta kerjanya mengeluh dan meratap sampai termehek-mehek maka dengan mantap kita masukkan Jomblo model begini sebagai musibah. Kelas berat malah….

Agar tidak terjerumus dalam kesengsaraan akibat Jomblo, kita perlu berdamai dengan kondisi ini. Dengan kata lain kita sedang “BERDAMAI DENGAN KESENDIRIAN”. Kesendirian tidak selamanya buruk. Dalam situasi ini kita bisa mencoba untuk menenangkan jiwa yang bergejolak. Dalam kesendirian pula kita bisa mengenal kembali siapa diri kita dan apa sebenarnya tujuan hidup kita yang hakiki.

Dalam kesendirian, otak dipaksa untuk berfikir lebih keras. Berfikir bagaimana kita menjadikan diri kita jauh lebih berarti untuk orang-orang yang kita kenal.

Dalam kesendirian pula, hati kita asah agar lebih tajam. Tajam dalam menangkap kalau masih banyak orang-orang disekitar kita yang kita acuhkan, padahal mereka sangat membutuhkan perhatian dari kita.

Dalam sebuah artikel Jomblo juga disamakan dengan gencatan senjata dimana kita mengatur siasat, meramalkan peluang, dan mengoptimalkan potensi yang kita miliki. Tujuannya bukan untuk menaklukkan gadis/pria idaman. Tapi tujuan kita bagaimana dengan kesendirian itu kita menemukan bentuk dan karakter terbaik kita. Sehingga kita datang pada sang dambaan hati bukan sebagai “pengemis cinta”. Tapi sebagai “penakluk”, sebagaimana Raja Sulaiman menaklukkan Ratu Bilqist.

(Bersambung Kapan-Kapan)

SMS Gratis Via Internet

September 9, 2010 3 komentar

Ber-sms saat lebaran

Sempat pusing karena operator yang saya pake tidak lagi menyediakan fasilitas bonus 100 sms selama libur lebaran. Apalagi sebabnya kalo tidak mau rugi, dan ogah repot gara-gara trafik data text-nya jadi super duper padat. Terkesan kurang bertanggung jawab kan?

Daripada pusing akhirnya saya coba-coba cari aplikasi pengiriman sms di internet. Dan ternyata…. hey manjur. Walaupun kadang nyampe’ kadang juga nggak. Jadi jangan terlalu protes kalo misalnya sms gratisnya gak nyampe. Gratis gitu loch…..

Nih link-nya bagi anda yang pengen coba monggo :

http://fakesms.in/free-sms-indonesia.php

ato bisa juga di sini :

http://www.freesms4us.com/

Puasa, Bulan Penuh Kejahatan…???

September 7, 2010 2 komentar

Gambar diambil dari acehforum.or.id

Sudah sering kita dengar para khotib yang mengatakan kalau semakin mendekati lebaran, maka shof solat berjamaah akan mengalami kemajuan yang signifikan. Dalam arti barisannya makin maju karena jamaahnya banyak yang menghilang entah kemana. Lucunya guyonan ini justru muncul di Indonesia yang ‘katanya’ sebagian besar penduduknya adalah beragama Muslim. Dan tentu saja guyonan ini tidak serta merta muncul begitu saja. Namun muncul karena pada kenyataannya itulah yang memang terjadi di negeri ini.

Hal ini cukup berbeda 180⁰ dengan kondisi di negeri barat seperti Australia, Amerika, dan inggris yang jamaah sholatnya ‘stabil’ dari awal puasa hingga Lebaran tiba. Itu masih ditambah dengan aktivitas keseharian mereka saat bulan Puasa yang luar biasa padatnya. Bayangkan, penganut Muslim di negara-negara barat, tetap harus bekerja seperti hari-hari biasanya. Hal ini dikarenakan sistem mereka yang tidak mengenal dispensasi untuk berpuasa bagi umat Muslim, sebagaimana yang terjadi di Indonesia. Tidak cukup hanya disitu, mereka juga menyibukkan diri dengan mengikuti kajian/seminar di Islamic Center terdekat. Jangankan amalan Wajib, amalan Sunnah pun mendapat porsi yang begitu diperhatikan.

Tak jarang umat Muslim di negeri barat menyempatkan diri menjadi sukarelawan untuk mensyiarkan Islam, ketika bulan Romadhon. Hal ini menarik, karena mereka dituntut untuk berinteraksi dengan masyarakat yang tidak semuanya bisa menerima Islam. Untuk itulah mereka dituntut untuk mengenal dan mempelajari secara mendalam tentang risalah Muhammad SAW ini. Dengan pengetahuan yang mendalam, diharapkan mereka mampu memberikan gambaran Islam secara untuh dan objektif. Sehingga dengan sendirinya itu akan menjadi dakwah yang efektif.

Logika ‘kuwalik’ (terbalik), malah terjadi di negeri kita tercinta ini. Korupsi, terorisme, anarkisme, liberalisme, kapitalisme, yang tidak hanya dilakukan hampir disemua kalangan. Contohnya gak perlu jauh-jauh seperti di tipi-tipi kelir (TV berwarna). Kita coba ambil contoh khasusnya di sekitar kita saja.

Soal korupsi misalnya. Sudah bukan rahasia umum, sebagian besar mahasiswa selalu minta kiriman ‘lebih’ dari orang tuanya. Alasannya buat kuliah, tapi jatuh-jatuhnya juga kebanyakan buat memenuhi gaya hidup. Ini juga sering terjadi di level rumah tangga, dimana istri minta uang belanja lebih. Tentu kelebihan itu dipakai untuk adu prestis dengan ibu-ibu tetangga, yang bisa jadi perhiasannya lebih mentereng. Biasanya kebutuhan akan gaya hidup di Bulan Puasa (apalagi mendekai Lebaran) akan jauh meningkat dari bulan-bulan lainnya. Jadi bisa disimpulkan nilai korupsi di bulan ini malah lebih gedhe.

Untuk urusan Terorisme, tak perlu menunggu Nurdin M.Top beraksi. Di jalan-jalan perkampungan, kita juga sudah sering Jantungan gara-gara “Bom Low Explosive” yang disebut petasan atau mercon. Herannya kalo pemain petasan ini ditegur (kebanyakan anak kecil), eh bapaknya malah balik memarahi kita sambil bawa parang.

Gambar diambil dari : sosbud.kompasiana.com

Lalu apakah anda ingat peristi 11 September 2001 saat beberapa teroris menabrakkan pesawat ke gedung WTC? Hal yang sama juga bisa terjadi di jalan raya negara kita. Apalagi kalau jamnya mendekati waktu berbuka. Namun bedanya, yang digunakan para terosri kali ini adalah motor atau mobil. Baik Motor maupun Mobil seketika itu juga jadi mesin pembunuh yang siap membuat jiwa orang melayang, dikarenakan kebut-kebutan. Alasan ngebut pun ‘gak penting’. Supaya pas adzan sudah ada di rumah untuk berbuka puasa. Tapi karena alasan gak penting itu juga banyak orang yang bisa menjadi korban kebiadaban teroris yang mengatasnamakan agama model begini.

Belum lagi kalo pas adu cepat sampai di rumah itu, diwarnai srempetan antar pengendara. Kemaren saja (26 jam sebelum tulisan ini dibuat), 2 orang pengendara berantem hebat bahkan sampai mau bunuh-bunuhan di perempatan Ciliwung (kota Malang). Dan lucunya perkelahian konyol itu terjadi pas bulan puasa. Apa mereka puasa? Muslim…? Tau dah…. Bagi mereka bodo amat soal ajaran agama untuk saling menahan diri. Yang penting anarkis dan anarkis (Gak perlu ikut ormas kan untuk bisa berbuat anarkis?).

Dan puncaknya, pada akhir bulan puasa dihadapan kita akan disuguhi praktik konsumtif yang luar biasa dahsyatnya. Umat muslim berbondong-bondong pergi ke “Kuil Penebar Impian” bernama Mall. Mereka sibuk dengan “ritual” membeli baju, celana, aksesoris, dan perlengkapan lebaran yang bermerk serta trendi. Data sementara menunjukkan, mal-mal di kota besar (Jakarta, Surabaya, Jogja, Medan, dll) mengalami peningkatan pengunjung terutama pada malam hari.

Mal semakin ramai hingga tengah malam karena ada diskon midnight hingga 70% yang ditawarkan oleh konter-konter pakaian. Akibatnya masjid yang seharusnya dipergunakan untuk itikaf dan tadarus secara intensif menjelang 10 hari terakhir tampak sepi, sedangkan mal tampak padat merayap.

Ada sebuah proses INCEPTION pada iklan-iklan komersial yang berhasil merubah cara pandang masyarakat pada alam bawah sadarnya. Fungsi pakaian sebagai penutup aurot beralih menjadi “benda magis” sebagai simbol kekayaan, kesuksesan, borjuis, dan kemapanan.

Perlahan-lahan pertanyaan demi pertanyaan mulai menjangkiti pikiran sebagian orang. Inikah ajaran agama yang katanya begitu luhur? Inikah ajaran agama yang mengajarkan orang-orangnya untuk punya rasa empati dan kepedulian sosial? Inikah agama yang mengajarkan pemeluknya untuk bisa mengendalikan diri? Ataukah memang kita sendiri sebagai umat Muslim yang benar-benar tak (mau) mengenal agamanya sendiri.

Diakui atau tidak tujuan utama Ramadhan yang kalo kata Gusti ALLAH agar manusia bertakwa, rupanya belum bisa kita wujudkan. Sumber Daya Manusia kita yang masih silau dengan “pencitraan” semu inilah yang bikin tujuan berpuasa ini jadi kemana-mana. Ritual sebulan penuh untuk mengkoreksi dan memperbaiki diri agar 11 bulan berikutnya bisa jadi manusia lebih baik, ternyata disalah gunakan. Bulan Ramadhan kita ubah menjadi bulan ‘perayaan’ dan ‘penimbunan’ nafsu secara menggila. Momen-momen seperti ini juga yang dimanfaatkan oleh para setan kapitalis untuk mengeruk keuntungan dari manusia yang jadi korban “pencitraan”.

Sepertinya sudah saatnya kita mulai merubah cara pandang berfikir tentang pelaksanaan ajaran agama. Orang barat yang notabene banyak mualafnya ternyata jauh lebih mampu menjadi pribadi mukmin yang utuh, daripada kita yang bermodalkan warisan dari orang tua. Kegigihan orang-orang di barat yang haus akan ilmu dan pengetahuan tentang agama yang mereka anut, telah menjadikan mereka lagi-lagi lebih mengungguli kita. Bagi mereka agama tidak hanya sekedar ritual di masjid. Tapi telah menjadi pedoman pelaksanaan teknis dalam kehidupan sehari-hari. Knowing Is Not Enough, We Must Apply ! Willing is not enough, We Must Do!!!!

Yah…. Mungkin memang benar, di akhir zaman matahari akan terbit dari barat. Bukan dari timur…..

TIPS KARAOKE INSTAN PASTI TOKCER

Juli 3, 2010 3 komentar

Setelah menghabiskan malam berkaroke dengan dearest friends. Asli prihatin banget dengan kualiti penyanyi2 karbitan jebolan Inulvista dan NAV ini. Menyanyi itu ibarat maen catur. Perlu taktik dan persiapan yang matang. Klo hanya mikir buat ngelepas stress aja..Well…gpp sih…Tapi pada ga mau kan klo dicap “Pekak Nada” oleh temen2. Padahal Pitch Control dan penguasaan lagu itu adalah suatu proses panjang, berulang dan menyita waktu. Akhirnya dengan sangat terpaksa gw harus menurunkan ilmu menyanyi gw.. ilmu yang walau sedikit tapi sampe detik ini sudah banyak menyelamatkan muka orang2. En here they goes :

1. Perbanyak makan gorengan dan es batu sebelum konser. Dengan begini suara anda yang pas-pasan akan tertutupi dengan suatu suara yang seksi dan mendesah. Ketika loop2 nada tinggi tak mampu anda capai, lakukan deheman agak keras..pada titik ini orang-orang akan paham bahwa anda lagi terserang radang tenggorokan.

2. Kesulitan penyanyi-penyanyi amatuer yang sering dijummpai adalah “How to start the song ?”
Nie maen di kunci apa sih ?
Suara rendah, tinggi, apa kepala ??
Tenang-tenang..Gampang sekali untuk mengatasi hal tersebut. Yang anda lakukan pertama adalah, pada saat intro lagu. Tutuplah satu telinga dengan tangan yang bersesuaian. *HATI-HATI dengan pemilihan tangan ! Menutup kuping kanan dengan tangan kiri adalah a BIG NO NO !!..Anda malah semakin terlihat amateur-red* Pejamkan mata dan posisi kepala agak menunduk. Pastikan muka tidak dalam posisi mengernyit.
Secara perlahan ayunkan kepala kearah atas, sambil mengikuti musik yang masih mengalun.Berhenti Pada kondisi mike yang sudah rata-rata air dengan tepi atas Monitor teks. *anda boleh mengintip sedikit-red*. Jika anda masih juga belum menemukan lokasi masuk tersebut, ayunkan kepala anda dengan saaaangat perlahan ke kiri dan ke kanan *sebagian orang menganggap ini sama dengan menggelengkan kepala..NO!..itu adalah contoh klasik yang salah. Sekali lagi, Mengayun, bukan menggeleng..-red*.
Jika anda sudah mengikuti semua anjuran diatas dengan semestinya, seharusnya posisi lagu sudah ditengah, dan orang-orang sekitar sudah dipastikan ikut menyanyi. Jadi anda tidak akan kesulitan lagi untuk meneruskan lagu tersebut bukaaan…

3. Bagi anda yang kesulitan mencapai nada tinggi.. Well..jangan khawatir. Even penyanyi kaliber dunia sekalipun mempunyai keterbatasan itu juga. Tapi mengapa mereka terlihat lihai menyambut 2 oktaf maupun Mariah Carey yang katanya bisa ampe 7 oktaf ??? Sebenernya simple aja..Mereka menggunakan jari2 mereka dalam menyanyi. This is Called “Dancing Finger Distraction”. .Ingat, jangan gunakan semua jari, karena anda malah akan terlihat seperti penari kecak. Bukan itu target anda.-red* Paling jamak digunakan adalah jari telunjuk. Yang anda lakukan adalah melakukan posisi seperti menekan tuts ATM *atau seperti menekan2 jerawat bagi anda yang tidak memiliki ATM*. Semakin tinggi nada yang anda capai, penekanan dilakukan semakin cepat dan random. Maka ketika nada-nada tinggi itu banyak dan lamaaa..jari2 anda terlihat seperti menari2 diudara. Moral dari kegiatan ini adalah, diharapkan perhatian dari orang2 akan beralih kepada kegiatan tersebut. Ingat looh..ini dilakukan penyanyi kaliber dunia..

Catatan kaki :
Untuk point 3 : Trick ini sebenarnya sudah di BAN oleh IPSSA(International Pure Singing and Sportivity Assotiation, Asosiasi Internasional untuk sportivitas dan menyanyi galur murni). Dibeberapa panggung Opera seperti di Milan, Trinidad&Tobago, serta Rhodesia mengakalinya dengan menggunakan jari kaki. Akan tetapi hal ini tidak menjadi domain pembahasan dalam topik kita, karena dirasa sudah terlalu melebar. *Silakan cari sendiri infonya di internet-red*

FAQ

Tanya : Kak, saya susah mencapai nada tinggi. Temen saya menganjurkan untuk diimprove aja. Itu bagaimana kak ? Terima kasih atas jawabannya ya kak. Salam jauh dari Surabaya.

Jawab : Ada sebagian orang yang berusaha melakukan improvisasi lagu untuk menyiasati suara mereka. Itu adalah ajaran yang SALAH. Improve itu membutuhkan teknik skill yang tinggi. Banyak penyanyi2 karbitan yang terjerumus untuk improve dulu sebelum mempelajari nada dengan benar. Yang terjadi adalah mereka sukses membuat lagu “Against all Odds” berirama “Rayuan Pulau kepala”. Memang tidak dapat dipungkiri ketika improve berhasil dilakukan, kredibilitas penyanyi akan naik setengah dari grade asal. Tapi terlalu risky. Karena ketika gagal, akan turun 2 grade. Probabilitas keberhasilan pun 10:90. Well..semua berpulang ke temen2 semua. Karena kan bisa dibilang pada udah gede. Udah ngertilah mana yang dilarang mana yang dianjurkan.

Tanya : Sehubungan dengan perjalanan saudara dalam dunia musik, berkaitan dengan hal tersebut kami ingin mengkonfirmasikan hal dibawah ini :
Dari mana saudara mendapatkan pengetahuan musik ? Apakah saudara otodidak ? -Mohon Opininya-
Jawab : Pada dasarnya tidak ada sekolah musik resmi yang saya ikuti. Namun demikian, kakek dari buyut saya adalah pemain rebana terkenal sewaktu zaman penjajahan Belanda. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan beribu-ribu terima kasih.

Ask : Hi, this is Steve from Ukraine. I want to ask you about when is the perfect age to start music. -Kindly wait for your reply, TQ-
Answer : My suggestion is when you are still in your mama stomach.
*terjemahan : saat masih dalam kandungan -red*

sumber

Iseng-iseng : Prediksi Inggris vs Jerman

Juni 27, 2010 4 komentar

Inggris VS Jerman

Ini merupakan salah satu big match yang paling dinanti pecinta bola. Rivalitas keduanya telah memecahkan rekor di bursa William Hill hingga 30 Juta Pound.

Dilihat dari 4 pertemuan terakhir, keduanya selalu bermain imbang hingga menit ke 90. Namun setelahnya Jerman unggul dalam dua pertemuan dan sisanya seri. Sedangkan dilihat dari pertemuan secara keseluruhan Inggris boleh berbesar hati karena dari 27 pertemuan mereka menang 12 kali dan seri 5 kali. Jerman hanya 10 kali menang dari The Three Lions.

Sekarang kita mencoba melihat kondisi kedua tim saat turnamen ini berlangsung. Jerman tampil meyakinkan dengan bertengger di puncak klasmen grup D. Memang Jerman pernah ditaklukkan oleh serbia dengan skor 1-0. Namun perlu dilihat juga bahwa saat itu Jerman bermain dengan 10 orang pemain. Selebihnya Jerman membuktikan diri bahwa mereka memang tim yang kuat dengan menghancurkan Australia 4-0, dan mengalahkan Ghana 1-0 setelah sebelumnya sempat diragukan karena kekalahannya dari Serbia.

Inggris sendiri datang ke turnamen empat tahunan ini sebagai kandidat kuat Juara Dunia. Faktor kualifikasi yang meyakinkan, serta materi pemain yang bertabur bintang adalah penyebabnya. Tapi lagi-lagi kita harus tercengang. Tim besutan Capello ini tidak mampu menebas Amerika Serikat yang notabene bukan kekuatan utama sepak bola. Ditambah lagi penampilan Rooney cs masih belum nyeteli juga saat ditahan imbang 0-0 oleh Aljazair. Walaupun akhirnya lolos setelah menang tipis 1-0 atas Slovenia, penampilan Inggris masih belum menunjukkan kapasitasnya sebagai tim yang kuat. Jika Inggris tetap mempertahankan preforma mereka sejauh ini, maka mereka harus siap menyerah oleh Jerman.

Der Panser vs The Three Lions merupakan pertemuan antara 4-2-3-1 vs 4-4-2. Tugas utama Capello adalah bagaimana asuhannya mematikan Mesut Ozil. Mesut Ozil merupakan kunci kemenangan Jerman atas Ghana dan Australi. Dua tim itu membiarkan Ozil memiliki banyak ruang untuk bergerak. Bisa jadi tugas untuk menjaganya akan diserahkan pada Gareth Barry.

Taktik ini memang akan sedikit merugikan inggris. Karena saar Barry terus menutup pergerakan Ozil, Lampard harus bekerja ekstra keras dalam menghadapi Sami Khedira dan Bastian Scwheinsteiger. Alhasil porsi salah satu striker Inggris akan ikut dalam membantu pertahanan saat mereka kehilangan bola.

Salah satu striker yang punya potensi untuk melakukan itu adalah Wayne Rooney. Sepanjang karirnya di MU, Rooney mempunyai bakat dalam membantu pertahanan tim. Terlebih saat dia menjadi second striker saat Ruud Van Nisterloj menjadi target man utama, atau era Christiano Ronaldo menjadi goal getter di tahun 2008. Namun Capello juga tidak ingin Rooney terlalu mengurusi pertahanan. Karena hal ini memungkinkan Defoe sebagai target man menjadi miskin penetrasi di jantung pertahanan lawan. Sehingga alternatifnya Defoe dan Rooney akan secara bergantian dalam melakukan peran sebagai pembantu pertahanan.

Di pihak Jerman, Thommas Muller menjadi pemain paling vital di lini pertahanan. Kedisiplinannya dalam menjaga daerah (di sisi kanan) telah mengantarkan Bayer Munich pada level seperti saat ini. Dalam pertandingan ini Muller akan berusaha mematikan gerak Ashley Cole. Sejauh ini Cole merupakan pemain Three Lions yang punya penampilan terbaik. Dengan posisi Gerard yang dipaksa untuk bermain lebih ke kiri, mematikan peran Cole menjadi prioritas utama. Karena dengan demikian tidak ada gelandang kiri murni yang bisa mengkreator serangan dari sayap kiri. Kalaupun skema ini berjalan dengan baik, Inggris akan bermain sangat datar dan Jerman bisa mengambil keuntungan dari situasi ini.

Pressing secara masif yang dilakukan Jerman juga bisa menjadi kunci mematikan permainan Inggris. Sejauh ini distribusi bola Inggris dari center-back mereka bisa dibilang kacau dan memprihatinkan saat dalam tekanan lawan. Aliran bola yang tidak maksimal akan membuat barisan penyerangan Inggris kesulitan dalam membangun skema yang baik.

Catatan dari saya:

Kalau merujuk pada penampilan sejauh ini, Jerman lebih diunggulkan dalam memenangkan partai ini. Dengan kata lain diatas kertas, Jerman bisa menang dengan kemungkinan selisih satu goal.

Besutan Joachim Loew ini tampak lebih terkonsep dan rapi. Berbeda dengan inggris yang terkesan masih belum pede dengan skema dan materi tim mereka.

Terlebih lagi Capello dan timnya sejauh ini seolah menginginkan adu penalty. Hal ini menunjukkan kalau mereka akan mengambil lebih banyak inisiatif dalam pertahanan daripada menyerang. Padahal dari pengalaman sampai saat ini, Inggris sering terjungkal dalam adu pinalty.

Namun Inggris bukan berarti miskin harapan. Kalau saja Rooney cs bisa mengabaikan pendapat-pendapat miring dari kritikus, pers, dan fans maka akan lain hasilnya. Dengan materi pemain yang sangat bagus hampir di semua lini, mereka akan jauh bisa dominan bila bermain lepas.

Untuk sekedar memotivasi, mungkin Inggris perlu melirik calon lawan mereka bila mereka bisa mengatasi Jerman. Bila Inggris bisa menang atas Jerman, dan Argentina dapat meredam Meksiko, maka Inggris punya kesempatan untuk membalas dendam Goal tangan Tuhan Maradona, dan kartu merah Beckham karena sandiwara Diego Simeone. 🙂

JANGAN MAU KALAH, AYO BIKIN VIDEO HEBOH SENDIRI :)

Juni 10, 2010 2 komentar

Apa yang bisa anda lakukan dengan kamera HP, web cam, ato camera digital??? Jawaban terbanyak dan pertamax yang terlintas di pikiran pasti “foto-foto”. Entah itu foto gaya sok manis, sok imut, sok garang, sok manyun, ga masalah. Yang penting bisa diupload di FB dan di tag kesana-kemari.

Itu kalo kita bicara soal fungsi kamera untuk mengambil gambar tidak bergerak. Trus pertanyaannya kalau kamera itu difungsikan untuk mengambil gambar bergerak alias video bagaimana? Kalo ini bisa jadi agak susah jawabnya. Memang sih, fungsi kamera sebagai perekam gambar video masih jarang dimaksimalkan di Indonesia. Malahan beberapa orang menyalahkan gunakan untuk merekam adegan tidak senonoh. Adegan tidak senonoh ini meliputi adegan mesum, ngintip orang, atau merekam tindakan-tindakan anarkis.

Sangatlah disesalkan, ketika teknologi tidak digunakan sebagai mana mestinya. Kata guru saya di SMA dulu, teknologi diciptakan untuk membuat manusia semakin produktif. Produktif di sini tentunya bersifat positif. Bukan malah sebaliknya. Mungkin sudah saatnya kita belajar dari masyarakat Amerika, Jepang, atau Korea yang mampu memaksimalkan teknologi (termasuk kamera) justru untuk mengasah talenta.

Tentu nama Justin Bieber sudah tak asing lagi bagi peminat jagad hiburan. Namun tahukah anda, ketenaran Justin Bieber didapat karena seringnya dia mengupload videonya saat bernyanyi, di YOUTUBE. Bermula dari situ, salah sorang pencari bakat langsung melihat potensi bintang dalam dirinya. Dan hasilnya… Taraaaaa… Justin kini menjadi salah satu penyanyi paling tenar di dunia. Bahkan di twitter konon dia menguasai arus twit sampai 10%.

Kembali lagi soal fungsi kamera di negara kita. Kita perlu mengadaptasi budaya positif negara lain terkait dengan penggunaan kamera ini. Di beberapa akun Youtube milik orang Jepang dan Korea, kita bisa menyaksikan banyak sekali remaja-remaja yang mengabadikan bakatnya. Dance, Menyanyi, Memasak, bermain musik, akrobat, bahkan sampai bakat unik seperti mengambil jarum dengan kelopak mata :hammer:. Walaupun diupload hanya untuk sekedar senang-senang, tapi tak jarang juga bisa mendapatkan penghasilan dikarenakan bakatnya dilirik oleh media entertainment.

Ksimpulannya…. Daripada kita Bugil di depan kamera dan bikin video mesum, mending buat video yang bermutu. Anda yang ahli main gitar, rekam permainan gitar anda! Anda yang ahli ndalang, rekam juga! Anda yang bisa tari Jaipong atau Remo, rekam tarian anda!Atau anda yang bisa nulis dengan kedua tangan dan kaki bersamaan, jangan malu…rekam juga talenta unik anda. Biarkan dunia tahu. Kalau orang Indonesia tidak hanya bisa mempopulerkan PETERP**N saja. Tapi Indonesia juga bisa menunjukkanpada dunia bahwa masyarakatnya punya Bakat yang tak bisa dibayangkan oleh bangsa lain.

Ditulis untuk mensupport gerakan #remarkableIndonesia di twitter.

%d blogger menyukai ini: